Cara Mengolah Kembang Sepatu Untuk Merawat Rambut Kepala

Cara Mengolah Kembang Sepatu Untuk Merawat Rambut Kepala
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/kembang-sepatu-bunga-ungu-kelopak-5965145/
Healty99 - Kembang sepatu, siapa yang tak mengenalnya. Tanaman hias dengan nama latin Hibiscus rosa-sinensis L satu ini kerap kali ditanam sebagai hiasan perkarangan rumah, hal ini dikarenakan bentuk dari bunganya yang cantik saat mekar.

Diketahui ada banyak macam spesies tanaman kembang sepatu, dan dapat dibedakan berdasarkan warna bunga serta corak daunya. Namun dikesempatan kali ini kita tidak membahas tentang jenisnya, melainkan memanfaatkan khasiat yang ada didalamnya.

Tahukah kamu bahwa tanaman kembang sepatu bisa digunakan untuk merawat rambut kepala. Letak pemanfaatanya ada pada bagian kelopak bunga dan daunnya, dimana diolah dengan cara ditumbuk lalu digunakan sebagai keramasan.

Penggunaan tanaman satu ini sebagai keramasan telah dilakukan oleh orang pada jaman dahulu sebelum mengenal shampo dan conditioner, hal ini bertujuan untuk memperlebat sekaligus menyehatkan rambut secara alami.

Penasaran bagaimana caranya, berikut beberapa cara mengolah kembang sepatu untuk merawat rambut kepala dan khasiatnya :

1. Menyuburkan rambut

Khasiat yang pertama saat kamu menggunakan kembang sepatu untuk rambut ialah dapat menyuburkannya secara alami.

Caranya ialah ambil beberapa beberapa tangkai bunga dan daun yang cukup muda, lalu kemudian ditumbuk hingga halus. Beri sedikit air, aduk hingga rata dan gunakan sebagai keramasan, tutup dengan handuk beberapa menit kemudian bilas dengan air mengalir.

Jika kamu mau, bisa menambahkan gel lidah buaya supaya nutrisi pada tanaman bisa terserap secara cepat.

2. Menghitamkan secara alami

Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/kembang-sepatu-mekar-ungu-mallow-1619426/
Ternyata daun dan bunga kembang sepatu bisa juga dimanfaatkan untuk menghitamkan rambut kepala loh. Caranya menggunakanya sama seperti diatas yaitu dijadikan sebagai keramasan.

Namun perlu kamu ingat bahwa jika ingin mendapatkan khasiatnya tentu tidak dalam sekali penggunaan, setidaknya kamu harus melakukan kegiatan keramas menggunakan kembang sepatu secara teratur di tiap minggunya.

3. Memperkuat akar rambut kepala

Beberapa kandungan nutrisi pada bunga dan daun tanaman kebang sepatu diyakini mampu memperkuat akar rambut secara alami. Hal ini didasari akan kandungan beberapa senyawa yang ada didalamnya seperti flavonoid, tanin, saponin dan skopoletin yang dapat bersifat antioksidan bagi tubuh.

Sedangkan antioksidan sendiri diketahui dapat berguna dalam memperkuat jaringan akar dan rambut kepala.

4. Mencegah rambut kering dan bercabang

Kamu mempunyai masalah dengan rambut kering, bercabang dan mudah patah? Jika iya, jangan terlalu terburu-buru untuk menggunakan produk instan seperti shampo dan lainya.

Cobalah untuk menggunakan cara yang lebih alami, seperti halnya menggunakan daun dan bunga dari tanaman kembang sepatu. 

Caranya ialah tumbuk daun dan bunga hingga halus, tambahkan dua sendok madu, dan 2 sendok minyak kelapa lalu oleskan pada rambut kepala secara menyeluruh. Baiknya kegiatan ini dilakukan 2 atau 3 kali seminggu hingga benar-benar masalah berangsur membaik.  

5. Tampak berkilau sekaligus melembabkan

Pemanfaatan selanjutnya dari tanaman hias satu ini ialah bisa mengkilapkan dan melembabkan rambut kepala kamu loh.

Caranya ialah tumbuk daun dan bunga dari tanaman kemudian tambahkan dengan dua sendok minyak kelapa murni (VCO), setelah itu usapkan perlahan ke kepala kamu secara merata sebagai conditioner alami. 

Kemudian tunggu beberapa puluh menit baru bilas menggunakan air mengalir hingga bersih.

6. Sebagai shampo alami

cara mengolah tanaman kembang sepatu untuk merawat rambut
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/kembang-sepatu-bunga-ungu-kelopak-3541883/
Penggunaan kembang sepatu sebagai shampo bukanlah hal yang baru. Pada jaman dahulu banyak orang menggunakan tanaman hias satu ini sebagai salah satu cara dalam merawat rambut, yaitu dengan memanfaatkanya sebagai shampo saat akan mandi.

Caranya cukup tumbuk halus daun dan bunganya lalu gunakan layaknya sebagai shampo seperti biasa. Walaupun begitu kembang sepatu tidak mengeluarkan busa yang banyak dan membersihkanya juga harus benar-benar bersih agar daun tak tertingal di rambut kepala.

Nah itulah beberapa cara mengolah kembang sepatu untuk merawat rambut kepala, kamu bisa melakukanya sendiri dengan mudah dirumah.

Memanfaatkan tanaman sebagai salah satu metode alternatif adalah hal yang sah-sah saja dan dapat dilakukan oleh siapa pun, namun yang perlu kamu ketahui ialah tentunya tidak semua orang bisa cocok dalam melakukanya. Untuk itu kegiatan satu ini merupakan salah satu cara alami yang bisa kamu lakukan.

Baca terus di healty99.com untuk informasi lainya mengenai seputar tanaman dan hal unik lainya.

Buka Komentar

0 Response to " Cara Mengolah Kembang Sepatu Untuk Merawat Rambut Kepala"

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i