CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 13 Macam Jenis Buah Pisang yang Umum Dimakan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

13 Macam Jenis Buah Pisang yang Umum Dimakan

gambar pisang
Sumber foto : pixabay
Healty99 - Pisang merupakan buah yang telah dikenal oleh masyarakat luas, baik diseluruh dunia termasuk di Indonesia bisa menemukan buah kuning satu ini. Diketahui, setidaknya ada banyak jenis buah pisang yang dapat kita jumpai, dan semuanya memiliki ciri khas masing-masing atau dapat dibedakan berdasarkan bentuk, warna dan ukuran.

Diantara segala jenis buah pisang, jenis paling umum kita konsumsi ialah pisang lilin, ambon, awak, dan kepok. Hal ini dikarenakan keberadaanya yang cukup banyak, serta karena memiliki rasa lembut dan manis.

Namun tahukah kamu bahwa ada juga buah pisang yang memiliki rasa asam, berukuran besar dan berwarna merah. Penasaran? Yuk simak lebih lanjut.

Jenis Buah Pisang dan Ciri Khas

Sekedar informasi, buah satu ini kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan, terlebih lagi karena nurisi kandungan nutrisi yang ada didalamnya.

1. Pisang Raja Sereh

gambar pisang raja sereh

Yang pertama ada pisang raja sereh. Ciri khasnya ialah bentuknya mirip dengan pisang lilin, hanya saja kulitnya sedikit lebih kasar dan terlihat ada sisi persegi atau lekuk.

Saat telah matang, kulit akan berubah menjadi kuning mentega, berbau harum, memiliki tekstur daging lembut dan rasa mirip perpaduan antara pisang lilin dan ambon.

Paling enak jika nikmati saat sudah matang sempurna, karena jika masih ada bagian yang hijau rasa sedikit kelat.

2. Pisang Cavendish

pisang Cavendish
Sumber gambar : istockphoto
Cavendish merupakan jenis pisang yang paling populer, terlebih lagi ia termasuk kedalam komoditas ekspor dan banyak disukai oleh orang-orang karena rasanya.

Sekilas bentuknya mirip dengan pisang ambon, melengkung dan memiliki panjang sekitar 15 cm. Ciri khas cavendish ialah kulit buah halus, berwarna kuning merata saat telah matang, serta bagian dalam berwarna putih atau kuning cerah.

Untuk rasa tidak perlu ditanyakan, ini jenis kualitas super yang memiliki rasa pulen, manis dan creamy dimulut.

Cavendish sangat cocok diolah menjadi jus, dessert, pencuci mulut atau makanan manis lainnya.

3. Pisang Susu

gambar pisang susu, emas, mas
Sumber gambar : tokopedia
Jenis yang satu ini memiliki beberapa penyebutan ditiap daerah, namun khsusnya di Indonesia dikenal dengan lemak manis atau pisang mas (emas).

Ciri khasnya ialah ukuranya kecil dan tidak terlalu besar, paling hanya sekitar 7 cm, namun bentuknya padat, berkulit tipis, serta memiliki warna keemasan baik kulit dan daging buah.

Selain itu rasa pisang susu juga manis, seperti ada perpaduan cavendis, lilin dan ambon. Biasanya pisang susu selalu ada dalam banyak acara makan-makan, karena cocok untuk pencuci mulut.

4. Pisang Ambon

gambar pisang ambon
Sumber gambar : istockphoto
Yang ini pasti kamu sudah tahu, dan tentu menyukainya kan? Pisang ambon dapat ditemukan dengan mudah ditoko buah atau supermarket dengan harga yang cukup murah.

Ciri khas pisang ambon ialah ukuranya cukup panjang, bisa mencapai satu kilan tangan orang dewasa, kulitnya berwarna kuning kehijauan dan daging buah berwarna putih.

Untuk rasa mirip dengan cavendis dengan tekstur lembut dan manis, sehingga bisa dikatakan jenis satu ini sebelas dua belas dengan cavendis.

Bahkan saat kondisi masih setengah tua, dan kulit masih berwarna hijau namun terasa lembut saat ditekan, ia sudah bisa dimakan loh.

Pisang ambon sangat enak disantap secara langsung sebagai pencuci mulut atau dibuat olahan makanan lainnya.

5. Pisang Kepok

gambar pisang kepok
Sumber gambar : istockphoto
Selanjutnya ada pisang kepok, dengan ciri-ciri bentuk yang sedikit lebar, pedek dan terlihat terdapat sisi atau persegi, selain itu warna kulitnya kuning serta terdapat corak atau bercak hitam saat telah masak.

Untuk dagingnya berwarna kuning putih, rasa sangat manis dan pulen. Sebaiknya makan dalam kondisi matang sempurna, karena jika masih sedikit hijau rasanya kelat dan sedikit keras.

Saat masih muda atau hijau pisang kepok lebih cocok dijadikan keripik, namun kondisi setengah matang enak dikukus atau digoreng.

6. Pisang Tanduk

gambar pisang tanduk
Sumber gambar : istockphoto
Jenis buah pisang satu ini memiliki ukuran yang paling besar. Ciri khasnya ialah panjang buah bisa mencapai 30 cm bahkan lebih, sedangkan besarnya bisa seukuran pergelangan tangan orang dewasa.

Biasanya dalam satu tandan atau pohon buah dapat dihitung dan tidak terlalu banyak.

Untuk rasa pisang tanduk tidak terlalu manis, bahkan untuk yang sudah dalam kondisi matang sempurna rasanya lebih sedikit ke rasa asam. Lebih cocok dibuat keripik atau manisan gula merah saat masih mengkal.

7. Pisang Mas Kirana

gambar pisang kirana
Sumber gambar : jualbenihmurah
Sekilas pisang mas kirana memang sangat mirip dengan pisang susu diatas, hanya saja ia memiliki perbedaan pada ukuran yang sedikit lebih besar 1 atau 2 cm saja, disamping itu perbedaan lainya juga ada pada bentuk buah yang sedikit ramping dan pohonya yang besar.

Dari segi rasa tidak ada jauh beda dari keduanya, sama-sama manis, berwarna keemasan, bertekstur padat dan sering dijadikan makanan pencuci mulut dipesta-pesta.

8. Pisang Lilin atau Uli

gambar pisang uli lilin
Sumber gambar : tokopedia
Berikutnya ada pisang lilin. Jenis satu ini paling umum dan dapat dengan mudah kita jumpai, terlebih lagi karena harganya yang cukup murah.

Cirik khas pisang lilin ialah bentuknya tidak terlalu besar, hanya berukuran 10 sampai 13 cm dan berwarna kuning saat telah masak. Sedangkan untuk kulitnya berpermukaan halus.

Dalam kondisi matang sempurna ia memiliki rasa yang sangat manis, lembut dan berwarna kuning cerah. Jenis satu ini kerap diolah menjadi makanan godok-godok, terlebih lagi jika sudah terlalu kematangan dan benyek.

Jangan makan jika kulitnya masih berwarna hijau karena masih terasa kelat. Sedangkan yang masih mengkal atau hijau cocok dibuat keripik.

9. Pisang Barangan

gambar pisang barangan

Pisang barangan memiliki ciri khas seperti pisang lilin, namun ia sedikit lebih ramping, kulit berwarna kuning kecoklatan dan sedikit ada warna kemerahan. Selain itu terdapat pula bercak hitam saat telah dalam kondisi matang sempurna.

Sedangkan rasa barangan sangat manis, lembut dan beraroma harum, mirip seperti pisang ambon namun dengan warna yang lebih kuning dan padat.

Sangat cocok dijadikan makanan pencuci mulut.

10. Pisang Tongka Langit

Pisang Tongka Langit
Sumber gambar : wikipedia
Dinamakan tongka langit karena pisang ini satu-satunya yang menghadap keatas, atau buahnya yang tumbuh menghadap keatas. Uniknya saat muda atau baru kuncup buah berwarna merah muda atau pink.

Ciri khasnya ialah, bentuk sedikit besar dari pisang lilin, warna kulit sedikit lebih gelap atau kuning kecoklatan saat telah matang.

Dari segi rasa ia memiliki rasa yang manis dan lembut.

11. Pisang Raja Nangka

pisang raja nangka
Sumber gambar : ojek sayur
Jenis pisang raja nangka sebenarnya adalah hasil dari beberapa persilangan tanaman, sehingga menciptakan bentuk buah yang lebih besar dan rimbun dalam satu pohon.

Pisang raja mempunyai bentuk ciri buah yang melengkung sedikit keatas, kulitnya agak tebal dan sedikit kasar. Jika sudah matang warna buah menjadi kuning orange, dengan aroma yang harum.

Dari segi rasa ia cukup manis dan legit untuk dimakan langsung.

12. Pisang Merah (Musa acuminata)

Pisang Merah (Musa acuminata)
Sumber gambar : wikipedia
Sesuai namanya, jenis buah pisang satu ini memiliki warna khas pada kulitnya yaitu kemerahan atau merah gelap. Bahkan untuk saat masih muda dan tua warnanya tidak jauh beda.

Ia adalah tanaman hasil dari persilangan dengan Musa balbisiana, dan sudah ada sejak 8000 tahun SM.

Jenis satu ini diketahui mempunyai rasa yang manis serta bisa dimakan secara langsung saat telah matang.

13. Pisang Serawak (awak)

gambar pisang awak atau serawak

Selanjutnya ada serawak atau awak, dengan bentuk tidak terlalu panjang namun terlihat padat dan besar dari pada jenis pisang uli atau lilin.

Ciri khasnya ialah ia harus dimakan saat benar-benar masak, atau sampai tangkai buah berubah menjadi kuning, karena jika masih ada warna hijau rasa buah masih ada kelat.

Kulitnya berwarna kuning saat telah masak, bertekstur halus dengan sedikit berserat. Dari segala jenis pisang, serawak memiliki biji dengan ukuran yang besar, jadi harap berhati-hati jika kamu ingin memakanya.

Sedangkan untuk rasa tentu saja manis dan bertekstur padat.

Nah itulah beberapa jenis buah pisang yang bisa dikonsumsi dan patut kamu ketahui.

Baca terus informasi menarik lainya di healty99.com seputar buah-buahan.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel