CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 8 Rekomendasi Tanaman Karpet Untuk Aquascape yang Cantik - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

8 Rekomendasi Tanaman Karpet Untuk Aquascape yang Cantik

gambar tanaman aquascape
Sumber foto : pixabay/Arcaion
Healty99 - Tanaman karpet untuk aquascape memiliki banyak varian dan jenis. Oleh karena itu jika kamu hendak menghias tangki akuarium, maka pertimbangkan tanaman apa yang akan kamu gunakan.

Sehingga nantinya akan menghasilkan penampilan yang menarik sekaligus cantik. Jangan sampai kamu salah pilih yang mana justru tidak sesuai dengan konsep kenginan alias tidak sesuai realita.

Pasalnya untuk mendapatkan tanaman karpet aquascape hingga tampil cantik dibutuhkan waktu dan perawatan yang tidak mudah, terutama dari segi pemberian cahaya, pupuk hingga keperluan C02 yang tepat.

Baca juga : Tanaman Hias Aquascape Tanpa CO2 Disekitar Kita

Rekomendasi Tanaman Air Karpet Untuk Aquascape

Daripada panjang lebar, langsung saja. Berikut beberapa rekomendasi tanaman air yang bisa kamu gunakan sebagai karpet aquascape.

1. Mini dwarf

gambar tanaman Mini dwarf
Sumber foto : fadalisha-handmadebag.blogspot.com
Yang pertama ada mini dwarf, ini adalah tanaman air berukuran kecil dan sangat populer digunakan sebagai kapet atau permukaan dasar tangki akuarium.

Mini dwarf dapat tumbuh subur dan rapat dengan cepat dibawah pencahayaan yang sedang, bahkan kamu tidak perlu mengijeksi CO2.

Saat tumbuh secara rimbun mini dwarf akan terlihat cantik, namun pertumbuhan yang cepat membuat daunnya menjadi memanjang dan memiliki umur rata-rata 3 sampai 4 bulan (tergantung bibit).

Baca juga : 16 Tanaman Air Untuk Akuarium Disekitar Kita

2. Lilaeopsis brasiliensis

gambar Lilaeopsis brasiliensis
Sumber foto : pinterest
Lilaeopsis brasiliensis atau dikenal juga dengan nama micro sword. Jenis satu ini memiliki ukuran panjang maksimal 7 cm, dengan daun memanjang seperti rerumputan liar yang biasa kita temui di tanah.

Dari segi perawatan, pada dasarnya micro sword tidak terlalu rewel. Namun ia memerlukan pupuk yang baik, pencahayaan tinggi serta harus di suplai CO2 untuk hasil lebih baik.

Baca juga : 18 Tanaman Air Untuk Hiasan Akuarium

3. Micranthemum tweediei / Monte Carlo

GAMBAR TANAMAN Micranthemum tweediei / Monte Carlo
Sumber foto : aquariumbreeder
Micranthemum tweediei adalah salah satu tanaman air yang banyak digunakan oleh pecitanya aquascape sebagai karpet dasar.

Bentuk daun yang membulat dan tumbuh secara merayap terlihat sangat cantik jika dalam kondisi rimbun alias subur.

Micranthemum tweediei (monte carlo) setidaknya memerlukan pencahayaan yang medium hingga high, bahkan ia juga perlu inject CO2 agar lebih cepat menyebar menjadi karpet.

4. Java moss

gambar tanaman java moss
Sumber foto : fishkeepingproject
Berikutnya ada java moss (Taxiphyllum barbieri). Siapa yang tidak tahu dengan java moss, ini adalah tanaman air yang paling banyak digunakan sebagai hiasan dalam akuarium.

Java moss kerap di jadikan bonsai, walaupun begitu ia juga bisa kamu gunakan sebagai karpet.

Lagipula dari segi perawatan seperti pencahayaan dan CO2 java moss tidak terlalu dibutuhkan. Sehingga sangat cocok buat kamu yang pemula atau baru pertama kali ingin menghias aquascape.

5. Marsilea minuta

gambar Marsilea minuta
Sumber foto : pinterest
Marsilea minuta atau dikenal juga dengan nama clover air alias dwarf water clover. 

Tanaman satu ini diketahui berasal dari kawasan Asia dan Afrika, yang mampu tumbuh pada dua kondisi alam yaitu di darat dan di air.

Clover air pada sebenarnya memiliki pertumbuhan lambat dan tingkat perawatan yang medium. Akan tetapi ia membutuhkan pencahayaan tinggi dan inject CO2 yang cukup agar tumbuh dengan baik.

6. Hemianthus callitrichoides

gambar tanaman air Hemianthus callitrichoides
Sumber foto : aquascapinglove
Tanaman karpet untuk aquascape berikutnya adalah hemianthus callitrichoides, atau dikenal juga dengan nama HC cuba alias dwarf baby tears.

Ukuran daunnya yang kecil membuat HC cuba terlihat sangat menarik, terlebih lagi jika ia telah tumbuh subur dan padat didalam tangki aquarium kamu.

Akan tetapi sayangnya HC cuba memiliki tingkat perawatan yang cukup sulit, serta membutuhkan inject CO2 dan pencahayaan yang baik.

7. Utricularia graminifolia

gambar tanaman air Utricularia graminifolia
Sumber gambar : theaquariumguide
Ini adalah jenis tanaman air yang berasal dari kawasan Asia. Dengan bentuk daun sekaligus batang memanjang sekitar 7 sampai 10 cm, sekilas utricularia graminifolia terlihat seperti ilalang.

Untuk tampil lebih menarik utricularia graminifolia biasanya harus dipotong secara rutin, sehingga panjang daun bisa sama rata.

Selain itu, agar dapat tumbuh dengan baik ia memerlukan asupan CO2 serta pencahayaan yang sedang.

8. Hairgrass

gambar tanaman hairgrass
Sumber foto : pinterest
Hairgrass (Eleocharis accicularis), salah satu tanaman air yang kerap dijadikan karpet oleh kebanyakan pencinta aquascape.

Hairgrass memiliki ukuran panjang 3 sampai 5cm, dengan bentuk seperti rambut atau ilalang liar setebal 1 hingga 2 mm.

Untuk tumbuh dengan maksimal serta tampak subur hijau, harigrass memerlukan tingkat cahaya sedang dan adanya tambahan CO2.

Nah, itulah beberapa tanaman karpet untuk aquascape yang bisa kamu gunakan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar aquarium.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel