Mengenal Gooseberry, Buah Kecil Yang Kaya Segudang Manfaat

Mengenal Gooseberry, Buah Kecil Yang Kaya Segudang Manfaat, buah gooseberry
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/kismis-belum-matang-semak-memetik-372626/
Healty99 - Gooseberry, begitulah penyebutan untuk buah dari spesies Ribes (tanaman berbunga), yang tumbuh secara liar di semak-semak. Menurut sejarahnya berry ini berasal dari beberapa kawasan bagian Eropa dan Asia Barat. 

Jenis gooseberry yang paling umum dijumpai ialah jenis Ribes uva-crispa dan Ribes hirtellum, dan keduanya masih keterkaitan erat dengan kismis hitam. Berry satu ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, berbentuk bundar dengan berat buah bekisar 3 hingga 6 gram, serta memiliki banyak variasi warna mulai dari hijau, merah, ungu, kuning, putih dan hitam.

Saat dikonsumsi sebelum matang sempurna, buah gooseberry memiliki rasa seperti anggur asam pada umunya, namun akan menjadi sedikit lebih manis jika buahnya sudah masak dibatang.

Walaupun ukuranya terbilang kecil, buah beri satu ini menyimpan segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan loh. Berikut diantaranya :

Baca juga : 

Macam-Macam Jenis Buah Berry

Kandungan Buah Gooseberry

Dikutip dari healthline.com, setidaknya dalam 1 cangkir (150 gram) mengandung :

  • Kalori: 66
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: 15 gram
  • Serat: 7 gram
  • Vitamin C: 46% 
  • Vitamin B5: 9% 
  • Vitamin B6: 7% 
  • Tembaga: 12%
  • Mangan: 9% 
  • Kalium: 6%

Selain itu buah berry satu ini juga tinggi akan kandungan antioksidan, mineral dan air yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh kamu. Nah berikut beberapa manfaat buah gooseberry untuk kesehatan.

Manfaat Buah Gooseberry

buah gooseberry, manfaat buah gooseberry
Sumber foto :https://pixabay.com/id/photos/kismis-buah-buahan-kismis-putih-550600/

1. Sumber Antioksidan Bagi Tubuh

Kandungan vitamin C, flavonol dan anthocyanin pada berry merupakan sumber antioksidan tertinggi yang bain untuk tubuh.

Kita sendiri setidaknya memerlukan asupan antioksidan dalam jumlah cukup perhari, dan biasanya kita mendapatkan dari makanan yang dikonsumsi.

Antioksidan pada dasarnya berperan dalam mencegah kerusakan jaringan sel, menangkal radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga : 

Simerah Dalam Air Yang Kaya Nutrisi

2. Kaya Akan Serat

Gooseberry merupakan buah yang kaya akan serat, serta rendah akan kalori, jadi kamu bisa mengkonsumsinya secara teratur tanpa harus khawatir akan naiknya kadar gula darah.

Tak hanya itu saja, mengkonsumsi serat buah juga berkhasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah penyerapan lemak, mengatur kadar gula, menyehatkan usus serta dapat melancarkan sistem saluran pencernaan.

3. Mengatur Gadar Gula Darah 

Buah gooseberry diklaim juga dapat berkhasiat dalam mengatur gula darah loh, serta sekaligus mencegah beberapa masalah terkait dengan diabetes tipe 2.

Hal ini dikarenakan berkat kandungan alpha glucosidase inhibitor, yaitu salah satu enzime pada usus halus yang bekerja dengan mengikat gula (glukosa) agar tidak langsung dilepas ke aliran darah.

Namun hal ini tidak bisa menjadi acuan, bahwa dengan mengkonsumsi buah gooseberry dapat menurunkan kadar gula darah. Terlebih lagi jika kamu tidak mengatur pola makan yang rendah kalori.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Hampir semua jenis buah berry memiliki sejumlah nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh, baik dari vitamin hingga mineral.

Dengan banyaknya ragam nutrisi, bukan tidak mungkin mengkonsumsi gooseberry akan memberi manfaat dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh kamu, terutama dalam menangkal beberapa serangan penyakit ringan ataupun berbahaya dikemudian hari.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan potasium pada buah gooseberry diklaim mampu menjaga kesehatan organ jantung kamu. Selain itu senyawa potasium juga dapat bersifat antioksidan bagi tubuh dan dapat berguna dalam melancarkan aliran darah, mencegah naiknya kadar kolesterol jahat (LDL) serta mengatur tekanan darah.

Dengan lancarya sistem peredaran darah, tentu resiko penyakit berbahaya seperti jantung, stroke dan hipertensi dapat terhidari.

Baca juga : 

Manfaat Raspberry Dikonsumsi Secara Langsung

6. Gooseberry Diklaim Mencegah Kanker

Beberapa zat antikanker yang diketahui dalam gooseberry adalah folat, senyawa fenolik, vitamin C dan E. Nutrisi ini dianggap mampu mengurangi sekaligus memperbaiki kerusakan akibat dari stres oksidatif dan peradangan, yang dapat menyebabkan perkembangan kanker.

Disisi lain kandungan antioksidan pada buah bery satu ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker.

Namun penelitian baru sebatas terhadap hewan, sehingga masih diperlukan pengujian lebih terhadap kemampuanya dalam melawan kanker ditubuh. 

7. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat buah gooseberry dalam menjaga kesehatan otak didasari akan kandungan senyawa asam organik (organic acid), yaitu salah satu senyawa yang dapat mencegah penumpukan zat besi dalam jaringan sel.

Selain itu kandungan antioksidan pada buah juga dapat berperan dalam mencegah kerusakan sel pada otak, mencegah stroke dan Alzheimer serta melindungi otak dari penyakit degeneratif terpaut usia.

8. Sumber Vitamin C Tubuh

Kebutuhan vitamin C harian kamu dapat dicukupi dengan hanya mengkonsumsi buah beri satu ini loh. Setidaknya dalam 150 gr gooseberry segar bisa memenuhi sekitar 46% kebutuhan vitamin C kamu.

Jadi jika kamu ingin mendapakan lebih asupan Vitamin C cobalah mengkonsumsi buah beri kecil ini. Namun perlu kamu ingat untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, pasalnya kelebihan Vitamin C juga tidak baik untuk tubuh.

9. Menangkal Radikal Bebas

Khasiat gooseberry selanjutnya ialah dapat menangkal radikal bebas yang berasal dari lingkungan, sepertihalnya dari polusi udara, cahaya matahari, asap rokok dan radiasi.

Hal ini didasari berkat beberapa kandungan senyawa yang bersifat antioksidan. Senyawa antioksidan dapat membantu tubuh dalam mencegah kerusakan jaringan sel dan menetralisir radikal bebas yang masuk kedalam tubuh secara berlebihan.

Sehingga resiko beberapa penyakit berbahaya dikemudian hari dapat terhindari secara tidak langsung.

Baca juga :

 Berry Kecil Yang Hidup Di Musim Dingin

10. Baik Untuk Diet

Buah berry satu ini sangat baik untuk dijadikan makanan diet sehat kamu. Pasalnya gooseberry sangat mudah diolah menjadi aneka makanan seperti selai, jus, garnish, oatmeal atau dicemilin secara segar.

Rendahnya kandungan gula serta tinggi akan vitamin dan mineral tentu akan sangat baik untuk tubuh sekaligus tidak akan menaikan kadar gula darah secara drastis.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah gooseberry yang bisa kamu ketahui, kamu dapat mengkonsumsinya secara teratur, namun tidak untuk secara berlebihan. Makanlah banyak jenis buah dan sayur agar mendapat banyak varian nutrisi untuk tubuh.

Ketahui banyak informasi lainya seputar berry dan buah-buahan lainya di healty99.com

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i