CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Beberapa Tanaman Hias Aquascape Tanpa CO2 di Sekitar Kita - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Beberapa Tanaman Hias Aquascape Tanpa CO2 di Sekitar Kita

gambar tanaman hias aquascape anubias
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Mempercantik tangki aquascape memang menyenangkan, terlebih lagi menambahkan sejumlah kecil tanaman didalamnya sebagai salah satu elemen. Selain dapat memperindah, manfaatnya bagi si ikan juga ada banyak.

Namun tentu tidak semua tanaman aquascape dapat dipelihara dengan mudah, karena ada beberapa jenis yang memerlukan perawatan spesial.

Salah satu bentuk perawatan tersebut ialah penambahan gas CO2 (karbon dioksida), walau secara alamiah biasanya gas CO2 diproduksi oleh ikan dalam tangki kamu, akan tetapi terkadang kapasitasnya tidak tercukupi.

Baca juga : Akar Dan Kayu Aquascape Di Sekitar Kita

Terlebih lagi jika kamu menambahkan tanaman dalam jumlah banyak, maka bukan tidak mungkin nantinya tanaman tersebut akan memiliki pertumbuhan yang buruk dan pada akhirnya bisa mati.

Tanaman Aquascape Tanpa CO2 Disekitar Kita

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, pasalnya masih ada banyak tanaman hias air yang bisa hidup tanpa inject CO2 disekitar kita, bahkan mungkin saya ada di dekat rumah kamu.

Penasaran apa aja itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga : 16 Tanaman Air Di Sekitar Kita Untuk Akuarium

1. Cabomba caroliniana

tanaman air Carolina fanwort (Cabomba caroliniana)
Sumber foto : aquaria

Yang pertama ada cabomba caroliniana atau dikenal juga dengan nama cabomba caroliniana dan cabomba hijau.

Cabomba caroliniana merupakan jenis tanaman air yang termasuk dalam kategori herba abadi. Ia diketahui berasal dari kawasan Amerika Utara dan Selatan.

Cabomba tidak memerlukan sejumlah CO2 yang tinggi untuk tumbuh, mereka dapat bertahan dan sudah cukup hidup mengandalkan CO2 dari ikan-ikan kecil atau udang.

Baca juga : 18 Rekomendasi Tanaman Aquascape

2. Bacopa monnieri

Bacopa monnieri tanaman air
Sumber foto : istockphoto

Berikutnya ada bacopa monnieri, salah satu tanaman merambat yang diketahui berasal dari banyak kawasan dan umum dijumpai di alam liar sekitar kita.

Bacopa monnieri termasuk semi air, yaitu dapat hidup di air dan di tanah. Terkadang jika diletakan pada akuarium mereka akan tumbuh hingga keluar dari air.

Dari segi kebutuhan CO2 bacopa monnieri masuk dalam kategori sedang, serta dapat tumbuh subur dengan pencahayaan yang sedang.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena mereka juga bisa menyuplai pemasukan CO2 dari udara.

3. Hydrilla

gambar tanaman hidrilla
Sumber foto : istockphoto
Hydrilla merupakan tumbuhan air yang hidup memanjang, kamu bisa menemukan hydrilla di sekitar tempat tinggal yang memiliki aliran air, termasuk itu sungai, sawah, kanal dan kolam.

Hydrilla mampu tumbuh subur dan bahkan sangat cepat, sekalipun itu dengan pencahayaan yang redup serta kekurangan CO2.

4. Ganggeng/lumut tanduk

tanaman air Lumut tanduk (Ceratophyllum demersum)
Sumber foto : aquasnack

Tanaman aquascape tanpa CO2 disekitar kita selanjutnya ada ganggeng (Ceratophyllum demersum).

Ganggeng memiliki beberapa penyebutan, salah satunya ialah hornwort, hornwort kaku, lumut tanduk, coontail dan ekor coon.

Ia juga termasuk dalam tanaman yang mudah dirawat, sehingga sangat cocok buat kamu yang pemula dalam memelihara akuarium.

5. Enceng gondok

enceng gondok
Sumber foto : istockphoto
Siapa yang tidak tahu dengan enceng gondok, ini adalah tanaman air mengapung yang sangat mudah di temukan di lingkungan sekitar kita.

Walau secara habitat liar enceng gondok di cap sebagai hama, namun sebenarnya ia   dapat kamu jadikan hiasan dalam tangki akuarium loh.

Perawatanya juga tidak terlalu sulit, bahkan kamu tidak memerlukan inject gas CO2.

6. Teratai

gambar tanaman teratai di kolam
Sumber foto : pixabay/Couleur

Berikutnya ada teratai, salah satu tumbuhan air yang tidak membutuhkan CO2 berlebih untuk tumbuh dan keberadaanya juga ada banyak di sekitar kita.

Teratai sebenarnya bisa saja kamu jadikan tanaman hias air untuk aquascape, namun sayangnya pertumbuhan teratai cukup cepat sehingga memerlukan ukuran tangki yang sedikit lebih besar untuk memeliharanya.

7. Selada air

Pistia stratiotes tanaman air apu apu

Pistia stratiotes (Water Lettuce), selada air sedikit berbeda dengan tumbuhan selada pada umumnya yang kita kenal, seladai air memiliki permukaan daun yang anti air alias tidak bisa basah.

Lagi pula selada air juga tumbuh diatas permukaan air (mengapung) yang membuatnya sama seperti enceng gondok.

Selada air tdiak membutuhkan injeksi CO2 dalam pertumbuhan, mereka bisa menyerap langsung dari udara terbuka.

Nah, itulah sejumlah tanaman air aquascape tanpa CO2 dan ada disekitar rumah kita.

Baca terus informasi lainnya di healt99.com seputar akuarium.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel