Cara Mengatasi Iritasi Terkena Getah Buah Bacang / Mangga Macang

Healty99 - Bacang (Mangifera foetida Lour.) merujuk pada pohon bergetah yang masih satu kerabat dekat dengan mangga. Di beberapa bagian kawasan Indonesia kebanyakan orang menyebutnya juga dengan nam ambacang, embacang, atau mangga bacang hingga macang. 

Buah bacang dapat di ketahui dengan mudah karena ia memiliki ciri-ciri yang khas, yaitu berbentuk bundar dengan sedikit lonjong. Pada bagian kulit luarnya terdapat bintik hitam saat telah matang, selain itu bacang yang telah masak akan mengeluarkan aroma yang kuatnya seperti mangga kweni.

Mengkonsums buah satu ini memang sangat baik untuk kesehatan, karenanya ia mengandung banyak sekali sumber nutrisi dan serat. Selain itu buah bacang juga memiliki manfaat untuk tubuh, salah satunya ialah melancarkan pencernaan, meningkatkan daya  tahan tubuh, mengatasi sembelit, menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi.

Baca juga :

Cara Menghilangkan Gatal Akibat Getah Kolang Kaling

Getah Buah Bacang Bisa Buat Iritasi Kulit

Pelu kamu ketahui bahwa makan buah satu ini harus berhati-hati, karena ia memiliki getah yang banyak dan bisa membuat iritasi kulit kamu. Getah buah dan pohon bacang dapat bersifat korosi pada jaringan kulit yang sensitif, untuk itu jika hendak mengkonsumsinya harus mengupas kulit buah secara menyeluruh dan mencuci menggunakan air hingga bersih.

Umumnya getah dari pohon bacang jika terkena kulit tidak akan langsung terasa, akan tetapi efek akan mulai timbul dalam bebepa puluh menit kedepan. Beberapa gejala akan timbul jika getahnya jika mengenai kulit ialah :

  • Terasa gatal karena iritasi.
  • Kulit menjadi kemerahan dan perih.
  • Menyebabkan pembengkakan.
  • Menyebabkan luka lepuh dan menjadi koreng / bopeng.
  • Jika terkena pada area mulut maka bisa membuat bibir dan pipi membengkak.
  • Jika terkena mata menyebabkan perih dan kemerahan.
  • Menyebabkan kulit menghitam.
  • Jika tertelan dalam jumlah banyak bisa menyebabkan iritasi pencernaan dan sakit perut.

Nah itulah yang akan terjadi jika kamu terkena getahnya dalam waktu yang lama. Walau tidak mematikan namun bagi orang yang mempunyai kulit sensitif tentu akan sangat berpengaruh dan bisa meninggalkan bekas.

Tips Mengobati Jika Terkena Getah Bacang

Namun kamu tak perlu khawatir, luka pada kulit tentu akan berangsur-angsur pulih walau memakan waktu yang cukup lama. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan ialah dengan melakukan pencegahan agar tidak menjadi parah, untuk itu berikut beberapa cara untuk mencegah sekaligus mengobati dalam beberapa kondisi saat terkena getah buah bacang :

1. Jika terkena kulit

  • Cuci hingga bersih

Untuk pencegahan awal jika getah mengenai kulit tubuh kamu baiknya segera di cuci dengan air mengalir hingga benar-benar bersih. Akan lebih bagus apabila menggunakan sabun, karena jika hanya menggunakan air saja getah masih menempel walau tak terlihat.

Namun jika kulit sudah terasa gatal dan kemerahan cobalah untuk merendam dengan air hangat yang di beri sedikit garam dapur. 

  • Menggunakan obat salep

Kebanyakan orang biasanya tidak akan sadar saat terkena getah bacang, dan akan baru sadar saat terasa mulai perih. Sehingga hal ini akan menyebabkan koreng atau kulit menjadi mengelupas.

Jika sudah dalam kondisi begini kamu bisa memberikan obat atau salep untuk mempercepat pengeringan luka pada bagian tubuh yang terkena.

Biasanya luka akan sembuh dalam beberapa hari kedepan dengan syarat jangan terkena air. Namun setelah sembuh biasanya kulit akan berubah menjadi gelap, untuk memulihkan warna kulit menjadi rata akan memakan waktu.

2. Terkena di area mulut

Getah bacang yang terkena mulut biasanya akan menyebabkan pembengkakan, iritasi dan seperti luka lecet. Jika tidak di bersihkan maka akan bertambah parah dan bisa menyebar pada bagian bibir hingga pipi.

Untuk itu cara mengatasinya ialah dengan segera lakukan pembersihan dan kompres menggunakan handuk yang telah di beri air hangat.

3. Terkena di area mata

Jika terkena di area mata jangan banyak berkedip dan segera langsung cuci menggunakan air mengalir.

Lebih bagus lagi di rambang, yaitu membuka mata di dalam air. Harap di lakukan dengan air yang bersih dan steril.

Apabila terjadi iritasi dengan di tandai kemerahan, gatal serta perih harap segera bawa ke dokter spesialis mata atau umum untuk di beri tidakan lebih lanjut.

4. Jika tertelan

Umumnya getah bacang yang terlelan hanya saat mengkonsumsi buah saja, dan itu dalam konsentrasi yang tidak terlalu tinggi. Kamu hanya perlu perbanyak minum dan makan buah atau sayur saja sudah cukup.

Untuk itu sebelum mengkonsumsinya harap cuci buah hingga benar-benar bersih menggunakan air.

Tips Lainya Mencegah Terkena Getah Bacang

Beberapa tips ini dapat kamu gunakan agar tidak terkena efek dari getahnya yang bisa melukai kulit, berikut di antaranya :

  1. Mengupas kulit buah bacang secara bersih tanpa sisa.
  2. Mencuci dengan air mengalir.
  3. Jangan makan buah dengan cara mengerogoti secara langsung.
  4. Jangan mengupas menggunakan gigi atau tangan.
  5. Hindari memetik tanpa pelindung tubuh seperti baju lengan panjang atau sarung tangan.
  6. Hindari berada di bawah pohon yang baru di petik. Pohon bacang memiliki getah yang banyak, saat baru di petik getah masih mengalir untuk itu berhati-hati agar tidak terkena.
  7. Memberi minyak makan pada kulit yang terlanjur terkena.
  8. Hindari buah ini dari anak-anak.

Nah itulah beberapa tips mencegah sekaligus mengobati jika tekena getah bacang. Baca terus informasi lainya di healty99.com seputar buah-buahan dan tips.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i