CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Rebusan Akar Pisang dan Efek Samping Bagi Kesehatan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Rebusan Akar Pisang dan Efek Samping Bagi Kesehatan

gambar akar pisang
Sumber gambar : istockphoto
Healty99 - Tidak banyak yang tahu bahwa akar pohon pisang mempunyai manfaat baik untuk kesehatan. Terlebih lagi kita hanya sering memanfaatkan buah dan daunnya saja sebagai makanan dan pembungkus.

Namun, tahukah kamu bahwa bagian akar dari pohon pisang yang sering kita abaikan begitu saja ini, ternyata mempunyai ragam khasiat yang tidak boleh di lewatkan. 

Khasiat tersebut bisa kamu dapatkan setelah mengolah melalui proses perebusan terlebih dahulu, baru setelah itu dikonsumsi secara teratur. 

Penasaran? yuk simak lebih lanjut.

Kandungan Akar Pisang

  1. Sorepinefrin
  2. Tanin
  3. Aucubin
  4. Serotonin
  5. Hidroksitriptamin
  6. Pektin 
  7. Vitamin A, B dan C
  8. Air
  9. Dopamin

Diketahui kandungan senyawa Aucubin (glikosida) pada akar mempunyai sifat antihistamin, antiperadangan, antipiretik, antireumatik, antivirus, antibakteri dan dapat berperan sebagai antiseptik alami.

Jenis Akar Pisang yang Digunakan

Pada dasarnya semua jenis akar pisang dapat digunakan sebagai obat herbal, akan tetapi kebanyakan orang hanya menggunakan beberapa jenis pohon pisang seperti kepok, raja dan batu.

Hal ini dikarenakan jenis tersebut mempunyai ke efektivitasan lebih besar dari jenis lainnya. Namun ini tidak menjadi tuntutan pasti.

Manfaat Rebusan Akar Pisang

gambar akar pisang
Sumber gambar : istockphoto

1. Membantu meredakan demam

Demam merupakan suatu pertanda bahwa tubuh sedang melawan serangan infeksi, baik itu karena virus, bakteri atau benda asing. Hal ini dapat ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh dan disertai beberapa gejala lainnya.

Untuk itu kandungan pada akar pisang seperti antipiretik, antibakteri dan antivirus diklaim bisa mengatasi masalah tersebut. 

Mungkin cara satu ini bisa kamu gunakan sebagai bentuk ramuan herbal untuk meredakan demam yang sedang terjadi. 

2. Mengobati sariawan

Akar pisang diketahui bisa menjadi obat untuk mempercepat penyembuhan sariawan dan beberapa masalah pada area mulut loh, seperti sakit gigi, gusi bengkak dan bau tidak sedap.

Kemampuan ini didasari akan sifat antiseptik alami yang mampu membunuh kuman dan bakteri pada area mulut.

3. Mengatasi hipertensi

Mengkonsumsi air rebusan akar pisang secara teratur, diketahui mampu menurunkan tekanan darah atau yang dikenal dengan nama hipertensi secara bertahap.

Kamu bisa memanfaatkan selayaknya mengkonsumsi teh seperti biasa sebanyak dua gelas saat pagi dan sore hari. 

Lakukan secara rutin hingga beberapa hari kedepan atau masalah hipertensi mulai turun.

4. Meredakan asma

Manfaat akar pisang selanjutnya ialah diklaim bisa meredakan masalah asma yang sedang terjadi. 

Sifat kandungan seperti inflamasi dan antiradang pada tanaman, di yakini mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan pada area saluran pernapasan yang menyebabkan timbulnya asma.

Cara menggunakanya cukup hirup air rebusan akar hangat beberapa kali, lalu minum segelas secara perlahan-lahan. 

5. Mengatasi gangguan pencernaan

Beberapa gangguan pencernaan seperti sakit perut, diare dan kram ternyata bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi air rebusan akar pisang loh.

Manfaat ini juga telah digunakan oleh beberapa masyarakat dalam mengatasi gangguan perncernaan secara alami.

Mungkin kamu sendiri bisa mencobanya dirumah jika tertarik.

6. Meredakan nyeri

Beberapa sifat kandungan pada akar pisang seperti antireumatik, antiinflamasi dan antiradang, memungkinkan dapat membantu meredakan nyeri yang sedang terjadi.

Termasuk dalam meredakan nyeri akibat masalah rematik, nyeri sendi dan asam urat. 

Khasiat ini bisa didapat dengan mengkonsumsi air rebusan secara teratur dalam beberapa hari kedepan. Namun jika tidak ada efektivitas sebaiknya hentikan penggunaan.

7. Penawar racun

Kemampuan dari akar pisang dalam sebagai obat penawar racun ternyata telah manfaatkan sejak lama sebagai ramuan herbal alami.

Terlebih lagi hal ini didasari dengan kandungan tanin yang juga dapat digunakan sebagai antiseptik.

Namun pembuktian ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut, untuk itu jangan menjadikanya sebagai patokan yang ampuh.

Efek Samping Akar Pisang 

Sejauh ini efek samping dari penggunaan akar pisang masih belum diketahui secara pasti.

Hal ini dikarenakan masih kurangnya penelitian terhadap akar tanaman serabut ini, untuk itu dari segi manfaat dan efek samping masih belum teruji secara medis.

Namun, jika kamu ingin mencoba untuk mengkonsumsinya, saya sarankan untuk membersihkan terlebih dahulu akar tanaman menggunakan air mengalir dan sabun.

Ini bertujuan untuk menghidari kotoran, bakteri atau sumber penyakit lainnya yang justru mungkin bisa saja berbahaya bagi kesehatan.

Selain itu sebaiknya kamu juga tidak mengkonsumsi rebusan akar secara berlebihan, terutama jika kamu mempunyai riwayat masalah kesehatan.

Itulah beberapa manfaat akar pisang dan efek sampingnya yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i