CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

makanan tinggi zat besi
Sumber foto : pixabay/RitaE
Healty99 - Zat besi merupakan salah satu nutrisi utama yang sering dikaitkan dengan kekuatan dan energi. Selain itu tubuh manusia tidak mampu memproduksi zat besi dan satu-satunya cara alami untuk mendapatkan zat besi adalah melalui makanan.

Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan konsekuensi yang parah dan dapat berdampak negatif pada kehidupan seseorang.

Untuk itu makan makanan kaya bergizi dan menjaga kadar zat besi adalah kunci untuk mempertahankan tingkat mineral dalam tubuh.

Berikut adalah makanan yang banyak mengandung zat besi.

Sumber Makanan Tinggi Zat Besi

1. Daging

Daging dan bagian dalam organ hewan adalah yang pertama dalam daftar makanan yang menyediakan zat besi heme.

Contohnya seperti daging jeroan terutama hati, ginjal, jantung dan otak hewan kaya akan kandungan zat besi. Tidak hanya zat besi tetapi makan daging organ memberi kamu vitamin penting lainnya juga.

2. Legum (kacang-kacangan)

Mengkonsumsi kacang-kacangan dan polong-polongan juga dapat membantu kamu mendapatkan kembali kadar zat besi.

Kacang-kacangan, termasuk buncis, lentil, dan buncis merupakan sumber zat besi yang potensial, terutama jika kamu sedang menjalani diet vegetarian.

Selain zat besi, kacang-kacangan adalah sumber serat larut yang kaya yang membantu pencernaan dan membuat kamu akan terasa kenyang lebih lama.

3. Biji labu

Sumber makanan selanjutnya ialah biji labu. Tahukah kamu bahwa makan biji dapat memberi kamu banyak manfaat kesehatan termasuk kandungan zat besi.

Biji labu juga dapat membantu kamu dalam meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, karena satu ons biji ini menyumbang 14% DV dengan menyediakan 2,5 mg zat besi.

4. Beberapa jenis buah-buahan

Makan makanan alami dan segar adalah salah satu hal pertama yang dapat membantu kamu menemukan nutrisi yang tepat dan juga dengan sedikit atau tanpa efek samping.

Berikut adalah beberapa buah kaya zat besi yang dapat kamu  tambahkan ke dalam diet dan untuk membantu melawan anemia.

  1. Buah persik kering
  2. Kismis kering
  3. Buah ara kering 
  4. Pir kering 

Termasuk juga beberapa jenis buah berry seperti raspberry, mulberry, blackberry, elderberry, stroberi dan lainnya.

5. Sayuran 

Sayuran adalah sumber yang kaya akan banyak vitamin dan mineral penting, tidak terkecuali zat besi. Banyak sayuran berdaun hijau memberi kamu sejumlah zat besi yang baik.

Salah satu sayuran kaya zat besi dapat berupa bayam, sawi, kangkung, kacang panjang, kubis, taoge dan beberapa sayuran hijau lainnya.

Selain kaya akan zat besi tentu saja sayuran mengadung sejumlah serat, vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh kamu.

6. Makanan sereal

Sereal adalah salah satu pilihan makanan paling populer dan bisa menjadi sumber zat besi yang baik. Pasalnya sereal yang diperkaya dapat membantu memenuhi kekurangan zat besi.

Selain sereal yang diperkaya, quinoa- pseudocereal juga kaya akan sumber zat besi serta dikenal dengan banyak manfaatnya.

7. Tahu

Berikutnya daftar makanan kaya zat besi adalah tahu yang terbuat dari susu kedelai kental.

Proses pembuatan tahu memiliki kemiripan dengan proses pembuatan keju. Makanan sehat ini sangat kaya protein dan mengandung 9 asam amino bersama vitamin dan mineral penting lainnya.

Tahu menghasilkan 5.4mg zat besi per 100g porsi yang cukup baik. Kamu dapat menambahkan tahu ke daftar makanan sambil mencegah dan mengobati anemia.

8. Cokelat hitam

Jenis cokelat hitam menawarkan banyak manfaat kesehatan. Coklat gelap adalah sumber serat yang baik, antioksidan serta menyediakan jumlah zat besi yang bagus.

Setidaknya dalam 100g cokelat hitam menghasilkan hampir 12,1 mg zat besi yang menyumbang 19% DV.

Nah itulah beberapa sumber makanan tinggi zat besi yang bisa kamu konsumsi. Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian kamu agar tubuh selalu sehat dan prima.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i