CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mencegah dan Mengobati Terkena Getah Jambu Monyet (Mete) - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Cara Mencegah dan Mengobati Terkena Getah Jambu Monyet (Mete)

gambar jambu monyet, mete
Sumber gambar : pixabay/sarangib
Healty99 - Buat kamu yang mengunjungi artikel ini, mungkin kamu sedang mengalami iritasi yang diakibatkan oleh getah jambu monyet (mete). Untuk itu, mungkin saya bisa berbagi tips bagaimana cara mencegah sekaligus mengobati saat terkena getah jambu monyet.

Lembut, manis dan berdaging membuat buah satu ini cukup digandrungi oleh sebagian orang. Terlebih lagi dinikmati sebagai pelepas dahaga saat siang hari dikarenakan tingginya kandungan air pada jambu monyet (mete)

Namun jika tidak berhati-hati saat memetik atau mengkonsumsi jambu monyet, ternyata bisa menyebabkan iritasi dan luka koreng loh. 

Seperti yang telah disebutkan pada artikel sebelumnya yaitu tentang "bahaya getah jambu mete". Nah, di kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit bagaimana cara mencegah dan mengobatinya agar tidak bertambah parah.

Mengobati Terkena Getah Jambu Monyet

Sebenarnya, mengkonsumsi buah satu ini secara matang sempurna pada dasarnya tidak akan menyebabkan iritasi pada tubuh (kulit).

Beberapa bagian (getah) yang bisa menyebabkan reaksi alergi ada pada bagian tankai buah, buah yang masih hijau, getah batang dan getah pada biji metenya. Untuk itu jika tidak berhati-hati bisa saja kamu terkena tanpa sengaja.

Penanganan awal sejak terkena

1. Terkena kulit

Cuci bagian kulit yang terkena getah secara menyeluruh dan benar-benar bersih menggunakan air mengalir, usahakan digosok pakai sabun. 

Basuh dengan air hangat atau air garam juga bisa menjadi alternatif lainnya, namun tetap harus memakai sabun.

2. Terkena mata

Jika getah jambu monyet terkena area mata, segera cuci dibawah air mengalir. Atau juga bisa dengan merambang mata (membuka mata) didalam air beberapa kali.

Usahakan menggunakai air yang steril dan bersih dari kotoran. Namun jika cara satu ini tidak berhasil dan area mata kamu menjadi merah, berair atau gatal. Kamu bisa langsung mengujungi dokter kepercayaan kamu untuk diberi penanganan lebih lanjut.

3. Tertelan 

Beberapa efek samping yang ditimbulkan jika tanpa sengaja tertelan getah jamu monyet (mete) ialah rasa sakit, perih dan kemerahan ditenggorokan. Gejala mungkin saja bisa menyebabkan panas dalam.

Namun ini jarang terjadi, terutama jika kamu mengkonsumsi buah yang sudah dalam kondisi mata sempurna dan di cuci bersih. Hanya saja gejala mungkin saja timbul pada area bibir dan sekitar mulut.

Cukup perbanyak konsumsi air putih dan makan-makanan berserat lainnya.

Cara mengobati dan menyamarkan bekas luka 

Penanganan selanjutnya ialah untuk kamu yang terkena getah jambu monyet (mete) pada area kulit hingga meninggalkan bekas luka melepuh.

  1. Biarkan luka mengering dengan sendirinya, kamu juga bisa mencegah dari terkena air agar luka melepuh dapat cepat kering.
  2. Memberikan obat antiseptik agar tidak infeksi.
  3. Menggunakan salep luka khusus untuk luka bakar atau melepuh. 
  4. Jika selama masa penyembuhan terasa gatal kamu bisa memberikan salep jenis pereda gatal.
  5. Setelah sembuh biasanya kulit yang terkena getah akan terlihat belang dan warna tidak merata. Untuk itu kamu bisa menyamarkanya dengan menjemur bagian kulit pada pagi hari hingga jam 11 selama 30 menit.
  6. Cara kedua untuk menyamarkan bekas luka akibat terkena getah jambu monyet ialah menggunakan krim khusus kulit dan perawatan lainnya.

Cara pencegahaan dan menghindari terkena getah jambu monyet

  1. Menggunakan sarung tangan saat memetik buah.
  2. Hindari memegang atau mengkonsumsi bagian biji mete secara sembarangan, karena bagian ini getahnya cukup pekat.
  3. Mengoleskan tangan minyak sayur agar getah tidak menempel pada kulit.
  4. Hindari berada di bawah pohon saat memetik buah, karena ditakutkan akan terkena tetesan getah.
  5. Memakai perlengkapan dan baju panjang saat memanjat pohon.

Nah, itulah beberapa penanganan sekaligus cara mengobati terkena getah jambu monyet (mete) yang bisa kamu lakukan.

Namun jika dirasa kamu terganggu akibat gejala yang ditimbulkan atau tidak kunjung berangsur membaik. Konsultasi ke dokter atau pusat kesehatan dapat menjadi alternatif yang bisa kamu coba.

Dengan begitu nantinya akan diberi penanganan secara baik.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah-buahan.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i