CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ketahui Manfaat Buah Belimbing Bintang Untuk Tubuh - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Ketahui Manfaat Buah Belimbing Bintang Untuk Tubuh

Buah belimbing bintang, manfaat buah belimbing, carambol
Sumber foto : https://pixabay.com/carambol
Healty99 - Manfaat buah belimbing bintang antara lain ialah dipercaya dapat mengatasi masalah anemia, peradangan, mengatur sistem metabolisme, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga sistem pencernaan, mengatur tekanan darah dan masih banyak lagi.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, pasalnya buah belimbing memang mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh, dan diantaranya terdapat kandungan serat, karbohidrat, gula, protein, kalori, potasium, zat besi, magnesium, air, kalsium, folat, selenium, tembaga, dan seng. Selain itu adapun sejumlah vitamin seperti vitamin A, vitamin B5, vitamin E dan beta karoten.

Buah dengan nama latin Averrhoa carambola yang memiliki bentuk seperti bintang ini, diketahui berasal dari kawasan Asia loh. Bentuknya yang menarik dan warna kuning terangnya membuat siapa saja akan ngiler untuk mencoba. Terlebih lagi rasa dari buah belimbing bintang yang asam manis segar, serta kaya air, membuatnya sangat cocok disantap saat panas terik.

Baca juga : 

Beberapa Manfaat Belimbing Sayur Yang Patut Diperhitungkan 

Maka dari itu, ini dia beberapa manfaat lainya dari belimbing bintang yang akan kamu dapatkan apabila mengkonsumsinya, berikut diataranya yang dikutip dari conserve-energy-future.com.

Manfaat Buah Belimbing

khasiat buah belimbing bintang untuk tubuh
Sumber foto : conserve-energy-future.com

1. Memenuhi kebutuhan Vitamin C 

Tahukah kamu bahwa jus belimbing bisa memenuhi sekitar 57% kebutuhan vitamin C harian tubuh loh. Sehingga hal ini dapat menjadi alternatif asupan tambahan Vit C tubuh kamu dari makanan lainya.

Selain itu vitamin C juga berguna dalam membantu sintesis kolagen, protein yang menjaga kulit, rambut, dan kuku tetap sehat dan kuat. Serta dapat juga menjaga daya tahan tubuh, menangkan radikal bebas dan mencegah peradangan.

2. Tinggi sumber serat

Manusia membutuhkan asupan serat setidaknya 25 - 38 gram perharinya, namun kebanyakan kita hanya memenuhi sekitar 16 gram.

Untuk itu kamu bisa mengkonsumsi buah belimbing bintang sebagai alternatifnya, karena buah satu ini kaya akan serat yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga :

  Buah Asam Yang Tak Banya Orang Tahu

3. Rendah kandungan gula

Rendahnya kandungan gula, kalori dan karbohidrat, membuat belimbing baik dikonsumsi secara rutin sebagai makanan sehat.

Terlebih lagi kamu yang sedang menjalankan program diet atau menurunkan berat badan, dapat mengkonsumsinya tanpa khawatir berat badan dan gula darah meningkat.

4. Buah belimbing mencegah anemia

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), anemia lazim terjadi pada anak kecil dan wanita hamil. Anemia defisiensi besi adalah jenis anemia yang paling umum, terjadi ketika tubuh kekurangan zat besi

Nah setidaknya belimbing dengan ukuran sedang memiliki sekitar 0,08 mg zat besi, namun kandungan vitamin C-nya sangat berperan penting dalam meningkatkan penyerapan zat besi kedalam darah. 

Sehingga dengan meningkatnya produksi sel darah dapat menangkal kelelahan, pusing, gejala anemia.

5. Mampu menghambat pertumbuhan mikroba

Khasiat buah belimbing bintang
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/belimbing-averrhoa-carambola-63091/
Khasiat buah belimbing selanjutnya ialah dapat mencegah berkembang biak mikroba dan bakteri didalam tubuh. Hal ini bukan tanpa sebab adanya kandungan fitokimia seperti flavonoid, alkaloid, saponin, dan steroid yang bersifat antioksidan, membuat buah satu ini memiliki kemampuan mecegah infeksi dan peradangan.

Terlebih lagi khasiat lebih kuat ada pada buah yang berwarna kehijauan atau belum matang sempurna.

Baca juga :

  Belimbing Tanah, Tanaman Liar Kecil Namun Memiliki Rasa Super Asam

6. Mengatur sistem pencernaan

Buah dengan warna kuning dan banyak kandungan air ini, menyediakan serat larut dan tidak larut. 

Yang mana dapat membantu menjaga kesehatan usus, meningkatkan serapan nutrisi, membunuh mikroba jahat, serta mencegah infeksi.

7. Meningkatkan sistem metabolisme

Manfaat buah belimbing lainya ialah dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh kamu loh, terutama dalam menangkal beberapa serangan penyakit harian.

Hal ini didukung dengan kandungan antioksidan, serat, vitamin dan mineral didalamnya. Untuk itu kamu bisa mengkonsumsi buah satu ini dalam bentuk segar maupun sudah diolah menjadi jus.

8. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas dapat berasal dari mana saja dan dapat menyerang tubuh kapan saja, untuk itu kamu dapat membantu tubuh dalam melawanya dengan perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan antioksidan dan vitamin C.

Termasuk dalam mengkonsumsi belimbing bintang, karena memang buah kuning ini kaya akan kedua kandungan tersebut.

9. Mengatasi masalah sembelit

Buat kamu yang kerap kali mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar, cobalah untuk rutin mengkonsumsi jus buah belimbing secara teratur dalam beberapa hari kedepan.

Kandungan serat dan airnya dapat membantu dalam melancarkan saluran pencernaan, mencegah pengerasan feses, mengatasi susah BAB, serta melindungi usus dari gesekan kotoran yang mengeras.

10. Membantu menurunkan berat badan

khasiat belimbing turunkan berat badan
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/yg-melangsingkan-berat-kesehatan-2728331/
Tahukah kamu, bahwa buah satu ini dapat membantu menurunkan berat badan kamu loh. Disatu sisi kandungan seratnya dapat mencegah penyerapan lemak jenuh yang berasal dari makanan, mencegah naiknya kadar kolesterol jahat dan membantu proses peluturan lemak tubuh.

Namun pastinya harus diimbangi dengan olahraga ya dan pola makan sehat.

11. Diklaim dapat mengatur pola tidur lebih baik

Khasiat belimbing diklaim dapat membuat pola tidur kamu menjadi lebih baik dan nyaman.

Diketahui kandungan mineral magnesium lah yang berperan didalamnya, magnesium dapat memberi pengaruh dalam merilekskan tubuh serta menenangkan sistem saraf dan otot, sehingga akan membuat kamu tidur lebih mudah dan nyenyak. 

12. Mengatur tekanan darah

Sebuah penelitian oleh Jenita Doli Tine Donsu dkk menyimpulkan bahwa jus belimbing dapat digunakan sebagai terapi pelengkap dalam menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik penderita hipertensi.

Terlebih lagi didukung dengan beberapa kandungan mineral seperti mangnesium, kalium, zat besi, dan Potasium dalam buah.

13. Baik untuk tulang dan otot

Mengkonsumsi buah belimbing dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan, justru akan memberi dampak yang baik ke tubuh.

Terutama beberapa mineral yang terkandung pada buah seperti kalsium, kalium, mangnesium, vitamin C dan zat besi, yang berguna dalam menjaga kesehatan tulang dan otot tubuh kamu.

14. Dapat bersifat hipolipidemik

Buah satu ini diketahui memiliki efek hipolipidemik dan dapat mencegah perkembangan penyakit hati berlemak non-alkohol dengan menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida.

Peneliti memberi makan tikus yang diberi diet tinggi lemak (HFD) secara oral dengan MEACL selama lima minggu. Hasil analisis menunjukkan bahwa MEACL menurunkan indeks massa tubuh (BMI), indeks aterogenik, serta kolesterol dan trigliserida hati pada tikus.

Nah itulah beberapa manfaat buah belimbing untuk tubuh yang harus diketahui. Kamu dapat mengkonsumsi buah bintang satu ini secara teratur, baik segar maupun berupa jus.

Namun yang perlu di ingat ialah jangan mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak alias berlebihan.

Tidak semua orang dapat makan secara bebas, pasalnya buah belimbing memiliki efek samping yang bisa menimbulkan reaksi alergi bahkan keracunan.

Terlebih lagi untuk para pengidap masalah ginjal sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak. 

Baca terus informasi lainya seputar makanan sehat di healty99.com

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i