CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Sejumlah Manfaat Dan Efek Samping Dari Mengkonsumsi Kayu Secang - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Sejumlah Manfaat Dan Efek Samping Dari Mengkonsumsi Kayu Secang

gambar minuman rebusan teh kayu secang
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Kayu secang merupakan penyebutan untuk batang tanaman dengan nama ilmiah Caesalpinia sappan yang diketahui masih satu keluarga dengan jenis kacang-kacangan atau polong.

Di beberapa daerah di Indonesia, tumbuhan satu ini memiliki banyak penyebutan salah satunya ialah pohon sepang, supa, cacang, sapang, hinianga, suou, sepel, sopang, roro dan sema.

Sedangkan untuk pemanfaatan, Caesalpinia sappan lebih sering digunakan bagian kayunya sebagai obat tradisional dan pewarna alami. Namun tentunya telah dilakukan pengolahan terlebih dahulu dengan cara dikeringkan.

Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan

Perlu kamu ketahui, manfaat tanaman satu ini didasari akan beberapa kandungan yang ada didalamnya.

Beberapa kandungan senyawa kayu secang tersebut ialah berupa brazilin (zat warna merah), chalcone, asam tanat, asam galat, saponin, polifenol, flavonoid, tanin dan beberapa senyawa lainnya yang bersifat antioksidan bagi tubuh.

Mengkonsumsi kayu secang dalam bentuk rebusan alias teh herbal secara teratur diketahui memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya adalah :

1. Mencegah penyakit gula darah

Penyakit gula darah dan diabetes merupakan gangguan kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh, karena bisa memicu beragam komplikasi pada tubuh.

Oleh karenanya penting bagi kamu untuk mencegah naiknya gula darah berlebih dengan mengurangi makanan dan minuman yang manis.

Selain itu, dalam bentuk mencegah penyakit gula darah dan diabetes, kamu juga bisa mengkonsumsi sesekali rebusan kayu secang. 

Karena beberapa penelitan mengungkap bahwa tanaman satu ini bisa membantu mengontrol dan mengurangi peningkatan kadar gula darah pemicu diabetes dalam tubuh.

2. Mencegah beragam peradagan

Beberapa gejala peradangan yang terjadi pada dalam dan luar tubuh diyakini bisa dikurangi dengan tanaman herbal satu ini.

Salah satu bentuk peradangan tersebut ialah nyeri sendi, kram otot, badan kurang enak serta beberapa peradangan pada kulit terkait bisul dan jerawat.

Kamu bisa mengkonsumsinya dalam bentuk teh untuk mendapatkan khasiat dari dalam tubuh, atau menggunakanya dengan cara membasuh pada permukaan kulit untuk luar tubuh.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Beberapa gangguan pencernaan sering diakibatkan karena mengkonsumsi makan dan minuman yang sudah terkontaminasi kuman dan kotoran.

Kayu secang diketahui memiliki kandungan senyawa yang bersifat antibakteri alami yang memungkinkan dapat membunuh dan mengurangi pertumbuhan bakteri didalam tubuh.

Hal inilah yang memungkinkan membuat tanaman secang bisa membantu mengatasi gangguan pada sistem pencernaan terkait infeksi kuman dan bakteri seperti Streptococcus, Salmonella, dan E. coli.

4. Menurunkan tekanan darah

Caesalpinia sappan telah diteliti mempunyai kandungan folifenol yang cukup tinggi dan mampu bersifat sebagai salah satu antioksidan bagi tubuh.

Sebuah hasil studi menunjukkan beberapa terapi mengkonsumsi antioksidan dalam jumlah cukup dapat membantu menurunkan tekanan darah berlebih.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Karena memiliki sejumlah antioksidan cukup tinggi, hal inilah yang diyakini juga bahwa manfaat kayu secang memiliki kemampuan dalam mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel kanker.

Seperti kita ketahui, antioksidan merupakan senyawa yang mempunyai fungsi dalam melawan efek dari paparan radikal bebas, salah satu pemicu penyakit kanker.

6. Menjaga daya tahan tubuh

Mengkonsumsi rebusan kayu secang yang dicampur dengan beberapa sendok madu, diketahui mempunyai manfaat lebih dalam menjaga daya tahan tubuh.

Sehingga hal tersebut memungkinkan kamu dapat terhindar dari serangan penyakit seperti flu, batuk, demam, kurang enak badan dan sebagainya.

7. Mengatasi gangguan alergi

Ekstrak dari tanaman Caesalpinia sappan mempunyai kandungan senyawa berupa chalcone, yaitu salah satu zat yang dapat membantu mengurangi reaksi alergi pada tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat kayu secang untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui.

Efek Samping Kayu Secang

Walau tanaman satu ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh, namun ada baiknya kamu jangan terlalu banyak mengkonsumsi. Hal ini bertujuan untuk menghidari efek samping negatif atau bahaya yang bisa saja terjadi. 

Menurut beberapa studi penelitian, belum diketahui efek samping yang berarti bagi tubuh jika terlalu banyak mengkonsumsi ekstrak dari secang.

Akan tetapi jika melihat dari beberapa kandungan yang terdapat pada kayu secang tersebut, adapun beberapa kondisi tertentu yang sebaiknya di hindari, seperti :

1. Tidak untuk ibu hamil

Ibu (wanita) hamil dan sedang dalam kondisi menyusui bayi ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi rebusan teh secang.

2. Penderita anemia

Menurut Compendium of Materia Medica, seseorang yang mengalami kekurangan darah alias darah rendah dan penderita anemia sebaiknya menghindari mengkonsumsi ekstrak Caesalpinia sappan dalam bentuk apapun.

3. Sakit perut akut

Walau pada dasarnya rebusan kayu secang bisa membantu mengatasi beberapa gangguan pencernaan seperti sakit perut, namun jika di konsumsi secara berlebihan justru bisa berefek sebaliknya.

Pasalnya beberapa kandungan senyawa pada tanaman Caesalpinia sappan dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan jika terlalu banyak dikonsumsi.

Terlebih lagi jika kamu seseorang yang memang sudah memiliki gangguan pada pencernaan atau sering mengalami sakit perut.

Note : Singkatnya, Caesalpinia sappan alias secang memang memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Jika hal tersebut dikonsumsi dalam kondisi yang benar dan tidak berlebihan 

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel