CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kandungan dan Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Kandungan dan Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

gambar buah kedondong
Sumber foto : istockphoto/ambarella
Healty99 - Kedondong, siapa yang tidak suka dengan buah tropis dengan rasa asam manis ini? Terlebih lagi jika sudah diolah menjadi rujak atau manisan tidak akan ada yang menolak. Selain karena rasanya yang menyegarkan dan nikmat, ternyata ada manfaat buah kedondong tidak bisa diremehkan loh.

Buah dengan nama lain kadendong, kacemcem dan karuntung ini keberadaanya dapat ditemukan hampir diseluruh bagian Indonesia. Ciri khas yang paling mencolok dari kedondong ialah pada bagian bijinya terdapat serat kasar seperti serabut.

Ia juga diketahui masih dalam satu keluarga dengan suku mangga-manggaan yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh, hal ini dikarenakan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah.

Kandungan Nutrisi Buah Kedondong

Berikut kandungan nutrisi dalam ukuran 100g :

  1. Kalori – 48
  2. Jumlah Karbohidrat – 12g
  3. Protein – 1g (diabaikan)
  4. Kalsium – 5,2% dari RDI
  5. Vitamin A – 4% dari RDI
  6. Vitamin C – 60% RDI
  7. Besi – 1,6% dari RDI

Selain itu adapun beberapa kandungan senyawa lain seperti terpenoid, flavonoid, saponin, tanin,dan glikosida jantung.

Manfaat Kedondong Untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Kedondong merupakan buah yang diberkati dengan kelompok antioksidan jenis glikosida jantung. Senyawa ini diklaim bisa membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal, sehingga memungkinkan dapat mencegah risiko masalah hipertensi.

Ia juga di mungkinkan bisa mencegah masalah lainnya seperti penyumbatan aliran darah akibat kolesterol LDL jahat dan penyempitan pembuluh darah, sehingga secara efektif juga dapat menjaga kesehatan jantung.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sumber akan kandungan vitamin C dan zat besi, membuat buah kedondong sangat baik untuk menjaga mekanisme pertahanan dalam tubuh.

Makan buah satu ini secara teratur juga bisa membantu dalam sintesis sel darah putih yang sehat. Tentunya iani sangat diperlukan, terutama dalam memerangi benda asing dan infeksi dalam tubuh.

Kandungan vitamin C nya juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi kedalam aliran darah, ini sangat bagus untuk sel darah merah yang sehat karena bisa juga mencegah masalah anemia dan kelelahan.

3. Baik untuk pencernaan

Kedondong dikemas dengan sumber antioksidan yang baik dan bermanfaat seperti flavonoid, terpenoid dan tanin. Manfaatnya bisa bekerja secara sinergis dalam mendorong kesehatan sistem pencernaan.

Tidak hanya itu saja, ia juga diklaim bisa meredakan masalah lainnya seperti kembung, gangguan pencernaan,dan perut begah.

Waktu terbaik untuk makan buah kedondong ialah jam sebelum sarapan atau makan siang yang berat, ini berguna untuk membantu mengaktifkan cairan lambung di perut dan membantu agar makanan dapat dicerna dengan lancar.

4. Bagus buat diet

Mungkin kamu harus coba buah satu ini sebagai salah satu asupan diet sehat kamu, mengapa? Hal ini karena kedondong memiliki sejumlah serat yang bagus untuk sistem pencernaan dan dapat mencegah penyerapan lemak jahat dari makanan kedalam tubuh.

Kamu bisa mengkonsumsinya dalam bentuk apapun asalkan jangan dicampur dengan pemanis buatan, karena pemanis tentunya bertentangan terhadap diet.

5. Menjaga penglihatan mata

Manfaat buah kedondong selanjutnya ialah bisa menjaga kesehatan mata kamu.

Terdapatnya sejumlah vitamin A yang cukup berlimpah, membuat buah kedondong bisa dikonsumsi secara teratur sebagai bagian dari diet sekaligus membantu meningkatkan penglihatan yang sehat pada anak-anak dan orang dewasa.

Mengolah buah menjadi jus, menambahkan kedalam irisan ke salad, rujak atau hanya mengkonsumsi secara langsung saat telah matang, itu adalah ide yang bagus untuk medapatkan khasiatnya.

7. Mencegah infeksi kulit

Kandungan antimikroba yang ada di dalam buah kedondong memungkinkan dapat mengatasi kondisi masalah pada kulit seperti kekeringan, psoriasis, rosacea, lecet dan luka lainnya.

Selain itu, antioksidan yang ada juga ikut andil dalam merangsang sintesis kolagen, sehingga memperlambat penuaan dan mengurangi kerutan dan garis-garis halus.

8. Mengatasi anemia

Tahukah kamu, tingginya kandungan zat besi buah kedondong sangat berguna dalam membantu pembentukan sel darah merah, kemampuan ini juga didorong oleh vitamin B1 dan C.

Khasiat buah kedondong bisa membantu meningkatkan jumlah aliran oksigen ke seluruh tubuh dan meningkatkan aliran darah. Sehingga hal ini memungkinkan dapat mengatasi masalah anemia dan mencegah terulang kembali.

Nah itulah beberapa manfaat buah kedondong untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui. 

Baca terus informasi lainnya di healty99.com

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i