CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Buah Kedondong Untuk Kulit Wajah Kamu - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Buah Kedondong Untuk Kulit Wajah Kamu

gambar jus buah
Sumber foto : pixabay/kkolosov
Healty99 - Benarkan manfaat kedondong bisa untuk wajah? Umumnya seseorang yang sering merawat kesehatan kulit pasti tidak heran lagi dengan yang namanya masker, entah itu masker aloe vera, madu, bengkoang, yogurt, lemon dan sebagainya. Namun tahukah kamu bahwa buah kedondong bisa demikian juga loh.

Manfaat kedondong untuk wajah didasari dengan beberapa kandungan yang ada didalam buah, seperti vitamin A, C, antioksidan, air dan beberapa mineral yang terkandung lainnya.

Hanya dengan mengkonsumsi buah kedondong secara teratur, baik itu dibuat jus atau kudapan lainnya, maka secara tidak langsung kandungan nutrisinya berguna untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Pada dasarnya tidak hanya pada kedondong saja, hampir segala jenis buah-buahan yang kita temui kurang lebih memberi manfaat yang sama (berdasarkan kandungan).

Manfaat Makan Buah Kedondong Untuk Kulit (Wajah) 

Kedondong telah diketahui memiliki sejumlah nutrisi yang menyehatkan, salah satunya dari sekian banyak ialah kandungan vitamin C dan beberapa antioksidan lainnya. 

Vitamin C pada dasarnya adalah salah satu bagian sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Zat ini bisa membantu sekaligus mencegah terjadinya kerusakan sel atau jaringan kulit akibat dari efek paparan radikal bebas.

Seperti yang kita ketahui, radikal bebas dapat menyebabkan masalah penuaan dini pada kulit dan memicu beragam masalah kesehatan di masa mendatang. Nah, salah satu manfaat utama vitamin C untuk kulit ialah menunjang produksi kolagen.

Pasalnya vitamin C mampu membantu tubuh dalam memproduksi kolagen untuk memperbaiki jaringan sel kulit yang sudah mati dengan yang baru, serta sekaligus mempercepat regenerasi.

Tentu hal yang sama akan terjadi pada bagian tubuh lainnya. Manfaat ini juga membantu dalam mempercepat sembuh luka, menghilangkan bekas luka, bekas jerawat dan lain-lain.

Manfaat Masker Wajah Kendondong

Pernah menggunakan buah satu ini sebagai masker wajah? Jika belum mungkin kamu patut mencoba di lain waktu.

Kedondong adalah buah yang kaya akan kandungan nutrisi, baik dari segi vitamin, mineral, air dan serat. Kandungan air yang tinggi membuatnya bisa kamu jadikan sebagai masker untuk kulit.

Selain itu sejumlah nutrisi didalamnya akan ikut andil dalam merawat kulit dari luar tubuh. Salah satu manfaatnya ialah sebagai berikut :

  1. Mengangkat sel kulit mati
  2. Melembabkan kulit
  3. Menutrisi kulit dari luar
  4. Mencegah kerutan dan menyamarkan bekas jerawat
  5. Mempercepat penyembuhan luka
  6. Mencegah jerawat timbul
  7. Mengangkat minyak berlebih
  8. Mendinginkan kulit
  9. Untuk peremajaan dan masih banyak lagi

Bagaimana cara membuat masker kedondong?

Cara membuat masker kulit dari buah kedondong tidak lah terlalu sulit, berikut langkah-langkahnya :

  1. Pastikan kamu mempunyai buah kedodong yang sudah matang, jangan gunakan yang masih mengkal atau muda.
  2. Kupas kulit buah, potong sisir memanjang, setelah itu rendal selama satu jam untuk menghilangkan getah buah yang masih melekat.
  3. Lanjut dengan menghaluskan kedondong menggunakan blender.
  4. Selesai, kamu sudah bisa mengaplikasikan pada kulit wajah dan tubuh.

Adapun beberapa bahan campuran lainnya yang bisa kamu gunakan seperti lidah buaya atau aloe vera, madu, lemon, bengkoang, timun dan beberapa bahan lainnya yang umum digunakan sebagai masker.

Sedikit pengingat, jika kamu merasa alergi atau terasa perih saat menggunakan buah satu ini pada kulit, sebaiknya hentikan penggunaan. Terlebih lagi sampai membuat kamu tidak nyaman.

Hal ini kemungkian kulit kamu terindikasi alergi dan tidak cocok, selain itu bisa juga dikarenakan kandungan asam buah pada kedondong yang cukup tinggi ikut mempengaruhinya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah-buahan.

Artike terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i