CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cream Temulawak : Manfaat, Cara Pakai dan Efek Samping - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cream Temulawak : Manfaat, Cara Pakai dan Efek Samping

gambar krim temulawak
Sumber gambar : istockphoto
Healty99 - Temulawak merupakan salah satu tumbuhan herbal dari suku temu-temuan. Sudah sejak lama rempah satu ini digunakan sebagai bentuk pengobatan karena khasiatnya yang luar biasa. Bahkan hingga kini temulawak masih sering pakai, baik dalam bentuk olahan jamu, suplemen obat dan cream untuk kulit.

Makin kesini penggunaan tanaman herbal temulawak makin digandrungi, salah satu bentuknya ialah ada banyak produk yang menjual ekstrak dari akar temulawak.

Hal ini tentunya untuk mempermudah banyak orang dalam menggunakanya, sehingga tidak perlu lagi repot-repot mengolah. Nah, buat kamu yang suka merawat kulit menggunakan temulawak, kini sudah tersedia produk cream temulawak asli.

Manfaat Cream Temulawak

Berikut beberapa khasiatnya berdasarkan penelitian terhadap kandungan senyawa.

1. Melembabkan kulit

Penggunaan krim temulawak diharapkan bisa membantu melembabkan kulit dari luar secara baik. 

Terutama dalam mengatasi beberapa masalah seperti kulit kering, pecah-pecah, keras dan mengelupas. 

Selain itu, beberapa kandungan minyak esensial pada tanaman herbal satu ini diyakini juga bisa membantu menutrisi kulit secara alami.

2. Mencegah masalah jerawat

Menurut sebuah penelitian, temulawak memang mengadung sejumlah minyak atsiri atau esensial oil alami yang bagus untuk tubuh.

Minyak atsiri ini diketahui memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi serta antiperadangan. Ini juga memungkinkan dapat melawan pertumbuhan dan mencegah berkembang bakteri penyebab jerawat dikulit.

Tidak hanya itu saja, menggunakan beberapa produk yang mengadung ekstrak temulawak asli seperti cream, diketahui juga bisa membantu memudarkan bekas jerawat.

3. Mengatasi peradangan dan bengkak

Beberapa peradangan yang sering terjadi pada area kulit seperti bengkak, memar, bisul dan jerawat meradang, bisa kamu redakan dengan menggunakan cream temulawak asli.

Cukup oles secara merata dan dilakukan berkala, maka bengkak akan reda dengan sendirinya perlahan-lahan.

Tidak hanya selalu menggunakan produk kecantikan saja, kamu juga bisa membuat sendiri dirumah. Bahkan ini bisa membuat pengeluaran biaya lebih sedikit.

4. Melindungi tubuh dari sinar matahari

Sinar matahari atau sinar UV bisa membuat kulit tampak lebih kusam, kemerahan, iritasi dan meninggalkan belang tidak rata.

Namun tenang, ini bisa diatasi dengan menggunakan secara alami. Kamu bisa menggunakan pasta temulawak atau masker pada kulit secara merata saat sebelum bepergian keluar rumah.

5. Mencegah penuaan dini

Temulawak diklaim mampu mencegah penuaan dini pada seseorang. Kemampuan ini didasari karena kandungan antioksidan pada tanaman yang sangat tinggi.

Tentu ini dapat berguna dalam melindungi kulit dari masalah penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, merokok, polusi, dan radikal bebas.

Kamu bisa mendapatkan khasiatnya dengan cara mengkonsumsi dalam bentuk jamu untuk dari dalam tubuh, dan menggunakan cream temulawak dari luar tubuh.

6. Mengangkat sel kulit mati

Umumnya sel kulit mati akan hilang ketika kita mandi menggunakan sabun. Namun tentu ini tidak secara keseluruhan bersih, terlebih lagi jika kita kurang rata dalam menggosok tubuh.

Salah satu alternatifnya mungkin kamu bisa menggunakan masker untuk mengangkat sel kulit mati.

Memadukan masker kulit dan temulawak tentu akan sangat bagus, selain bisa membantu mengangkat kulit yang sudah mati, kandungan nutrisinya juga bisa menyehatkan kulit dari luar.

Aturan dan Cara Pakai

Cara menggunakanya cukup mudah, karena ini produk kecantikan jadi kamu tidak perlu memberi bahan tambahan. Berikut aturan pakai untuk wajah :

Cara pakai cream temulawak

  1. Mula-mula basahi permukaan wajah menggunakan air bersih, selanjutnya cuci menggunakan sabun khusus untuk muka. Jika tidak, kamu bisa menggunakan pembersih kulit air mawar.
  2. Langkah selanjutnya, aplikasikan saja langsung cream temulawak secara merata. Tidak perlu tebal, cukup oles tipis-tipis saja sudah cukup.
  3. Jika untuk penggunaan malam, maka paginya kamu diharapkan langsung membersihkan wajah terlebih dahulu.
  4. Selesai.

Apakah cream temulawak aman digunakan?

Temulawak (Curcuma zanthorrhiza) merupakan tanaman herbal yang mempunyai manfaat baik bagi tubuh. 

Menggunakan produk kecantikan seperti cream temulawak, diharapkan bisa menjadi salah satu pilihan yang mudah dalam merawat kulit.

Selagi produk krim tersebut menggunakan bahan-bahan alami dan natural, tentu ini aman digunakan untuk tubuh. Terkecuali memang kamu alergi terhadap senyawa tertentu atau membuat penggunaan tidak nyaman.

Namun lain hal jika produk menggunakan bahan yang tidak layak edar atau tidak lazim digunakan, tentu ini bisa berbahaya bagi kesehatan ataupun kulit tubuh kamu.

Efek samping cream temulawak

Untuk menghidari efek samping dari penggunaan krim temulawak, ada baiknya kamu menggunakan produk kecantikan yang sudah pasti terdaftar oleh BPOM.

Dengan memiliki izin edar dan terdaftar oleh BPOM, maka sudah pasti produk teruji kualitas serta standar keamanan. Terutama dari segi komposisi kandungan, kemasan dan ketentuan lainnya.

Hindari penggunaan krim temulawak yang tidak memiliki izin BPOM, karena bisa saja menggunakan bahan-bahan atau zat kimia yang tidak layak digunakan.

Penggunaan produk tanpa memiliki izin edar, justru hanya akan menimbulkan ke khawatiran serta bisa saja bahaya bagi kesetahan.

Sebagai contohnya ada banyak produk ilegal berbahaya yang mengandung Titanium dioksida dan merkuri. Ini adalah zat yang biasa ditemukan pada prabotan plastik dan timbal.

Jika masuk kedalam tubuh maka zat ini bisa bersifat karsinogen dan mampu memicu penyakit kanker.

Cara mengetahui produk cream temulawak yang aman

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebelum mencari produk kecantikan yang aman :

  1. Mengetahui asal produk dengan jelas
  2. Sudah terdaftar BPOM dan memiliki izin edar
  3. Ketahui komposisi produk
  4. Terjual digerai toko resmi
  5. Baca aturan dan penggunaan dengan baik
  6. Bertanya kepada yang sudah pernah memakai

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika kamu masih bingung dalam memilih produk kecantikan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel