CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Efek Sampingnya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan, serta Efek Sampingnya

gambar bunga mawar cantik
Sumber foto : pixabay/rose/Joergelman
Healty99 - Mawar merupakan jenis tanaman yang memiliki duri dan bunga yang cantik. Karena kecantikan saat bunganya mekar, banyak orang menanamnya untuk dijadikan tanaman hias. Namun nyata bunga Mawar mempunyai manfaat lebih loh selain keindahan, terutama dari segi kesehatan dan kecantikan.

Selain itu aromanya yang harum dan mengandung sejumlah mineral, tak heran jika Mawar banyak di esktrak atau diolah, baik itu nantinya digunakan sebagai parfume, bahan baku kecantikan hingga keperluan untuk kesehatan.

Kandungan Bunga Mawar

Bunga Mawar diketahui mengandung sejumlah senyawa dan mineral seperti tannin, geraniol, flavonoid, pektin polyphenol, asam geranik, terpene, nerol, citronellol, farnesol, eugenol, karotenoid, feniletilakohol, stearopten, vanillin, vitamin B, C, E, dan K.

Adapun beberapa senyawa lainnya yang bersifat antibakteri, antiseptik, antispasmodik, dan antiviral bagi tubuh.

Banyaknya kandungan pada mawar, lantas apa saja manfaatnya?

Untuk itu langsung saja simak. Ini dia beragam manfaat dari bunga berduri ini, mulai dari untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Bunga Mawar Untuk Kesehatan

gambar air mawar
Sumber foto : istockphoto
Manfaat bunga Mawar bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi secara teratur, baik itu dengan mengkonsumsi produk olahan tertentu seperti teh atau dimakan langsung karena dipercaya memiliki khasiat tertentu.

1. Meredakan sakit kepala

Manfaat bunga mawar diklaim bisa meredakan gejala sakit kepala dan pusing.

Menurut para ahli, hanya dengan menghirup ekstrak dari minyak esensial yang terkandung pada bunga Mawar, bisa meredakan gejala sakit kepala, pusing berkunang-kunang.

Kamu bisa mencobanya dengan menghirup bunga secara langsung, atau menggunakan beberapa produk minyak esensial yang dijual ditoko-toko.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Beberapa masalah pencernaan seperti kembung, sakit perut, diare dan beberapa masalah lainnya, bisa kamu coba untuk mengatasinya dengan menkonsumsi teh bunga Mawar.

Kamu bisa mengunakan ramuan teh yang mengandung ekstrak bunga Mawar, atau dapat juga dengan menyeduh kelopak bunga yang sudah dikeringkan.

Sebaiknya konsumsi selagi hangat agar reaksi bisa didapat dengan cepat.

3. Menangkal radikal bebas

Bunga berduri satu ini diketahui mampu menangkal radikal bebas yang berasal dari lingkungan, hal ini dikarenakan kandungan antioksidan didalamnya yang cukup tinggi.

Selain itu adapun senyawa antosianin yang merupakan flavonoid berupa pelargonidin dan sianidin, mampu menangkap sekaligus menangkal radikal bebas yang diklaim menimbulkan penyakit berbahaya.

4. Baik untuk empedu

Banyaknya senyawa yang terkandung pada bunga Mawar, tak heran jika ia sering digunakan sebagai bahan baku obat-obatan.

Untuk itu, beberapa manfaat mengkonsumsi bunga dengan nama lain Rosa ini, bisa melancarkan pencernaan sekaligus memperbaiki sistem sekresi empedu, yang mana hal ini memungkinkan mencegah kamu dari konstipasi atau susah buang air besar.

Walau begitu, harap untuk tidak mengkonsumsi secara sembarangan ya.

5. Menurunkan panas tubuh

Beberapa sifat senyawa seperti antioksidan, antibakteri, dan antiviral pada bunga satu ini diklaim bisa menurunkan panas tubuh karena demam loh.

Seperti yang kita ketahui, demam dapat terjadi karena tubuh mengalam gangguan, baik karena infeksi atau serangan penyakit.

Nah, peran manfaat bunga Mawar disini ialah diharapkan dapat membantu tubuh dalam menangkal serangan penyakit.

Untuk itu kamu bisa mengkonsumsi beberapa olahan yang mengandung ekstrak Mawar seperti teh dan sebagainya.

6. Obat luka

Sifat antibakteri yang terkandung pada minyak atsiri Mawar seperti phenyl ethyl alcohol, geraniol, nerol, dan citronellol, diketahui bisa menjadi obat antiseptik alami yang bagus.

Cara penggunaanya pun cukup sederhana, kamu hanya perlu meremas bunga hingga halus lalu ditempelkan pada area yang terluka.

7. Meningkatkan suasana hati

Air mawar dapat memiliki sifat antidepresan dan anti-kecemasan yang kuat. Sebuah studi 2011 menemukan bahwa ekstrak kelopak Mawar dapat mengendurkan sistem saraf pusat pada tikus.

Hal ini mengakibatkan efek antidepresan dan antianxiety, walau begitu khasiat baru teruji hanya sebatas hewan.

Akan tetapi, dampak positif yang ditimbulkan memungkinkan dapat juga terjadi pada manusia.

8. Meredakan sakit tenggorokan

Biasanya dokter sering meresepkan obat antibiotik untuk mengatasi sakit tenggorokan, tetapi kamu mungkin ingin mencoba air Mawar sebagai alternatifnya.

Selain itu secara tradisional bunga satu ini juga telah digunakan sejak lama untuk meredakan sakit tenggorokan. 

Namun dalam hal ini penelitian masih diperlukan untuk membuktikan ke efektifannya, ada bukti dibalik manfaat yang kuat untuk mendukungnya dan risiko yang sangat kecil dalam mencobanya.

Manfaat Mawar Untuk Kecantikan

air mawar untuk kecantikan
Sumber foto : istockphoto
Manfaat Mawar tak hanya bisa kamu dapatkan untuk dalam tubuh saja, kamu juga bisa gunakan dari luar tubuh seperti halnya untuk kecantikan dan merawat kesehatan kulit. 

1. Mengurangi kemerahan pada kulit

Tahu kah kamu bahwa air Mawar telah digunakan sebagai produk kecantikan selama ribuan tahun, sehingga tidak mengherankan jika ekstrak dari bunga satu ini dapat memperbaiki warna kulit dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Disisi lain sifat antibakteri dan anti-inflamasi dapat membantu mengurangi kemerahan dan bengkak pada kulit.

2. Melembabkan kulit

Mengoleskan air Mawar secara teratur dipermukaan kulit, bisa membantu melembabkan sekaligus mengatasi masalah kulit kering.

Tak hanya itu saja, kandungan mineral yang ada didalamnya juga bisa membantu menutrisi kulit dari luar. 

Kamu bisa mencoba dengan menggunakan beberapa produk kecantikan yang beredar.

3. Memiliki sifat anti-penuaan

Air Mawar memang sering ditemukan dalam produk kecantikan yang bertujuan untuk mengurangi kerutan, itu karena mungkin sebenarnya memiliki efek anti-penuaan.

Selain mengatasi masalah kulit yang teriritasi, khasiat lainya juga bisa mengurangi timbulnya kerutan serta kulit pecah saat dioleskan.

4. Mengurangi pembengkakan

Manfaat selanjutnya dari air Mawar ialah bisa meredakan pembengkakan dan memar pada area kulit.

Cara menggunakanya bisa dengan merebus beberapa kelopak dan mahkota bunga, lalu menggunakan airnya untuk membasuh, atau jika tidak ingin repot bisa menggunakan beberapa produk yang memiliki kandungan Mawar.

5. Membersihkan kulit

Tahukah kamu air Mawar bisa kamu gunakan untuk membersihkan kulit loh, baik itu sebagai pembersih make up atau untuk mengangkat sel kulit mati.

Selain itu, karena ada sifat antibakteri pada Mawar, memungkinkan jika menggunakanya sebagai pembersih wajah bisa mencegah timbulnya jerawat dan iritasi pada kulit.

Efek Samping Bunga Mawar

Sejauh ini air Mawar masih dianggap aman untuk digunakan, baik itu dikonsumsi atau untuk pelembab kulit.

Satu-satunya pengecualian efek samping bisa terjadi adalah jika kamu alergi terhadap zat tersebut, seperti halnya merasa alergi berupa gatal-gatal pada kulit.

Namun alangkah baiknya jika menggunakan secara cukup dan tidak berlebihan, hal ini untuk mengurangi resiko beberapa kemungkinan yang akan terjadi. 

Nah, itulah beberapa manfaat bunga Mawar untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel