Mengenal, Kandungan dan Manfaat Kesehatan Dari Raspberry

buah raspberry (rasberi)
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/smoothie-jus-sirup-perasan-buah-3176379/
Healty99 - Raspberry atau rasberi merupakan salah satu dari banyak jenis berry yang tersebar di seluruh dunia, dan raspberry diketahui masuk dalam family mawar (Rosa). Selain itu buah beri satu ini juga memiliki banyak spesies berbeda, serta warna yang beragam mulai dari merah, hitam, ungu, kuning, hingga emas, namun masih dalam subgenus Idaeobatus.

Akan tetapi jenis rasberi yang paling populer ialah berwarna merah, dengan ukuran buah yang cukup mungil serta mempunyai rasa asam dan manis yang menyegarkan. Namun jangan salah, walaupun ukuranya terbilang kecil, dari segi kandungan nutrisi buah satu ini tidak bisa diremehkan loh. 

Itulah sebabnya banyak orang mencari buah raspberry guna untuk medapatkan khasiat yang terkandung didalamnya. Terlebih lagi buah berry satu ini juga sangat mudah diolah menjadi bahan panganan seperti jus, oat meal, selai, sirup, toping kue atau juga bisa dibuat menjadi asupan makanan sehat kamu.

Baca juga : 

Manfaat Buah Stoberi Segar Untuk Kamu

Kandungan nutrisi raspberry

Dikutip dari medicalnewstoday.com, setidaknya dalam secangkir buah raspberry 123 g mengandung nutrisi sebagai berikut :

  • Air: 105,0 g
  • Energi 64 kalori
  • Protein: 1,5 g
  • Karbohidrat: 14,7 g
  • Serat: 8,0 g
  • Kalsium: 30,8 mg
  • Magnesium: 27,1 mg
  • Besi: 0,8 mg
  • Fosfor: 35,7 mg
  • Kalium: 186,0 mg
  • Seng: 0,5 mg
  • Tembaga 0,1 mg
  • Mangan: 0,8 mg
  • Selenium: 0,2 mikrogram (mcg)
  • Vitamin C: 32,2 mg
  • Folat: 25,8 mcg
  • Kolin: 15,1 mg
  • Vitamin E: 1,1 mg
  • Vitamin K: 9,6 mcg
  • Lutein + zeaxanthin: 167,0 mcg
  • Alfa karoten: 19,7 mcg
  • Beta karoten: 14,8 mcg

Disamping itu, adapun beberapa kandungan lainya pada buah yang bersifat antioksidan bagi tubuh. 

Melihat dari banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam buah rasberi, lantas apa saja manfaatnya untuk tubuh? Yuk simak.

Baca juga : 

Mengenal Salmonberry Dan Manfaatnya

Manfaat raspberry untuk tubuh 

Manfaat raspberry untuk tubuh
Sumber foto : https://pixabay.com/
Dikutip dari healthline.com, berikut beberapa buah rasberi untuk kesehatan yang patut kamu ketahui, diantaranya : 

1. Mencegah penyakit berbahaya

Raspberry kaya akan kandungan senyawa antioksidan kuat, seperti vitamin C, quercetin, dan asam ellagic. Senyawa tersebut diketahui dapat mencegah dari stres oksidatif yang dikaitkan dengan pemicu risiko kanker, diabetes, penyakit jantung, obesitas dan penyakit berbahaya lainya.

Disamping itu hasil Studi dari para pakar penelitian terhadap hewan tikus menemukan dimana kandungan asam ellagic, salah satu antioksidan raspberry, tidak hanya mampu mencegah kerusakan oksidatif saja, namun juga bisa memperbaiki DNA yang rusak.

2. Berpotensi melawan kanker

Berkat kandungan antioksidan yang kuat, membuat ekstrak dari raspberry merah mampu memblokir pertumbuhan dan menghancurkan sel kanker dalam studi tabung reaksi pada sel kanker usus besar, prostat, payudara dan mulut.

Dalam sebuah hasil penelitian lainya, ekstrak raspberry merah mampu mencegah pertumbuhan kanker hati pada hewan tikus. Selain itu perkembangan sel tumor juga kian menurun dengan dosis dari ekstrak raspberry yang diberikan lebih besar.

Akan tetapi walaupun Raspberry mengandung sejumlah senyawa bermanfaat dan dapat melawan berbagai jenis kanker. Namun, diperlukan penelitian lebih terhadap khasiatnya pada manusia.

Baca juga : 

Cranberry, Si Buah Mungil Dalam Air

3. Melawan radikal bebas

manfaat raspberry untuk Melawan radikal bebas
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/frambos-buah-memetik-merah-matang-3454504/
Pada dasarnya tubuh kita sendiri mempunyai kemampuan dalam melawan efek dari radikal bebas yang masuk kedalam tubuh, namun terkadang efek paparan lebih besar dari pada kemampuan tubuh dalam menetralisirnya. Sehingga jika dibiarkan secara terus menerus kerusakan jaringan sel tidak dapat dihindarkan. 

Untuk itu kamu memerlukan asupan antioksidan lebih, nah antioksidan tersebut dapat berasal dari makanan yang kamu konsumsi seperti sayuran dan buah-buahan, termasuk juga dalam buah raspberry.

Mengapa diperlukan? Hal ini dikarenakan antioksidan dapat mencegah kerusakan jaringan sel pada tubuh dan mencegah beragam penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh radikal bebas.

4. Baik untuk pencernaan

Manfaat raspberry selanjutnya ialah dapat melacarkan saluran pencernaan kamu loh. Hal ini dikarenakan kandungan air dan serat buah yang banyak, sehingga bisa mencegah berbagai masalah seperti sembelit (susah BAB) dan mencegah penumpukan feses berlebihan serta tentu saja menyehatkan usus kamu.

5. Mengatasi Arthritis

Raspberry memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi gejala radang sendi dengan cara memblokir COX-2, salah satu enzim yang bertanggung jawab menyebabkan peradangan dan rasa nyeri.

Dalam hasil sebuah penelitian terhadap tikus yang diberi dengan ekstrak buah raspberry merah, mempunyai risiko lebih kecil untuk terkena masalah radang sendi dibandingkan dengan tikus lainya.

Walaupun hasil uji baru terhadap seekor tikus, namun kamu juga bisa mengkonsumsinya sebagai pencegahan dikala mendatang.

Baca juga : 

Si Berry Musim Dingin, Cloudberry

6. Mencegah penuaan

Manfaat raspberry untuk Mencegah penuaan
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/smoothie-jus-segar-raspberry-3176355/
Manfaat rasberi selanjutnya ialah dapat mencegah masalah penuan dini. Hal tersebut dikarenakan kandungan antioksidan yang membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dengan cara melawan radikal bebas di tubuh Anda.

Disamping itu vitamin C nya juga dapat berguna dalam meningkatkan produksi kolagen dan membalikkan kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh sinar UV. Jadi jangan engan untuk mengkonsumsi buah berry satu ini ya.

7. Baik untuk diet

Nah jika kamu sedang menjalankan program diet atau menurunkan berat badan, mungkin dapat memasukan buah beri merah ini kedalam makanan sehat kamu. Pasalnya manfaat raspberry untuk menurunkan berat badan tidak diragukan lagi.

Hal ini dikarenakan rasberi kaya akan serat, vitamin, rendah gula dan kaya akan nutirsi untuk tubuh, selain itu buah berry satu ini juga dapat meningkatkan sistem metabolisme kamu, mencegah penumpukan lemak berlebihan dan mencegah penyerapan kolesterol dari makanan.

Kamu bisa mendapatkan khasiat raspberry hanya dengan mengkonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi jus yang menyegarkan.

8. Menjaga kesehatan otak

Dikutip dari medicalnewstoday. Menurut para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan, karena antioksidan dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan otak dan sistem neurologis lainya.

Selain itu kandungan vitamin C dan E pada buah raspberry juga dapat membantu melindungi kemampuan seseorang untuk berpikir dan mengingat informasi seiring bertambahnya usia.

Baca juga : 

Beragam Jenis Berry Yang Harus Kamu Tahu

9. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat rasberry untuk Menjaga kesehatan jantung
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/minum-buah-raspberry-merah-vitamin-2471550/
Manfaat raspberry dalam menjaga kesehatan jantung masih didasari akan kandungan dari antioksidan didalamnya, seperti senyawa flavonoid dan antosianin. Kedua senyawa tersebut diketahui dapat menekan peradangan yang menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti jantung dan masalah tekanan darah.

10. Diklaim dapat mengatasi masalah gula darah

Beberapa kandungan yang ada didalam buah rasberi diklaim dapat mencegah naiknya kadar gula darah dan masalah diabetes. Hal ini tingginya kandungan serat dan antioksidan pada buah.

Selain itu, manfaat raspberry lainya ialah dapat membantu mencegah peradangan, yang bisa menjadi faktor risiko diabetes tipe 2.

11. Menjaga kesehatan mata

Kesehatan mata penting selalu dijaga, untuk karenanya kamu bisa rutin mengkonsumsi buah raspberry, pasalnya buah satu ini juga diketahui mengandung antioksidan zeaxanthin, yang mana mampu menyaring sekaliguns menangkal efek dari sinar biru berbahaya.

Hal ini tentu saja dapat berperan dalam melindungi mata dari masalah seperti degenerasi makula, dan masalah penglihatan karena terkait usia.

Baca juga : 

Manfaat Makan Buah Secara Rutin

12. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Manfaat raspberry Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/pencuci-mulut-hidangan-penutup-1079759/
Melihat banyaknya kandungan nutrisi, bukan tidak mungkin mengkonsusmsi raspberry dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi kamu. Seperti halnya kandungan Vitamin C, Kalsium, Magnesium, Kalium, Fosfor dan Zat besi, yang mana nutrisi tersebut memang dibutuhkan untuk pembentukan tulang sekaligus memperkuatnya.

Nah itulah beberapa manfaat raspberry yang patut kamu ketahui. Walaupun masih banyak diperlukan penelitian tentang khasiat buah satu ini untuk tubuh, akan tetapi kamu bisa mengkonsumsinya secara teratur guna mendapatkan manfaatnya, yang terpenting ialah jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena bisa saja raspberry menimbulkan efek samping kesehatan.

Baca terus di healty99.com untuk ketahui banyak hal-hal menarik dan informasi lainya

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i