CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Strawberry Untuk Kulit Wajah Kamu - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Strawberry Untuk Kulit Wajah Kamu

gambar strawberry dan susu
Sumber foto : pixabay/adonyig
Healty99 - Kita semua tahu bahwa stroberi adalah buah yang lezat dan berair. Tapi tahukah kamu bahwa buah stroberi mengandung antioksidan, vitamin, dan nutrisi lain yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan kulit tubuh.

Manfaat strawberry bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara merawat kulit selain menggunakan produk instan, seperti halnya pemakaian kosmetik.

Stroberi juga bisa menjadi bagian dari diet seimbang yang mencakup buah-buahan dan sayuran, termasuk dalam membantu memenuhi tujuan tersebut.

Namun adapun manfaat stroberi untuk kulit yang bisa kamu dapatkan dari luar, salah satu caranya ialah dengan mengolahnya menjadi masker.

Manfaat Masker Strawberry Untuk Kulit

Stroberi adalah buah yang kaya nutrisi, baik dari segi vitamin, mineral dan serat. Ada banyak cara untuk mendapatkan manfaat buah merah satu ini, salah satunya dikonsumsi untuk dari dalam tubuh dan masker untuk dari luar tubuh.

Berikut beberapa manfaat stroberi untuk kulit :

1. Mengurangi kerusakan kulit akibat sinar UV

Stroberi kaya akan sejumlah antioksidan, termasuk asam ellagic dan anthocyanin.

Selain itu, kandungan seperti asam ellagic jika dioleskan pada kulit telah terbukti mengurangi kerusakan akibat sinar UV matahari. 

Cara kerjanya ialah dengan menghambat enzim tertentu yang berkontribusi pada kerusakan kolagen.

Kerusakan kolagen dikaitkan dengan pembentukan kerutan dan kualitas penuaan lainnya di kulit.

Antosianin yang berkontribusi pada warna merah stroberi saat matang dan asam ellagicnya, adalah penangkal radikal bebas yang efektif sekaligus membantu mengurangi kerusakan kulit akibat sinar UV.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan vitamin C pada strawberry dapat membantu tubuh dalam penyembuhan jaringan sel yang rusak dengan cara mempercepat produksi kolagen.

Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan dua cara, yang pertama bisa dengan mengkonsumsi buah sebagai makanan sehat dan yang kedua menjadikanya masker kulit.

3. Menyamarkan bekas jerawat

Jerawat biasa terjadi pada masa-masa remaja, namun beberapa faktor pemicu timbulnya jerawat pada dasarnya ada banyak.

Salah satunya ialah berasal dari makanan, hormon, kurangnya kebersihan, alergi dan keturunan.

Biasanya jerawat yang telah sembuh akan meninggalkan bekas pada kulit dengan warna hitam dan kusam.

Namun kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa memanfaatkan strawberry untuk mengatasi masalah satu ini. 

Cukup oleskan strawberry secara teratur dibagian bekas jerawat, maka secara tidak langsung kandungan vitamin C dan antioksidan didalamnya akan membantu regenerasi sel secara merata dan menyamarkan noda gelap.

4. Melembutkan kulit

Buat kamu yang ingin mendapatkan kulit yang lembut, kenyal dan elastis, biasanya akan melakukan perawatan masker secara teratur.

Jika kamu tertarik, kamu bisa mencoba menggunakan stroberi sebagai salah satu masker tubuh.

Terlebih lagi buah merah satu ini juga cocok dipadukan dengan beberapa bahan masker seperti madu, yogurt, lemon, aloevera dan timun.

5. Mencegah jerawat timbul

Tahukah kamu, menjadikan strawberry sebagai masker wajah dapat mengurangi pertumbuhan bakteri pada lapisan kulit yang bisa memicu timbulnya jerawat.

Manfaat ini didasari dengan beberapa kandungan bersifat antiinflamasi dan antibakteri pada buah yang mampu membunuh kuman.

Selain itu kandungan lainnya seperti vitamin C dan antioksidan juga ikut andil dalam hal ini.

6. Mengurangi minyak wajah

Stroberi diketahui dapat berguna untuk membantu mengatur produksi minyak pada kulit wajah.

Ia juga kaya akan kandungan vitamin C, sehingga mengolah buah ini menjadi masker wajah, sangat baik untuk melawan kulit yang berminyak, plus sekaligus memberi nutrisi kulit kamu.

Dengan berkurangnya minyak pada wajah, tentu ini akan berpengaruh juga terhadap berkurangnya  jerawat.

7. Menutrisi dari luar

Seperti yang sudah disebutkan. Kandungan strawberry sangat banyak, baik dari segi mineral, vitamin dan serat ada pada buah merah satu ini.

Mengkonsumsi secara teratur tentu saja bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan, termasuk juga jika menggunakanya untuk merawat kulit.

Ini juga terkait dalam menjaga kesehatan tubuh, namun dari luar dengan mengaplikasikan pada kulit sebagai masker.

8. Melembabkan kulit

Selain menggunakan aloevera, minyak zaitun, timun dan madu untuk melembabkan kulit. Lantas, pernahkah kamu menggunakan strawberry untuk melembabkan kulit?

Jika belum mungkin kamu bisa mencobanya dirumah. Kandungan air yang tinggi pada buah satu ini memungkinkan dapat melembabkan kulit tubuh secara alami, selain itu tentunya juga kamu bisa mendapatkan manfaat yang telah di sebutkan tadi.

9. Mengatasi mata bengkak

Kandungan nutrisi dari buah stroberi seperti zat asam dan vitamin C, merupakan komponen yang sangat baik untuk mengurangi bengkak pada area sekitar mata.

Tidak hanya mengempeskan mata bengkak saja, menurut para ahli percaya bahwa buah stroberi bisa membuat mata dan kulit sekitarnya makin cerah dan mengatasi mata sembab.

Termasuk juga mengatasi mata panda akibat suka bergadang dan menatap komputer terlalu lama.

Nah itulah beberapa manfaat masker strawberry untuk kesehatan kulit wajah. Penasaran? Silahkan dicoba sendiri.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar strawberry.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i