CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Saat Masuk Google Crome, Youtube, Gmail Sering Keluar Sendiri di Android - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Saat Masuk Google Crome, Youtube, Gmail Sering Keluar Sendiri di Android

gambar macbook membuka googe
Sumber foto : pixabay/377053
Healty99 - Saat masuk Google Crome, Youtube dan akun Gmail ponsel sering keluar sendiri atau aplikasi terhenti secara tiba-tiba. Memangnya apasih penyebabnya? Mungkin kamu sering mendapati permasalah tersebut atau malah sedang mengalaminya.

Jika ia, tidak perlu risau karena ada beberapa penyebab Google Crome, Youtube dan akun Gmail keluar sendiri saat dibuka.

Kendala satu ini kerap terjadi dibeberapa jenis android seperti Huawei, Samsung, OPPO, Vivo, Xiaomi, Realme dan beberapa merek lainnya.

Yang padahal beberapa aplikasi lain tidak ada kendala alias masih bisa dibuka.seperti biasa dan berjalan normal.

Penyebab Google Crome, Youtube dan Gmail Error

Sebelum kamu berpikir yang tidak-tidak akibat kendala yang sedang kamu alami, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu sebelumnya.

Kegiatan apa saja yang kamu lakukan saat menggunakan ponsel, apakah itu bermain game, menghapus file, mendownload file dan sebagainya.

Dengan kamu mengetahui hal tersebut, tentu dapat mempermudah kamu dalam memperbaiki, sehingga tidak perlu ke konter untuk servis.

Namun jika kamu masih bingung, mungkin berikut ini beberapa penyebab Google Crome, Youtube dan Gmail error bisa terjadi di android kamu.

1. Penyimpanan internal penuh

Setiap ponsel setidaknya memiliki 3 ruang penyimpanan, salah satunya ialah internal memori, phone memory dan eksternal memori.

Walaupun begitu tidak menutup kemungkinan semua penyimpanan tersebut akan penuh, terlebih lagi jika ponsel yang kamu miliki mempunyai kapasitas penyimpanan yang kecil.

Sehingga dengan mendowload file yang memakan ruang atau game online yang memiliki data dalam besar, bukan tidak mungkin penyimpanan internal akan cepat penuh dan menyebabkan beberapa aplikasi tidak bisa berkerja dengan normal bahkan menyebabkan kemacetan, lag atau freeze, hang hingga keluar sendiri.

2. Banyak sampah atau cache 

Penyebab lainnya Google Chrome, Youtube dan Gmail orror dan keluar sendiri adalah karena banyak tumpukan file sampah yang tersimpan.

File sampah tersebut dapat berupa riwayat pencarian, cache/cookie/history, spam email dan lain sebagainya.

File ini akan tersimpan dan menjadi riwayat pencarian, kamu bisa mengeceknya melalui menu pengaturan atau managemen aplikasi untuk menghapus.

2. Aplikasi minta diperbarui

Setiap aplikasi, baik itu Google, Youtube dan sebagainya pasti selalu diupdate ke versi yang baru.

Walau memang terkadang kita lebih nyaman menggunakan versi lama, namun kemungkinan versi tersebut tidak bisa lagi digunakan untuk kedepanya. 

Sehingga jika kamu tidak mengikut versi terbaru, kemungkinan besar aplikasi tersebut akan gagal beroperasi dan keluar sendiri.

3. Terdapat file corrupt

Perlu kamu ketahui, file corrupt ialah file tidak bisa lagi terbuka atau rusak, masalah ini biasanya di sebabkan oleh malware, virus, kesalahan update, sistem operasi yang rusak, dan ada problem pada perangkat keras ponsel kamu.

Namun dalam hal ini biasanya jarang terjadi pada Google, Yt, dan Gmail, terkecuali penyebabnya karena kerusakan hardware.

4. Malware

Penyebab terhentinya aplikasi atau keluar sendiri dapat juga di karenakan serangan malware atau virus.

Virus atau malware tersebut bisa masuk ke dalam sistem smarphone kamu dengan banyak cara, baik itu dari dowload file ilegal, situs yang kamu akses, kirim file dari perangkat lain dan beberapa jalur yang tidak kita ketahui sebelumnya.

Jika android kamu sudah terserang malware, bukan tidak mungkin segala bentuk sistem operasi baik itu aplikasi dan ponsel dapat terhenti atau tidak bekerja semestinya.

5. Perangkat error

Tidak serta merta penyebab error ada pada aplikasi android, namun terkadang sistem operasi android itu sendiri bisa juga mengalami kendala atau masalah.

Seperti terjadinya error pada sistem operasi android, tentu hal tersebut akan berpengaruh pada semua fitur di dalamnya, termasuk dalam mengoperasi aplikasi.

Sehingga aplikasi, Google Crome, Youtube dan bahkan Gmail dapat terhenti secara tiba-tiba dan keluar sendiri.

6. Menghapus file besar

Tahukah kamu, menghapus file besar seperti aplikasi yang memakan banyak ruang dan game yang memiliki data dalam besar bisa menyebabkan terganggunya sistem operasi android kamu.

Masalah ini biasa terjadi pada smarphone yang memiliki penyimpanan kecil namun memaksakan menyimpan file besar pada bagian internal.

Sehingga menghapus file besar tersebut terkadang memakan waktu dan bisa mengganggu kinerja android sementara waktu.

Cara Mengatasi Google Crome, Youtube dan Gmail Sering Keluar Sendiri

1. Tunggu beberapa waktu

Cara sederhana yang bisa kamu lakukan ialah, cobalah untuk tidak terlalu khawatir dan diamkan ponsel kamu untuk sesaat.

Saya sering mendapati ponsel yang Google Crome, Yt dan Gmailnya sering keluar sendiri secara tiba-tiba saat dibuka akibat sebelumnya menghapus file besar.

Ponsel tersebut sebelumnya menghapus beberapa game berat seperti Mobile Legend, PUBG, Genshin Impact dan game sejenis. Lalu mengalami lag, freeze serta hang.

Dan seketika saat akan membuka Youtube, Gmail bahkan Crome saja tidak bisa alias keluar sendiri, yang padahal aplikasi lain tidak ada masalah dan dapat dibuka.

Mengapa demikian? Masalah ini dikarenakan ponsel kamu sedang melakukan proses penghapusan data dalam alias membersihkan penyimpanan internal.

Namun kamu tidak perlu khawatir, biasanya ini akan kembali normal saat proses penghapusan selesai.

Berdasarkan pengalaman, proses tersebut bisa memakan waktu tergantung dari ponsel yang kamu miliki, terkadang bisa cepat dalam hitungan menit bahkan bisa beberapa jam.

Terakhir saya mendapati problem seperti ini selesai 2 hingga 3 hari kemudian dengan hanya mendiami ponsel alias tidak dipakai, baru setelah itu Google Crome, Youtube dan Gmail dapat dibuka dan digunakan tanpa ada kendala.

2. Restart ponsel

Untuk semua jenis Hp yang mengalami permasalahan tersebut, baik itu HP OPPO, Xiaomi, Lenovo, Samsung, Advan, Asus, Redmi, Realme, Vivo, Huawei dan beberapa tipe lainnya.

Cobalah untuk melakukan restart ulang terlebih dahulu, karena beberapa kasus hanya dengan merestart ulang ponsel masalah bisa teratasi.

Carilah opsi restart disistem pengaturan smartphone kamu lalu nyalakan ulang kembali.

3. Hapus chance dan file data Google Chrome

Cara ketiga kamu bisa lakukan hapus atau bersihkan chance atau history dan file data pada Google Crome kamu.

Banyaknya sampah atau file cache dan data dalam bisa menjadi salah satu faktor mengapa Google Crome sering keluar sendiri.

Begitupun dengan beberapa aplikasi lain, lakukan pembersihan atau mengapus data kemudian download ulang.

4. Paksa aplikasi berhenti

Menghentikan secara paksa aplikasi yang sedang berjalan force stop/force close, tujuanya ialah untuk menghemat penggunaan RAM penyimpanan internal ponsel kamu.

Sehingga berdapak pada kinerja ponsel yang menjadi lebih ringan dan meminimalisir terjadinya error saat penggunaan aplikasi kembali.

5. Reset ulang

Jika beberapa cara telah kamu lakukan namun tidak berhasil, langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan ialah lakukan reset ulang.

Dengan reset ke setelan pabrik (awal) tentu akan menghapus semua data dari ponsel kamu sekaligus mengoptimalkan kembali. 

Akan tetapi jadikan hal ini opsi terakhir, karena akan menghilangkan beberapa data yang mungkin saja penting bagi kamu.

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa Google Crome, Youtube, Gmail sering keluar sendiri dan cara mengatasinya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar teknologi.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel