CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Menggunakan Hair Mask Stroberi Untuk Kesehatan Rambut - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Menggunakan Hair Mask Stroberi Untuk Kesehatan Rambut

gambar buah strawberry
Sumber gambar : pixabay
Healty99 - Berwarna merah, asam, manis, berair dan memiliki bentuk seperti hati, siapakah dia? Yap, strawberry, salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun tahukah kamu, bahwa mereka juga dapat memiliki manfaat untuk rambut loh?

Pada dasarnya buah stroberi mempunyai manfaat secara eksternal maupun internal, termasuk juga penggunaanya terhadap rambut kepala.

Ini juga bisa menjadi salah satu cara penggunaan buah dalam bentuk perawatan kecantikan dan peremajaan tubuh.

Manfaat Stroberi Untuk Rambut

Ada yang bilang strawberry bisa digunakan untuk memutihkan gigi dan jerawat, yap itu memang benar, namun stroberi juga bisa memberikan manfaat untuk rambut kamu.

Menurut USDA, buah berry merah cerah mengandung sejumlah besar kandungan seperti vitamin C, mangan, biotin, omega-3, folat (vitamin B9) dan kalium.

Adapun beberapa kandungan lainnya sejumlah kecil seperti zat besi, magnesium, vitamin B6, K, dan E. Kombinasi kaya antioksidan, asam ellagic, dan vitamin dapat membantu mengatasi rambut rontok, ketombe, dan rambut kering.

Satu studi 2006 lama menunjukkan bahwa sifat antioksidan stroberi signifikan dan berasal dari beberapa sumber, termasuk asam ellagic. Asam ellagic menghilangkan racun dari tubuh kamu dan melindungi terhadap molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Vitamin C yang juga memiliki sifat antioksidan luar biasa dapat membantu tubuh kamu dalam menyerap zat besi. 

Kadar zat besi yang rendah keterkaitan dengan anemia, ini juga akan berpengaruh terhadap kerontokan rambut, menurut tinjauan penelitian 2013.

Sebagai antimikroba alami, vitamin C dikenal untuk melawan infeksi. Karena pertumbuhan jamur yang berlebihan terkait dengan ketombe, ada kemungkinan bahwa vitamin C dapat membantu melawan masalah yang mengganggu tersebut.

Berikut beberapa manfaat stroberi untuk rambut lainnya :

1. Menjaga kelembaban kulit kepala

Memanfaatkan buah strawberry sebagai hair mask untuk rambut, ini diklaim dapat menjadi salah satu cara menjaga kelembaban kulit kepala sekaligus membuatnya terasa lebih sejuk.

Stroberi mampu melindungi membran sel kulit kepala karena efek kandungan antioksidan di dalamnya yang terbilang cukup tinggi.

2. Memperkuat rambut

Stroberi mengandung sejumlah nutrisi yang bagus untuk rambut kepala. Mengaplikasikan pada kulit kepala dapat membuat akar rambut menjadi lebih kuat, tidak mudah putus atau patah.

Selain itu beberapa mineral dan vitamin yang terkandung pada buah juga dapat berguna menutrisi rambut secara tidak langsung.

3. Mehitamkan rambut 

Stroberi diketahui dapat mengembalikan kilau sehat, terutama bagi rambut yang kusam, kering, rusak serta pecah-pecah.

Kamu bisa menggunakanya sebagai masker rambut dengan beberapa bahan campuran lainnya seperti putih telur, aloe vera dan sebagainya.

4. Mencegah pertumbuhan ketombe 

Tahukah kamu bahwa menggunakan vitamin C pada rambut tidak jauh berbeda khasiatnya terhadap kulit.

Hal ini karena vitamin C mampu merangsang pertumbuhan rambut dan mengatasi minyak berlebih. Efeknya ini juga dapat berdampak mencegah ketombe secara alami.

5. Mengurangi aroma tidak sedap pada rambut

Mungkin kamu salah satu orang yang suka menggunakan hijab atau kerudung seharian, sehingga terkadang membuat rambut kamu menjadi pengap dan mengeluarkan aroma tidak sedap.

Selai menggunakan shampo penghilang bau, kamu mungkin bisa mencoba dengan menggunakan cara yang lebih alami. Salah satunya ialah memanfaatkan buah strawberry untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Strawberry memiliki kemampuan dalam mengatasi bau tidak sedap pada rambut dan kulit kepala, terutama yang di akibatkan oleh jamur (fungi) yang tumbuh selama memakai kerudung. 

Cukup gunakan sebagai hair mask secara teratur dan di bilas hingga bersih, maka bau tidak sedap akan hilang dengan sendirinya.

Nah, itulah beberapa manfaat stroberi untuk rambut yang bisa kamu ketahui dan kamu coba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah strawberry.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel