CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Menghilangkan Getah Pisang Untuk Keripik - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Cara Menghilangkan Getah Pisang Untuk Keripik

gambar pisang mentah, bergetah
Sumber foto : pixabay/SatyaPrem
Healty99 - Pisang merupakan buah yang keberadaanya populer di Indonesia, bahkan hampir disetiap sisi jalan mungkin kamu dapat menjumpai pohon atau buah pisang yang dijual. Selain enak dan mempunyai manfaat bagi tubuh, pisang juga bisa diolah menjadi aneka makanan.

Ada banyak olahan buah bisa yang bisa kamu coba, namun pada kali ini saya hanya membahas tentang bagaimana cara menghilangkah getah pisang sebelum diolah menjadi keripik.

Pisang dibuat keripik memang bisa menjadi cemilan yang enak, namun tentunya memerlukan sedikit proses pengerjaan. Salah satunya ialah dengan mengupas kulit dan menghilangkah getahnya terlebih dahulu.

Menghilangkan getah pisang untuk keripik

Ada banyak jenis pisang yang bisa dibuat keripik, namun dari semua jenis tersebut, tentunya pisang yang dalam kondisi masih mengkal atau mentah menjadi pilihan ketimbang yang sudah matang atau menguning.

Hal ini disebabkan pisang yang sudah lembut, masak menguning (matang) tidak cocok jika diolah menjadi keripik. Saat digoreng ia akan sulit untuk kering dan dapat menyerap minyak secara berlebihan.

Itulah sebabnya pisang mengkal lebih cocok dibuat keripik, karena rasanya bisa renyah dan garing.

Namun, pisang yang masih mentah tentunya lebih banyak kandungan getah, butuh waktu untuk membersihkanya. Selain itu pisang yang masih mentah bisa berubah warna menjadi gelap, terutama jika tidak direndam dalam air.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir akan hal tersebut, ada cara untuk menghilangkan getah pisang sebelum dibuat keripik serta sekaligus mencegahnya berubah warna ke unguan atau balu.

Kapur sirih menghilangkah getah pisang yang akan dibuat keripik

Salah satu cara menghilangkan getah pisang yang akan diolah ialah kamu bisa memanfaatkan kapur sirih. 

Kapur sirih sendiri ialah senyawa kimia berupa kalsium hidroksida yang berupa kristal tak berwarna atau bubuk putih. Kapur sirih adalah barang yang umum digunakan pada area dapur, terutama dalam hal untuk mencuci bahan makanan yang bergetah.

Penggunaan kapur sirih pada buah pisang dapat melunturkan getah dan mencegah perubahan warna menghitam, balu atau keungguan pada buah mentah.

Cara satu ini sudah digunakan sejak lama, baik itu dalam menghilangkan getah pisang untuk keripik atau beberapa buah-buahan lainnya.

Cara menggunakan kapur sirih untuk menghilangkan getah pisang 

Cara menggunakanya terbilang sangat sederhana, kurang lebih sama dengan kamu mencuci buah pada umumnya.

Berikut caranya :

  1. Kapur sirih
  2. Air
  3. Baskom, wadah atau sebagainya
  4. Buah pisang (begitu dikupas langsung masukan kedalam rendaman air kapur sirih)

Langkah pengerjaan : 

  1. Isi air kedalam baskom, kira-kira 80% dan jangan terlalu penuh.
  2. Pemberian kapur sirih sebaiknya jangan terlalu banyak, cukup gunakan 1 atau 2 sendok makan. Tergantung dari banyaknya air yang kamu gunakan.
  3. Sebagai tanda campuran kapur sirih dengan air ialah "jangan keruh" atau dengan perbandingan 5:1,5 (lima liter air : 1,5 sdm kapur sirih cair).
  4. Yang terpenting ialah jangan terlalu banyak hingga air berubah warna menjadi putih. Penggunaan terlalu banyak justru bisa merubah rasa pada keripik pisang.
  5. Selanjutnya, kupas buah pisang dan langsung masukan kedalam air rendaman yang telah dibuat.
  6. Rendam selama kurang lebih 1 jam sambil di usap-usap untuk menghilangkan getah. Getah pada buah pisang biasanya akan terpisah atau menggumpal.
  7. Setelah direndam, lanjut dengan bilas menggunakan air mengalir. Langkah selanjutnya baru bisa kamu olah menjadi keripik.
  8. Selesai, harap langsung mengolah pisang menjadi keripik dan jangan menunda-nunda. Hal ini karena lambat laun pisang akan berubah warna menjadi kehitaman.

Menghidari getah pisang yang masih melekat

Biasanya, walau sudah di cuci menggunakan kapur sirih, tetap masih ada kandungan getah. Hal ini dikarenakan kita hanya menghilangkan getah pada bagian luarnya saja, sedangkan pada bagian dalam tidak.

Namun tenang, walaupun begitu getah yang dimiliki tidak terlalu banyak. Jadi jika saat kamu mengiris pisang terasa lengket cukup gunakan minyak sayur sebagai alternatifnya.

Nah itulah cara menghilangkan getah buah pisang untuk keripik. Selamat mencoba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com.

Artiket terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i