CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mengolah Biji Jambu Monyet dari Awal Hingga Bisa di Makan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Cara Mengolah Biji Jambu Monyet dari Awal Hingga Bisa di Makan

gambar biji kacang mete jambu monyet di kupas
Sumber foto : pixabay/yyoz
Healty99 - Bagaimana cara mengolah biji jambu mete (monyet) yang masih mentah? Buat kamu yang di sekitar rumahnya banyak tanaman (pohon) dengan nama ilmiah Anacardium occidentale, sebaiknya jangan di lewatkan begitu saja dengan membiarkanya membusuk di tanah.

Buah yang biasa kita sebut dengan nama jambu monyet atau jambu mete, mede ini mempunyai biji pada bagian ujungnya. Bijinya tersebut di kenal dengan nama kacang mete alias mede.

Biji mete bisa di konsumsi dan mempunyai rasa yang enak loh, namun tentu saja dengan melakukan pengolahan terlebih dahulu. Mulai dari pengupasan, pencucian hingga siap di makan.

Penasaran? Untuk itu, yuk simak di bawah ini cara mengolah biji (kacang) jambu mete atau monyet secara bertahap, mulai dari awal pemetikan di pohon yang masih mentah hingga siap makan.

Cara Mengolah Biji Jambu Monyet

1. Memisahkan biji kacang dari buah

Langkah pertama ialah kamu harus mengumpulkan biji jambu monyet yang berserakan di bawah batang pohon.

Biji atau kacang mete biasanya masih menempel pada daging buah, karena kita hanya membutuhkan bijinya saja jadi buahnya tidak kita ambil.

Namun, jika kamu sayang terhadap buahnya maka bisa mengolahnya menjadi makanan enak dengan membaca di lain artikel "Resep Olahan Buah Jambu Monyet".

Cara melepasnya biji atau kacang mete kamu cukup pelintir atau putar beberapa kali.

2. Kupas

Setelah terkumpul cukup banyak, langkah selanjutnya ialah penggupasan cangkang luarnya. Biji jambu monyet selalu di bungkus lapisan kulit cangkang yang keras, ini bisa kamu akali dengan menghancurkanya menggunakan batu.

Namun beberapa orang atau yang sering mengupas biji mete, mereka membuat alat khusus seperti parang yang kemudian di buatkan engsel pada balok kayu.

Pada bagian sisi tajam parang terdapat coakan kecil dengan bentuk mengikuti lekukan kulit kacang mete. Alat ini digunakan untuk membelah biji kacang menjadi dua agar mudah di kupas.

Jika tidak punya alatnya tidak masalah, cukup gunakan pisau tajam untuk membelah atau batu giling untuk memecah cangkang luar.

Catatan : Saat mengupas cangkang luar dari biji jambu monyet, sebaiknya kamu menggunakan alat pelindung tangan seperti sarung tangan plastik atau pembungkus lainnya.

Hal ini dikarenakan pada bagian cangkang terdapat getah, getah daripada jambu monyet bersifat korosif pada kulit manusia dan bisa melukai. "Bahaya Getah Jambu Mete"

3. Pisahkan kacang dari cangkang

Setelah biji jambu mete terbelah menjadi dua, langkah selanjutnya ialah memisahkanya dari cangkang yang keras.

Kamu bisa menggunakan benda runcing ataupun pisau yang memiliki ujung yang kecil.

4. Pengeringan

Berikutnya melakukan pengeringan. Pengeringan di tujukan untuk menghilangkan kadar air dan getah yang terkandung.

Kamu bisa mencuci kacang terlebih dahulu agar lebih bersih atau langsung saja di keringkan. 

Lama pengeringan biji kacang mete bisa berlangsung 3 sampai 5 hari (tergantung cuaca) dengan sinar matahari, atau bisa juga menggunakan alat pemanggang seperti oven.

Setelah kering bobot kacang akan berkurang cukup jauh. Sampai di sini kamu sudah bisa mengolahnya menjadi aneka makanan, baik itu di sangrai, goreng tanpa minyak atau di panggang.

Nah, itulah cara mengolah biji jambu monyet yang masih mentah dari awal hingga bisa di makan. 

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah jambu.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i