CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Sakit Perut Setelah Makan Buah Kuini (Mangga) - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Sakit Perut Setelah Makan Buah Kuini (Mangga)

gambar mangga kuini, kueni, kweni
Sumber foto : naviri.org
Healty99 - Kuini, kweni atau kueni. Ini adalah salah satu jenis buah mangga yang mempunyai ciri khas unik. Kuini mempunyai aroma harum yang sangat menyengat, mempunyai rasa yang sangat manis, lezat serta sedikit cipratan rasa pahit (saat kondisi matang sempurna).

Bagi yang mencium aroma mangga kuini, pasti akan langsung mencari sumbernya berasal. Tidak hanya enak dimakan secara langsung saat sudah matang, namun buah satu ini juga mudah di olah menjadi aneka kudapan.

Akan tetapi, alih-alih ingin menikmati secara puas mangga kueni, sebagian orang justru malah mengalami gejala sakit perut. Atau bahkan kamu sendiri pernah mengalami sakit perut saat setelah makan buah kuini?

Lantas apasih penyebabnya bisa sakit perut? Untuk itu berikut beberapa penyebab kamu mengalami sakit perut, kram, atau nyeri saat sehabis makan mangga kuini.

Penyebab Sakit Perut Setelah Makan Kuini

1. Kurangnya kebersihan

Kurangnya menjaga kebersihan saat mengkonsumsi makanan menjadi hal utama kenapa kamu bisa mengalami sakit perut.

Buah kuini yang dikupas menggunakan pisau, alas telenan dan tidak mencuci tangan terlebih dahulu akan sangat mudah terkontaminasi beberapa kuman dan bakteri.

Contohnya seperti bakteri jenis Escherichia coli (E.coli), Campylobacter, Listeria dan sebagainya.

Selain itu buah yang beraroma menyengat tentu suka di hingapi lalat, dan ini bisa menjadi penularan penyakit. Maka dari itu sangat penting menjaga kebersihan buah dengan menyimpannya pada tempat yang baik.

2. Buah sudah mulai membusuk

Buah merupakan makanan yang sangat mudah sekali untuk membusuk, termasuk juga mangga kuini. Bahkan hanya dalam bebepa hari buah satu ini sudah menguning dan menjadi sangat lunak.

Kueni yang sudah berubah warna menjadi kehitaman dan banyak bintik, lunak, berair dan sedikit kecut menandakan hal tersebut keadaanya sudah mulai membusuk.

Mengkonsumsi makanan yang sudah dalam kondisi setegah membusuk tentu bisa meningkatkan resiko kamu mengalami sakit perut, mual hingga kram.

3. Mencampur dengan makanan lain

Mencampur macam-macam makanan menjadi satu memang boleh saja di lakukan, hal ini di tujukan agar menikmati dua atau lebih makanan dan ingin merasakan sensasi yang berbeda.

Namun banyaknya jenis makanan yang dikonsumsi tentu bisa membuat usus dan sistem pencernaan lainnya sulit mencerna makanan. 

Beberapa orang mungkin saja dapat mengalami sakit perut atau kotraksi karena reaksi dari makanan yang tercampur di dalam pencernaan.

Untuk itu, hidari mencampur buah kuini dengan makanan atau minuman aneh dan tidak lazim. Contohnya seperti makanan pedas, kopi dan beberapa minuman alkohol lainnya, karena itu bersifat asam.

4. Makanan pedas

Penyebab kamu bisa merasakan sakit perut satu ini masih ada hubungan dengan mencampur berbagai jenis makanan.

Makanan yang mempunyai cita rasa pedas seperti cabai, berminyak, sambal dan sebagainya, tentu bisa memicu iritasi pada saluran pencernaan dan lambung kamu.

Efek yang di timbulkan akan membuat reaksi panas, kram, sakit perut, kotraksi berlebihan, diare atau bahkan nyeri.

Mungkin bagi kamu gejala masih belum terasa, setelah mengkonsumsi buah berlebihan tentu hal tersebut akan membuatnya menjadi sakit perut.

5. Perut kosong

Kuini merupakan buah yang sangat enak jika di konsumsi saat setelah matang, namun sebagian orang mungkin pernah mengalami sakit perut saat setelah memakanya. 

Terlebih lagi jika kamu mengkonsumsi buah dalam jumlah yang cukup banyak dan sedang dalam kondisi perut yang kosong.

Perut yang masih kosong, kemudian langsung mengkonsumsi buah bisa memicu seseorang untuk mengalami sakit perut.

Untuk itu, langkah baiknya ialah makanlah makanan berat terlebih dahulu sebelum makan buah mangga kuini. Ini agar perut kamu terbiasa dan tidak mengalami reaksi yang berlebihan.

Nah, itulah beberapa penyebab sakit perut setelah makan mangga kuini. 

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar kuini.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel