CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Beberapa Cara Mengawetkan Buah Strawberry - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Beberapa Cara Mengawetkan Buah Strawberry

gambar memegang stroberi
Sumber foto : pixabay/Mirandaworks
Healty99 - Strawberry (stroberi) merupakan buah yang sangat populer di berbagai kalangan. Walau rasanya sedikit asam, namun manfaatnya bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Menyetok buah satu ini dirumah sebagai makanan sehat bisa menjadi pilihan bagus.

Namun sayangnya, kamu membeli strawberry di supermarket atau toko buah dalam jumlah yang banyak, sehingga ditakutkan nantinya akan membusuk sebelum dikonsumsi secara rutin.

Tenang, jika kamu takut buah kesukaan kamu membusuk secara cuma-cuma, mungkin kamu bisa mencoba beberapa cara satu ini untuk mengawetkan stroberi agar dapat bertahan lama. 

Cara Mengawetkan Buah Strawberry

1. Simpan didalam lemari es

Yap, cara pertama yang kamu lakukan untuk mencegah pembusukan stroberi ialah dengan menyimpanya di dalam lemari es. Ini benar, kamu bisa melakukanya sebagai salah satu cara yang paling mudah.

Menyimpan stroberi di dalam kulkas (pendingin) bisa membuatnya bertahan hingga dua minggu.

Namun adapun tips lainnya sebelum kamu menyimpan di dalam kulkas, yaitu dengan mencucinya menggunakan air garam dan di simpan pada tempat (toples/wadah) secara rapat-rapat.

Mencuci (merendam) menggunakan air garam diharapkan dapat membunuh kuman dan bakter penyebab pembusukan, sedangkan penggunaan wadah tertutup mencegah perubahan suhu secara mendadak saat seseorang membuka kulkas.

2. Dibekukan

Selain hanya dimasukan kedalam pendingin kulkas dan menggunakan wadah (toples), adapun cara lainnya ialah dengan membekukanya secara utuh. 

Masih dengan cara yang sama yaitu buah strawberry dicuci hingga bersih, lalu dimasukan kedalam wadah dan di beri air. Setelah itu baru di letakan pada bagian pembeku (pembuat es), sehingga nantinya stroberi akan beku bersamaan dengan air.

Cara satu ini sangat efektif dan dapat membuat buah satu ini bertahan sangat lama. Namun pastinya kamu memerlukan waktu saat akan digunakan, setidaknya harus menunggu es mencair.

3. Dibuat selai

Selain dua metode diatas, adapun cara lainnya yaitu dengan diolah menjadi selai. Selain sendiri adalah bentuk awetan sari dari buah-buahan yang sudah dihancurkan dan ditambah beberapa bahan lainnya.

Mengawetkan stroberi menjadi selai juga tidak terlalu sulit loh. Bahkan ini mempermudah untuk kamu konsumsi atau dicampur dengan aneka makanan lainnya seperti smothie, yogurt, jus dan sebagainya.

Jika kamu membuatnya secara baik dan benar, maka selai dapat bertahan hingga satu bulan lebih.

4. Dikeringkan

Pernahkah kamu metode satu ini? Jika belum, mungkin kamu bisa mencoba mengawetkan strawberry dengan cara dikeringkan hingga kadar airnya menyusut. 

Walau cara satu ini jarang dilakukan, namun sepatutnya untuk kamu coba. Lagi pula ini akan membuat buah strobeis seperti kismis.

Selain itu buah yang dikeringkan tentunya juga sangat praktis untuk digunakan, baik itu dicemilin, dijadikan toping atau campuran beberapa jenis makanan lainnya.

Kamu bisa mencoba mengeringkan stroberi dengan cara dijemur dibawah terik matahari atau menggunakan oven (pemanggang) khusus.

Nah, itulah beberapa metode dan cara mengawetkan buah stroberi dengan mudah, sekaligus dapat kamu lakukan sendiri dirumah.

Selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar strawberry.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i