CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 18+ Tanaman Air Untuk Hiasan Aquarium Agar Lebih Cantik - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

18+ Tanaman Air Untuk Hiasan Aquarium Agar Lebih Cantik

gambar tanaman air di akuarium
Sumber foto : pixabay/Amuljar
Healty99 - Apa sih untungnya memberikan tanaman hias air aquarium? Tanaman akuarium ternyata dapat berguna untuk menciptakan lingkungan yang lebih mirip dengan habitat alami dari si ikan hias loh. 

Tujuan lainnya secara tidak langsung berguna untuk menyesuaikan pH air, meningkatkan kadar oksigen dalam air, serta sekaligus dapat menjaga kesehatan ikan.

Nah, buat kamu yang bingung dan sedang mencari tanaman hias air untuk akuarium atau aquscape dirumah. Berikut beberapa rekomendasi dari saya dan sering di cari banyak orang.

Macam-Macam Tanaman Hias Akuarium

1. Anubias kerdil (Anubias nana)

gambar tanaman akuarium anubias nana
Sumber foto : Fsimplylianne
Anubias nana merupakan tanaman air bertangkai pendek dengan daun hijau tua, ia diketahui berasal dari kawasan asli Afrika Barat.

Ia mampu tumbuh dengan baik, baik itu seluruhnya atau sebagian terendam namun selama rimpangnya berada di atas substrat.

Varietas ini termasuk salah satu tanaman terkecil dalam genus anubias, ia hanya mampu tumbuh mencapai ketinggian maksimum sekitar 4 inci.

2. Pakis Jawa (Microsorum pteropus)

pakis jawa Microsorum pteropus
Sumber foto : Fowlaquascape.blogspot
Dinamakan begitu karena tanaman air satu ini ditemukan di pulau Jawa, Indonesia, namun pakis Microsorum pteropus juga bisa dijumpai di Malaysia, Thailand, India Timur Laut, dan beberapa bagian Cina.

Pakis Jawa termasuk yang mudah untuk dirawat dan memang banyak di cari sebagai hiasan umum di akuarium.

Dengan tumbuh sekitar 8 inci, pakis jawa dimanfaatkan sebagai tanaman air untuk latar belakang di tangki yang lebih kecil sebagai aksen.

3. Lumut uang/Moneywort (Bacopa monnieri)

Bacopa monnieri tanaman air
Sumber foto : istockphoto
Moneywort  juga dikenal sebagai hisop air, ini adalan tanaman air merambat yang populer dan awet yang berasal dari kawasan selatan dan timur India, Australia, Eropa, Afrika, Asia, dan Amerika Utara dan Selatan.

Moneywort dapat dipangkas dan di stek alias ditanam kembali pada substrat. Dalam beberapa kondisi, tanaman hias akuarium satu ini mampu tumbuh dengan cepat.

4. Parrot's feather (Myriophyllum aquaticum)

Myriophyllum aquaticum tanaman Parrot's feather
Sumber foto : istockphoto
Ini merupakan tanaman air abadi asli kawasan Sungai Amazon  Amerika Selatan, Parrot's Feather dapat dijumpai dan tumbuh pada sepanjang danau, sungai, dan saluran air alami lainnya.

Dengan tinggi maksimum hanya sekitar 16 inci, tanaman akuarium ini mempunyai daun seperti bulu. Disisi lain agar ia dapat hidup dengan subur, maka kamu membutuhkan cahaya langsung untuk bisa tumbuh dengan baik. 

5. Moss balls (Cladophora aegagropila)

tanaman Moss balls (Cladophora aegagropila)
Sumber foto : istockphoto
Moss Balls atau bola lumut, ini adalah sejenis alga yang tumbuh bulat dan cukup langka. Bentuknya yang indah, di ketahui ia berasal dari danau atau sungai di kawasan Jepang dan Eropa Utara.

Cladophora aegagropila mampu tumbuh di bebatuan atau mengambang bebas di air.

Bentuk yang bulat karena dipertahankan oleh gerakan lembut di dalam air, untuk itu harap memastikannya air berputar secara rutin di dalam tangki, karena ini akan akan membantu mempertahankan penampilanya.

6. Hawthorn (Aponogeton distachyos)

tanaman air Hawthorn (Aponogeton distachyos)
Sumber foto : pixabay/PollyDot
Salah satu tanaman hias akuarium yang mampu tumbuh subur pada akuarium besar. Di alam hawthorn termasuk jenis yang tidak aktif pada musim panas, ketika tempatnya tumbuh mengering, mereka akan mekar kembali di musim semi dan gugur.

Untuk itu hawthorn lebih suka suhu air yang lebih dingin dan tangki yang cukup luas. Pasalnya daunnya mengapung di permukaan air, dan berguna untu berteduh bagi ikan maupun tanaman air lainnya

7. Rumput/Umbrella hair grass (Eleocharis vivipara)

gambar tanaman air Eleocharis vivipara
Sumber foto : istockphoto
Jenis satu ini merupakan varian yang lebih tinggi dari beberapa rumput rambut kerdil lainnya untuk akuarium, Umbrella hair grass adalah tanaman air bertangkai tipis, kecil, tumbuh rimbun dan mampu tinggi sekitar 2 kaki.

Tanaman hias air satu ini dapat berkembang biak dengan subur melalui runner di substrat dan air yang kaya nutrisi serta cahaya yang tinggi.

Mungkin kamu bisa meletakanya pada akuarium atau aquascape dirumah sebagai hiasan latar belakang.

8. Amazon sword (Echinodorus bleheri)

tanaman air Amazon sword (Echinodorus bleheri)
Sumber foto : tropica
Echinodorus atau amazon sword merupakan salah satu genus tanaman air yang kuat yang lebih menyukai substrat atau media tanam padat nutrisi untuk berkembang.

Ia diketahui berasal dari Kuba, Amerika Tengah, dan Selatan. Amazon swod banyak dibudidayakan untuk keperluan kolam hias, aquarium serta lingkungan perairan buatan.

Jenis ini mampu tumbuh hingga 20 inci dengan daun hijau cerah.

9. Rumput air brasil/Brazilian waterweed (Egeria densa)

Egeria densa tanaman air hidrila
Sumber foto : istockphoto
Brazilian waterweed diketahui berasal dari kawasan bagian Amerika Selatan yang beriklim hangat termasuk beberapa tempat lainnya seperti Brasil, Uruguay, dan Argentina.

Ia terkadang di anggap sebagai gulma air, karena mampu tumbuh sangat banyak dalam tangki, terlebih lagi jika air yang kaya nutrisi dan cahaya terang.

Jika kamu ingin menjadikanya sebagai tanaman hias aquarium, maka harus pantau perkembanganya yang cepat.

10. Carolina fanwort (Cabomba caroliniana)

tanaman air Carolina fanwort (Cabomba caroliniana)
Sumber foto : aquaria
Carolina fanwort merupakan tanaman tahunan herba air yang berasal dari Amerika Utara dan Selatan, ia juga sering dikenal dengan nama cabomba hijau, fanwort, rumput ikan, atau rumput Washington.

Carolina fanwort dialam tumbuh berakar dengan substrat lumpur yang tergenang atau air mengalir lambat. Termasuk dibeberapa tempat seperti sungai, danau, kolam, rawa, dan parit.

Termasuk jenis yang mudah rapuh, pendek, terutama saat tunas baru muncul.

11. Elodea canadensis

tanaman air Elodea canadensis
Sumber foto : Colin Milkins / Getty Images
Elodea canadensis atau American waterweed, merupakan tanaman air abadi yang asli Amerika Serikat.

Ia termasuk gulma air dan hidup di lumpur atau di dasar air sebagai tanaman muda. Dalam kondisi tertentu, ia dapat tumbuh subur dan mencekik tanaman lain, karena bisa tumbuh mencapai panjang hingga 10 kaki.

Untuk itu mungkin perlu pemangkasan secara teratur jika ingin memeliharanya.

12. Vallisneria (Vallisneria gigantea)

gambar tanaman Vallisneria (Vallisneria gigantea)
Sumber foto : Juan Carlos Juarez Jaramillo
Ditemukan di kawasan tropis dan subtropis di seluruh dunia, vallisneria kerap disapa sebagai rumput pita atau rumput belut.

Ini karena ia memiliki bentuk yang simpel, daun linier yang tumbuh hingga 5 kaki, membentuk penutup padat pada permukaan air.

Daun cukup keras dan kuat, sehingga tidak di sukai ikan herbivora. Namun pertumbuhanya membutuhkan pemangkasan teratur untuk memungkinkan cahaya bagi tanaman air lainnya di dalam tangki. 

13. Hydrocotyle Jepang (Hydrocotyle tripartita)

Berasal dari kawasan Selandia Baru dan negara bagian Queensland, seperti New South Wales, dan Victoria di Australia.

Hydrocotyle tripartita termasuk tanaman air abadi ini memiliki daun hijau cerah. Para aquascaper Jepang membuat spesies hidrokotil satu ini menjadi terkenal.

Jika dibiarkan tumbuh dalam akuarium ia mampu hidup hingga ketinggian maksimum 10 inci di tengah atau latar belakang.

14. Lumut tanduk (Ceratophyllum demersum)

tanaman air Lumut tanduk (Ceratophyllum demersum)
Sumber foto : aquasnack
Hornwort merupakan tanaman hias air yang hidup terendam atau mengambang bebas, ia dapat di temukan dari semua benua terkecuali Antartika.

Tanaman akuarium satu ini populer dan dapat tumbuh hingga sekitar 10 kaki serta bisa menjadi lebih lebat dengan banyak jika dibiarkan tidak dipangkas.

Di alam liar Ceratophyllum demersum tumbuh di danau, kolam, dan sungai yang tenang.

15. Hygrophila (Hygrophila angustifolia)

gambar tanaman air hornwort
Sumber foto : Pro2sound
Asal dari kawasan Asia Tenggara, tanaman air satu ini juga bisa di temukan di seluruh dunia. Jika di alam ia dianggap sebagai gulma rawa biasa.

Hygrophila mampu tumbuh dan menyebar dengan cepat mencapai 2 kaki, sehingga kamu membutuhkan tangki setidaknya berukuran 10 galon.

Ikan mas adalah salah satu hewan yang sangat menyukai tanaman air ini, jadi bukan pilihan yang ideal jika ikan itu ada di akuarium yang sama.

16. Terompet Air (Cryptocoryne wendtii)

tanaman air Cryptocoryne wendtii
Sumber foto : shop.glassaqua
Water trumpet diketahui asal Sri Lanka, tanaman aquascape ini menyukai kondisi air yang sangat stabil, jadi harap berhati-hatilah saat ingin menanamnya.

Mungkin awal menanam tampak seperti mati, tetapi biasanya akan pulih setelah satu atau dua minggu.

Di alam Water trumpet biasanya mendiami sungai yang bergerak lambat dan kawasan hutan dataran rendah berair.

Selain itu tanaman air ini lebih sukadalam kondisi cahaya rendah namun dapat dipadati oleh tanaman lain.

17. Bambu hoki (Dracaena sanderiana)

gambar bambu hoki
Sumber foto : istockphoto

Bambu hoki dapat menjadi hiasa akuarium kamu loh, baik sepenuhnya atau sebagian terendam tidak menjadi masalah.

Berasal dari Afrika Tengah, tanaman ini sebenarnya tidak berkerabat dengan bambu, yang merupakan tanaman asli Asia.

Jenis satu ini cukup mudah ditemukan serta memiliki pertumbuhan yang cepat.

18. Spongeplant (Limnobium laevigatum)

tanaman Spongeplant
Sumber foto : en.wikipedia
Spongeplant  mengambang bebas ini berasal dari lingkungan air tawar Amerika Tengah dan Selatan, tetapi sekarang dapat di jumpai di beberapa kawasan Amerika Serikat dengan iklim yang lebih hangat.

Limnobium mampu membentuk tikar tebal pada permukaan air, sehingga bisa memberikan keteduhan di akuarium.

Nah, itulah beberapa tanaman hias air untuk akuarium. Kamu bisa menemukan beberapa di antaranya di toko aquascape atau di alam liar.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i