CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penyakit yang Sering Menyerang Ikan Louhan dan Cara Mengatasinya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penyakit yang Sering Menyerang Ikan Louhan dan Cara Mengatasinya

gambar ikan louhan
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Louhan (Flowerhorn cichlid) merupakan salah satu dari sekian banyak ikan hias terpopuler. Ia dikenal karena memiliki warna sisik yang cerah, menawan dan memiliki keunikan pada bagian kepala yang terlihat mempunyai sanggul atau jenong.

Ikan dengan kepala menonjol ini pertama kali di ditemukan di Malaysia sekitar 1993, yang kemudian di bawa ke Taiwan. 

Dengan berjalanya waktu, terus di lakukan persilangan sehingga menghasilkan jenis baru yaitu Louhan.

Ikan dengan persona cantik ini sangat populer di kalangan orang Asia, terutama Taiwan karena di anggap sebagai ikan pembawa keberuntungan. 

Nah jika kamu sedang memelihara ikan Louhan, pastikan selalu memperhatikan kesehatan mereka, jangan sampai ikan kesayangan menjadi sakit .

Penyakit Ikan Louhan

Ikan Louhan yang sehat akan terlihat menarik dan aktif bergerak, berdeda dengan yang sakit karena akan terlihat murung dan susah makan. 

Untuk itu penting bagi kamu mengetahui ciri-ciri gejala ikan yang terserang penyakit, agar bisa lebih cepat dalam memberi penanganan. 

Berikut beberapa indikasi penyakit louhan tersebut :

1. Bintik putih atau Ich 

White Spot atau Bintik Putih. Sesuai dengan namanya, gejala ini timbul dengan di tandai bintik-bintik kecil pada tubuh ikan. 

Beberapa Louhan terkadang mengalami bintik putih pada sekujur tubuh sehingga mengubah prilaku menjadi lesu atau kurang aktif.

Penyakit ini juga kerap terjadi pada ikan yang mempunyai kualitas air yang buruk. 

Kualitas air yang buruk dapat merangsang dengan cepat pertumbuhan parasit dan jamur menempel pada semua jenis ikan, bahkan kasus terparah bisa menyebabkan kematian.

Cara mengatasinya ialah dengan rutin membersihkan akuarium paling lama seminggu sekali.

Pembersihan dapat dengan menganti separuh dari kapasitas air di akuarium secara berkala dan membersihkan alga pada dinding kaca. 

Selain itu penting memberikan antibiotik dan obat pada ikan yang terinfeksi.

2. Pembengkakak area mulut atau bisulan

Penyakit yang sering timbul pada Louhan berikutnya ialah pembengkakan pada area mulut, atau biasa di sebut bisulan. 

Masalah ini timbul karena adanya luka pada area mulut, infeksi jamur dan bakteri.

Gejala satu ini sebenarnya bisa diatasi, namun jika tidak di lakukan dengan cepat maka pembengkakan akan terus memebesar hingga menjadi peradangan. 

Bahkan tahap lebih parah bisa memicu kematian pada ikan Louhan itu sendiri.

Cara mengobatinya ialah pisahkan ikan yang terkena penyakit bisul pada tempat terpisah, setelah itu beri obat antibiotik sebagai treatment. 

Jika penyakit mulai menghilang atau berangsur membaik, segera beri ikan dengan makanan penuh gizi untuk mengembalikan energi selama masa penyembuhan.

3. Luka gores

Sebenarnya ini bukanlah sebuah penyakit, melainkan ini dapat terjadi karena di sebabkan perkelahian sesama ikan Louhan itu sendiri, terkena benda tajam di dalam akuarium atau sedang masa kawin.

Bahkan ikan yang terlalu agresif dengan sesama jenis bisa menjadi salah satu penyebab luka, dan paling banyak terjadi pada bagian tubuh serta siripnya. 

Tak jarang dari luka tersebut membuat ikan tampak cacat dan menjadi kurang semangat.

Untuk keadaan ini sebaiknya kamu memberi penanganan khusus dengan memisahkan kedua ikan di tempat berbeda.

Selain itu memberi pengobatan terhadap ikan Louhan yang terluka agar tidak terkena infeksi dan penyakit.

Pemberian pakan yang bernutrisi juga penting untuk mengembalikan tubuh yang terluka agar cepat sembuh.

4. Jamur pada bagian tubuh

Coba kamu amati ikan hias Louhan yang kamu punya, apakah ada indikasi jamuran pada bagian tertentu seperti sirip, sisik ekor dan bagian mulut. 

Ciri-ciri gejala jamuran tersebut dapat di tandai dengan bercak putih yang tidak rata.

Masalah ini kerap timbul jika kondisi air dalam akuarium tidak bersih, sehingga jamur bisa menginfeksi ikan. 

Walau pada akhirnya bisa di atasi dengan mudah, namun hal ini harus di tangani dengan cepat supaya tidak benyebar ke area lain.

Cara mengatasi penyakit jamuran pada ikan louhan bisa dilakukan dengan menaburkan garam ke akuarium, atau bisa juga menggunakan obat pembasmi jamur dengan takaran yang sesuai.

5. Stres

Stres pada ikan louhan adalah masalah yang serius loh, karna bisa memnyebabkan nafsu makan berkurang dan ikan menjadi kurang berisi. 

Ciri-ciri gejala ikan Louhan yang stres dapat di tandai dengan pergerakan yang tak tentu arah, nafsu makan berkurang, takut kehadiran manusia, warna ikan berubah dan bisa menjadi pudar, hingga berprilaku aneh.

Jika hal ini terjadi kamu harus mengatasi secepat mungkin, caranya yaitu bisa dengan memindahkan ke akuarium karantina yang lebih besar, menjaga suhu akuarium tetap stabil, memberi suplai oksigen yang cukup dan pakan yang di sukai.

6. Hole in the head

Penyakit ikan Louhan selanjutnya ialah adanya lubang di bagian kepala atau bagian jenong Louhan. 

Belum di ketahui secara pasti apa penyebab terjadinya masalah ini, namun beberapa teori mengatakan ada faktor protozoa Hexamita sp yang menjadi biang masalah.

Hexamita di katakan menyedot nutrisi l pada bagian tertentu tubuh, sehingga ikan tersebut kekurangan nutrisi dan kepalanya jadi berlubang. 

Namun hal ini tidak bisa menjadi acuan pasti, karena tidak semua penyakit hole in the head ini disebabkan oleh Hexamita sp.

Untuk itu pencegahan adalah hal yang terbaik, salah satunya dengan rutin membersihkan akuarium, rutin memeriksa fisik ikan, memberi pakan yang bergizi serta memberi treatment yang dibutuhkan.

Nah cukup sampai di sini pembahasan mengenai penyakit yang sering menyerang Louhan, gejala dan cara mengatasinya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hal menarik. 

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel