CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Beberapa Jenis Jamur Beracun yang Patut Kamu Waspadai - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Beberapa Jenis Jamur Beracun yang Patut Kamu Waspadai

Beberapa Jenis Jamur Beracun yang Patut Kamu Waspadai
Sumber foto : pixabay.com/jenis jamur beracun dan berbahaya
Healty99 - Jamur atau cendawan merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tak mempunyai zat hijau daun, walaupun begitu jamur tetaplah menjadi sayuran yang lezat dan nikmat, terlebih lagi jika sudah diolah menjadi aneka masakan.

Meskipun mempunyai rasa yang enak, namun patut kamu ketahui bahwa ada banyak jenis tumbuhan jamur yang tersebar diseluruh dunia. Dan diantaranya tumbuh secara liar di hutan, tanah gambut, serta dibatang pohon. Tak semua spesies cendawan bisa makan.

Pasalnya jamur juga ada yang beracun alias berbahaya sehingga tidak aman untuk di konsumsi mahluk hidup. Maka dari itu, setidaknya jika kamu berada dihutan dan menemukan beberapa cendawan liar, sudah mengetahui dan bisa membedakan mana yang aman dimakan dan mana yang tidak.

Nah berikut ini beberapa macam jenis jamur liar beracun yang bisa kamu ketahui :

Beberapa Jamur Liar Beracun

1. Fly Agaric

Fly Agaric (Amanita muscaria), jamur beracun lalat agaric
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/lalat-agaric-jamur-lumut-toadstools-437262/
Fly agaric (Amanita muscaria) atau biasa juga disebut dengan jamur lalat agaric atau lalat amanita dari genus amanita. Merupakan spesies fungi yang tumbuh pada kawasan beriklim boreal dibelahan bumi bagian Utara.

Ciri khas jamur fly agaric ialah memiliki bentuk cukup besar, berbatang putih, dibagian kepala (topi) berwarna merah hingga orange serta memiliki banyak bintik putih. Beberapa varietas dari fly agaric ada juga yang berwarna kuning cerah dan coklat namun tetap dengan ciri khas bintik putih.

Dilihat dari tampilannya yang cerah dan menantang, sudah dapat diketahui bahwa jenis jamur satu ini memberi peringatan untuk menjauh, apa lagi dikonsumsi. Hal ini dikarenakan fly agaric memiliki kandungan toxic berupa muscimol dan asam ibotenic pada bagian kepalanya.

Kedua senyawa tersebut dapat menyebabkan gejala halusinogen dan perubahan prilaku, beberapa efek samping dari jamur fly agaric lainya ialah bisa menyebabkan gangguan pencernaan, gangguan sistem saraf, muntah, diare, mulut kering, pusing, perubahan denyut jantung, sulit mengerakan anggota tubuh, hingga bisa menyebabkan koma.

Baca juga :

Macam Macam Jenis Jamur Yang Bisa Dimakan

2. Morel Palsu / Morel False

Jamur Morel Palsu / Morel False, jamur berbahaya
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/morel-speisemorchel-jamur-1336524/
Istilah nama morel palsu merujuk pada tumbuhan dengan nama latin Gyromitra Esculenta dari genus Gyromitra. Bentuknya pun unik dimana morel palsu tumbuh setingi 10 cm, dan memiliki topi kepala berwarna kecoklatan yang keriput alias bergurat seperti otak. Tak kala tumbuhan satu ini juga disebut sebagai jamur otak.

Verpa Bohemica adalah spesies lainya dari jenis morel, walaupun mirip verpa kerap dikonsumsi masyarakat Eropa dan Amerika dengan pengolahan yang benar. Namun tetap saja kadar racun dari jenis jamur morel tak jau beda.

Terdapatnya kandungan senyawa berupa monomethyl hydrazine (MMH) yang bisa menyebabkan gejala pusing, diare, kram perut, muntah, sakit kepala, bahkan hal terparah bisa menyebabkan kematian jika salah konsumsi.

Selain itu morel juga memiliki kandungan zat karsinogenik yang bisa memicu penyakit kanker dan tumor.

3. Jamur Payung Maut

Jamur Payung Maut, jenis jamur beracun
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/bukit-daun-amanita-phalloides-3727487/
Dalam bahasa inggris disebut dengan death cap (Amanita Phalloides), yaitu fungi Basidiomycota yang paling mematikan alias beracun dari salah satu genus Amanita, yang tersebar secara luas di seluruh Eropa bagian.

Sekilas jamur beracun satu ini mirip dengan jamur jerami dan caesar yang kerap dikonsumsi, namun nyatanya kamu harus lebih teliti dalam melihat. Fungi dengan warna tudung kepalanya kekuningan dan hijau terang memiliki ciri khas terasa sedikit lengket jika terkena hujan atau air.

Jika sulit untuk membedakan, baiknya untuk tidak mendekati tumbuhan satu ini. Setidaknya sekitar setengah dari Jamur Payung Maut sudah cukup untuk menyebabkan kematian pada manusia, dan efek jangka panjang bisa menyebabkan gangguan organ ginjal dan hati.

4. Galerina Marginata

jamur beracun dan berbahaya Galerina Marginata
Sumber foto : dreamstime.com
Galerina marginata
merupakan nama latin dari jamur pelapuk putih dalam keluarga Cortinariaceae. Secara filogenetik fungi satu ini sedikit berbeda dengan pelapuk putih Pleurotus ostreatus dan Phanerochaete chrysosporium. Asilnya pelapuk putih sangat beracun karena mengandung senyawa amatoksin yang berbahaya.

Jamur pelapuk putih juga bisa di temukan di berbagai belahan dunia, mulai dari Eropa, Amerika, Asia hingga Australia. Sekilas bentuknya juga tak jauh beda dengan beberapa cendawan yang bisa dikonsumsi.

Meskipun kadar racunya lebih rendah jika dibandingkan dengan spesies jamur Amanita, Galerina marginata masih termasuk kagtegori fungi beracun yang mematikan. Dalam jumlah yang sedikit jika terkonsumsi bisa keracunan dan mengancam keselamatan.

5. Amanita Virosa

jamur beracun, Amanita virosa
Sumber foto : dreamstime.com
Amanita virosa
adalah jamur basidiomycete yang berbahaya dan beracun dari salah satu genus Amanita, nama lainya juga dikenal masyarakat Eropa dengan sebutan malaikat penghancur atau perusak.

Saat tumbuh virosa berbentuk telur putih yang ditutupi dengan tudung, ukuran besarnya memiliki sedikit warna kecoklatan pada bagian payung kepala. Jamur yang masih muda menyerupai Agaricus arvensis dan A. campestris yang dapat dimakan, dan puffballs, sehingga harus benar-benar waspada.

Tanpa sengaja mengkonsumsi jamur malaikat penghancur bisa menyebabkan beberapa gangguan pada organ tubuh seperti kerusakan ginjal dan hati, bahkan efek terparahnya bisa menyebabkan kematian.

6. Cortinarius rubellus

jamur berbahaya dan beracun Deadly Webcap Mushroom
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/jamur-hutan-228335/
Atau dikenal dengan deadly webcap mushroom, jamur webcap merupakan spesies fungi dalam family Cortinariaceae, yang berasal dari hutan subtropis di Eurasia dan Amerika Utara.

Rubellus Cortinarius mempunyai bentuk sedikit kerucut atau cembung, dengan warnanya kuning kecoklatan dan coklat pucat yang tertutup sisik halus berserat. Toksisitas racun yang terkandung pada jamur beracun webcap bisa mengakibatkan infeksi parah pada gagal ginjal jika tanpa sengaja terkonsumsi.

Beberapa gejala efek racun lainya bisa menimbulkan masalah flu, demam dan letih.

7. Conocybe Filaris

beberapa jamur jamur berbahaya Conocybe Filaris
Sumber foto : britannica.com
Conocybe Filaris
merupakan spesies fungi yang terlihat tidak berbahaya pada umunya, dan sering kali dijumpai direrumputan atau tanah gambut kawasan barat laut Pasifik. Jamur satu ini diketahui mengandung senyawa mikotoksin yang sama pada death cap, sehingga mengkonsumsi Conocybe Filaris tentu akan sangat berbahaya.

Gejala awal yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi ialah gangguan pada sistem pencernaan, kram, diare dan sakit perut dalam kurun waktu 6-24 jam. Dan apabila terlambat dalam memberi pertolongan bisa menyebabkan gagal organ hati serta ginjal.

8. Podostroma Cornu-damae

Podostroma cornu-damae, jamur koral api racun
Sumber foto : britannica.com
Podostroma cornu-damae
atau juga dikenal dengan nama koral api beracun, merupakan tumbuhan yang diketahui berasal dari family Hypocreaceae. Fungi satu ini tumbuh secara alami di bagian benua Australia, namu baru-baru ini diketahui juga dapat ditemukan di Indonesia lebih tepatnya kepulauan Papua.

Jamur beracun Podostroma Cornu-damae mempunyai kadar toksisitas yang tinggi, sedikit saja mengkonsumsi fungsi satu ini bisa menyebabkan beberapa ganguan masalah pada sistem pencenaan, infeksi, mual, muntah dan sakit kepala. Efek terparahnya bisa menyebabkan kerusakan jaringan otak, gangguan fungsi ginjal dan hati serta bisa berakibat pada kematian.

9. Jamur Sayap Malaikat

Jamur Sayap Malaikat, Pleurocybella Porrigens, jamur berbahaya
Sumber foto : istockphoto
Dengan nama latin Pleurocybella Porrigens cendawan satu ini mirip sekali dengan spesies jamur tiram, dan tempat keberadaanya tumbuh juga sama, yaitu di pohon kayu yang sudah lapuk.

Pada awal abad ke 21 Pleurocybella Porrigens pernah dianggap dapat dimakan, walaupun begitu masih dipertimbangkan tentang kelayakan dan kandungan toksisitas didalamnya.

Pernah dikabarkan bahwa beberapa orang mengalami gangguan fungsi ginjal dan organ hati setelah mengkonsumsi jamur sayap malaikat, namun kebanyakan dari mereka yang meninggal memang telah mengalami riwayat gangguan organ hati serta berumur lebih dari 70 an.

10. Lepiota

Lepiota Sp, jamur berbahaya dan beracun
Sumber foto : wikipedia
Lepiota Sp
. merupakan spesies jamur dari family Agaricaceae, setidaknya ada 400 spesies Lepiota saat ini telah diakui di seluruh dunia, dan diantaranya memiliki racun berbahaya bahkan bisa mematikan bagi manusia.

Diketahui cendawan satu ini mengandung senyawa amatoxin dan sangat berbahaya jika masuk kedalam tubuh. Diantara tersebut yang bisa menyebabkan kematian adalah jenis Lepiota brunneoincarnata, L. brunneolilacea, L. castanea, L. helveol, dan L. subincarnata (sinonim L . josserandii ).

Tidak ada spesies dari Lepiota yang direkomendasikan sebagai makanan, karena termasuk dalam kategori jamur beracun yang mematikan.

Nah itulah beberapa macam jensi jamur beracun dan berbahaya jika dikonsumsi. Jika kamu menemukan cendawan liar dan memiliki minim pengetahuan terhadapnya, baik untuk tidak mendekati apalagi memakanya.

Baca terus di healty99.com untuk ketahui seputar informasi unik lainya.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel