CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Efek Samping Banyak Makan Kedondong Bagi Kesehatan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Efek Samping Banyak Makan Kedondong Bagi Kesehatan

buah kedondong hijau
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Siapa yang tidak kenal dengan buah satu ini? Renyah, manis dan kaya akan gizi membuat kedondong banyak digemari dari berbagai kalangan. Musim kedondong memang terkadang tidak bisa dihindari, pastinya kamu juga pernah kecipratan untuk mecicipi buah satu ini.

Kedondong memang nikmat dimakan langsung saat kondisi setengah matang, terlebih lagi jika kamu mengolahnya menjadi kudapan atau manisan. Pasti tidak akan tahan untuk mencobanya.

Efek Samping Kedondong

Buah dalam family mangga ini pada dasarnya baik untuk kesehatan, terlebih lagi ia juga kaya akan sumber nutrisi baik. Mulai dari vitamin C, serat, kalsium, zat besi dan fosfor ada di dalam buah kedondong.

Jika dibandingkan antara manfaat dan efek samping, tentunya manfaat buah kedondong jauh lebih tinggi. 

Bahkan jika itu ada dampak buruk dari makan buah satu ini bagi kesehatan, pada dasarnya tidaklah terlalu bahaya. 

Kamu boleh saja makan kedondong sesuka hati, baik itu sudah diolah menjadi kudapan atau dikonsumsi secara langsung saat telah matang.

Walaupun demikian, makan buah satu ini secara "berlebihan" tentu bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan loh. Salah satunya dapat memicu sakit perut, perut kembung, sembelit dan diare.

Terlebih lagi jika kamu makan kedondong dalam kondisi perut yang sedang kosong dan tidak dicuci secara bersih.

Hindari juga untuk makan buah yang masih mentah, karena mempunyai rasa asam yang tinggi dan masih mengandung banyak getah.

Konsumsilah buah kedodong secukupnya dan sudah dalam keadaan matang, dengan bengitu kamu akan mendapatkan manfaatnya ketimbang efek samping.

Namun adapun beberapa faktor seseorang tidak boleh makan kedondong berlebihan, salah satunya ialah orang yang mempunyai penyakit maag dan ibu hamil.

Bolehkah ibu hamil makan kedondong ?

Ibu hamil dan orang yang mempunyai penyakit maag boleh saja makan buah satu ini, namun tidak dengan porsi yang banyak. Cukup konsumsi beberapa potong kecil saja sebagai pelepas keinginan.

Hal ini dikarenakan buah kedondong mengandung senyawa asam organik atau asam buah yang cukup tinggi sehingga ditakutkan timbul efek samping.  

Pasalnya, dalam kondisi tertentu ini bisa meningkatkan asam lambung, dan apabila asam lambung tersebut sudah naik ke kerongkongan, maka ibu hamil bisa merasakan rasa panas, perih dan nyeri pada bagian dada.

Selain itu buah satu ini juga bisa membuat sakit perut bagi ibu hamil yang tidak terbiasa.

Bolehkah penderita maag Makan kedondong ?

Untuk penderita maag tidak disarankan mengkonsumsi dalam jumlah banyak, hal ini dikarenakan bisa memicu efek samping yang lebih berbahaya, salah satunya ialah nyeri pada lambung.

Jika kamu mempunyai maag dan ingin makan buah satu ini, sebaiknya konsumsi nasi atau bubur terlebih dahulu. Jangan biarkan perut kamu kosong.

Nah, itulah beberapa efek samping makan buah kedondong bagi tubuh, ibu hamil dan pengidap maag. 

Sejatinya kita sendiri sudah tahu bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik untuk kita sendiri. Maka dari itu ambilah semestinya sebagaimana kita membutuhkan, termasuk dalam makanan konsumsi.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com tentang makanan sehat.

Artike terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i