Bilberry, Kenali Manfaat dan Kandungan Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh

gambar buah bilberry
Sumber gambar
Healty99 - Bilberry adalah nama buah dari tanaman semak Eurasia yang tumbuh pendek dalam genus Vaccinium, beberapa orang juga terkadang menyebutnya sebagai blueberry Eropa. Walau keduanya secara penglihatan sangat mirip, akan tetapi memiliki sedikit perbedaan antara keduanya, terutama tempat asal.

Bilberry adalah buah yang berasal dari Eropa, sedangkan blueberry berasal dari Amerika Utara. Tahu kah kamu, manfaat buah satu ini tak bisa diremehkan loh, ia termasuk dalam golongan buah berry super yang mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Setidaknya berikut beberapa kandungan nutrisi di dalamnya :

Baca juga :

Jenis Buah Berry

Kandungan Buah Bilberry 

Mirip dengan beberapa jenis beri lainnya, bilberry memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Setidaknya dalam 1 cangkir (148 gram), kamu akan menemukan  :

  • Kalori: 85
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: Kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: 21 gram
  • Serat: 3 gram
  • Gula: 15 gram
Beberapa nutrisi lainya yang terkandung :
  • Vitamin A
  • Vitamin K
  • Magnesium
  • Mangan
  • Tembaga
  • Besi
  • Fosfor
  • Kalium
  • folat

Secangkir buah biru tua ini juga menyediakan 24% dari kebutuhan vitamin C harian kamu yang direkomendasikan. Ini juga menyediakan sejumlah kecil vitamin B1, B2, B3, B5, dan B6. Di sisi lain Bilberry juga kaya akan antioksidan, termasuk anthocyanin. 

Warna biru tua pada buah menandakan bahwa ia juga memiliki kandungan senyawa flavonoid, dan mengandung asam fenolik, yang dapat membantu mencegah kanker. Sumber [1*]

Baca juga : 

Manfaat Buah Blackberry Untuk Kesehatan

Lantas dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, apa saja manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengkonsumsinya? Untuk itu berikut beberapa manfaat yang bisa di dapat. 

Manfaat Buah Bilberry

gambar buah bilberry
Sumber gambar
Buah yang mirip dengan blueberry ini tentu saja bisa di konsumsi, baik itu dimakan secara segar dari pohonya atau telah di olah menjadi jus, selai, pie dan sebagainya.

Nah berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapat jika mengkonsumsi dalam jumlah yang cukup : 

1. Makanan yang kaya nutrisi

Seperti kebanyakan buah beri yang kita kenal, bilberry adalah buah yang kaya nutrisi seperti vitamin dan mineral.

Setidaknya ia memiliki kandungan 85 kalori, 15 gram gula alami, dan 4 gram serat dalam satu cangkir seberat 148 gram. Selain itu terdapat juga sekitar 85% air, mangan dan vitamin C, K dalam jumlah yang baik.

Bilberry dikatakan rendah kalori, dan bisa menjadi sumber air, serat, mangan, dan vitamin C dan K yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsinya dalam jumlah cukup dapat memenuhi beberapa asupan nutrisi kamu.

2. Mengandung antioksidan

Buah bulat dengan warna biru ini kaya akan kandungan antioksidan, yang merupakan senyawa tanaman bermanfaat terutama dalam membantu melindungi tubuh kamu dari kerusakan, dan beberapa serangan penyakit.

Penelitian juga menunjukkan bahwa buah beri satu ini, termasuk blueberry, adalah salah satu makanan dengan tingkat antioksidan tertinggi. Karena hubungan dekat mereka dengan blueberry, kemungkinan besar bilberry memiliki sifat yang sama dan tak jauh beda.

Tahu kah kamu antioksidan flavonoid kuat adalah salah satu pemberi warna khas pada tanaman seperti merah, biru dan unggu. Jadi bisa di pastikan bahwa sayuran dengan warna tersebut memiliki senyawa antioksidan yang tinggi.

Kandungan Antosianin dianggap bertanggung jawab dalam sebagian besar untuk kesehatan.

3. Mengatasi peradangan

Manfaat buah Bilberry selanjutnya ialah diklaim dapat membantu melawan peradangan yang sedang terjadi.

Peradangan salah satu masalah yang bisa menyebabkan beragam sumber penyakit pada manusia, walau peradangan tidak selalu menandakan adanya infeksi, namun masalah infeksi selalu menyebabkan timbulnya peradangan.

Efek khasiat ini mungkin sebagian dikarenakan berkat kandungan anthocyanin pada buah, yang merupakan bagian antioksidan dengan sifat anti-inflamasinya.

Menurut sebuah penilitian selama 3 minggu, orang yang mengonsumsi ekstrak yang mengandung 300 mg Bilberry anthocyanin secara rutin, mengalami dampak adanya penurunan tanda-tanda inflamasi sekitar 38-60%, dibandingkan dengan pengurangan 4-6% pada kelompok plasebo.

Namun, penelitian lebih lanjut masih terus diperlukan untuk mengkonfirmasi dampak dari penggunaan ini.

4. Mengatur kadar gula darah

Bilberry merupakan obat herbal yang populer dan telah digunakan untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Para ahli percaya bahwa buah beri mampu mencegah pemecahan dan penyerapan karbohidrat pada usus, yang kerjanya mirip dengan beberapa obat penurun gula darah.

Penelitian yang menguji cobakan pada hewan, juga menunjukkan bahwa antosianin yang terkandung dalam buah bilberry juga dapat merangsang sekresi insulin, yaitu hormon yang dibutuhkan untuk membantu memindahkan gula dari darah ke dalam sel.

Walau buah satu ini dapat merangsang sekresi insulin dan mencegah pemecahan karbohidrat di usus anda, namun penelitian masih diperlukan pada manusia.

5. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa kandungan seperti vitamin K pada buah, di klaim membantu mencegah pembentukan gumpalan darah, mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Penelitian pada tabung reaksi lebih lanjut juga menunjukkan hasi bahwa campuran spesifik anthocyanin dalam bilberry bisa membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Dalam hasil pengujian selama 8 minggu terhadap 35 orang yang mengonsumsi campuran berbagai buah beri, termasuk buah Bilberry setiap hari mengalami peningkatan fungsi trombosit, tekanan darah, dan kadar kolesterol HDL, yang mana semua keterkaitan dengan kesehatan jantung.

Selain itu hasil pembelajaran 12 minggu, orang yang mengonsumsi 320 mg anthocyanin dari blackcurrant dan bilberry setiap hari akan mengalami peningkatan kolesterol HDL setidaknya sekitar 11%, serta penurunan 14% kadar kolesterol LDL.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi efek ini.

6. Menjaga kesehatan mata 

Buah satu ini juga di kenal karena kemampuannya untuk meningkatkan penglihatan mata, terutama pada malam hari atau ruang gelap.

Beberapa hasil penelitian kecil juga telah meneliti bahwa efek dari buah beri ini pada penglihatan malam, akan tetapi bahwa manfaat ini tidak didukung oleh bukti yang cukup kuat.

Beberapa hasil studi penelitian lainya juga mengujicobakan 2 tahun pada orang dengan glaukoma, suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya penglihatan secara bertahap, menemukan bahwa mengonsumsi 120 mg bilberry anthocyanin setiap hari meningkatkan fungsi visual sekitar 30%, sedangkan kelompok plasebo mengalami fungsi visual yang memburuk.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

7. Meningkatkan fungsi otak

Berry satu ini diklaim juga dapat meningkatkan fungsi kinerja otak bagi yang mengkonsumsinya. Suplemen Bilberry bubuk di klaim memiliki terkaitan dengan peningkatan memori jangka panjang pada orang dewasa yang lebih tua .

Namun kamu bisa mengkonsumsinya secara secara segar untuk medapatkan kandungan nutrisi secara langsung, akan tetapi harus juga dengan menjaga kebersihan.

Walau Bilberry memiliki kemampuan dalam menjaga kesehatan otak, penelitian masih terus diperlukan untuk mengetahui dampak lebih terhadap kandungan yang ada. Sumber [2*]

8. Menangkal radikal bebas 

Salah satu penyebab kerusakan jaringan sel dan penyakit berbahaya di tubuh adalah radikal bebas. Beberapa dampak radikal bebas terhadap tubuh meliputi stres oksidatif, artritis, penyakit iskemik (stroke dan sakit jantung), tekanan darah tinggi, preeklamsia, Alzheimer, dan banyak lagi.

Salah satu penangkal radikal bebas ialah dengan perbanyak mengkonsumsi makan-makanan yang kaya antioksidan, vitamin dan tentu saja bernutrisi tinggi.

Antioksidan pada sayur dan buah sangat berperan penting dalam mencegah kerusakan sel, dan sekaligus meregenerasi sel-sel tubuh yang telah rusak agar kembali menjadi sehat.

Untuk itu jika kamu mengkonsumsi buah Bilberry, maka salah satu manfaat yang akan kamu dapatkan ialah mencegah kerusakan tubuh yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

9. Mencegah masalah pencernaan

Bilberry adalah buah yang baik untuk pencernaan, selain kaya akan kandungan serat yang bisa melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit, beberapa kandungan di dalamnya mampu mencegah beberapa infeksi.

Salah satunya ialah dapat mencegah kolitis ulserativa yaitu suatu penyakit radang usus kronis yang menyebabkan peradangan di saluran pencernaan.

Selain itu hasil sebuah studi tabung menunjukkan bahwa bilberry mungkin memiliki efek antimikroba terhadap bakteri yang berpotensi berbahaya, seperti Salmonella dan Staphylococcus aureus.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah Bilberry untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya. Baca informasi lainnya mengenai berry di healty99.com.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i