CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Makan Buah Pisang Setiap Hari - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Makan Buah Pisang Setiap Hari

gambar buah pisang dipotong
Sumber gambar : pixabay/t_watanabe
Healty99 - Sebagai buah yang mempunyai rasa manis dan creamy, pisang juga mencakup berbagai kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Makan buah pisang setiap hari diyakini bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi dan mengcegah berbagai gangguan kesehatan.

Pisang juga termasuk buah yang mudah diolah menjadi aneka makanan menarik, tentunya ini bisa menjadi alasan agar kamu tidak bosan jika mengkonsumsinya setiap hari. 

Kandungan Buah Pisang

Setidaknya, buah dengan warna kuning satu ini memiliki cukup banyak serat dan beberapa kandungan lainnya yang bersifat antioksidan.

Dalam takaran sekitar 118 gram pisang mengandung gizi berupa :

  1. Kalium: 9%
  2. Vitamin B6 : 33% 
  3. Vitamin C : 11% 
  4. Magnesium : 8%
  5. Tembaga : 10% 
  6. Mangan : 14% 
  7. Karbohidrat : 24 gr
  8. Serat : 3,1 gr
  9. Protein : 1,3 gr
  10. Lemak : 0,4 gr

Singkatnya pisang mengandung sumber serat buah yang tinggi, antioksidan dan kalori sekitar 105 kal.

Manfaat Makan Pisang Setiap Hari

gambar pisang dipiring
Sumber gambar : pixabay/thebzeeds
Lantas, dengan banyaknya kandungan nutrisi. Apa saja manfaat mengkonsumsi pisang setiap hari bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan, diantaranya :

1. Sumber nutrisi 

Seperti yang telah disebutkan diatas, buah pisang dalam kondisi matang mengandung sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Beberapa kandungan tersebut mampu membantu memenehui kebutuhan nutrisi harian kamu.

Sehinga dengan terpenuhi sumber nutrisi harian, ini bisa menunjang kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

2. Mengatur kadar gula darah

Buah satu ini dapat membantu memoderasi kadar gula darah setelah makan, serta mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan lambung.

Pisang juga kaya akan kandungan zat pektin dan pati resisten (pada buah mentah), yang bekerja seperti serat larut pada sistem pencernaan.

Baik zat pektin maupun pati resisten dapat membantu dalam memoderasi kadar gula darah setelah makan dan mengurangi nafsu makan berlebih.

3. Baik untuk pencernaan

Kita ketahui bahwa kandungan serat dan pati resisten pada buah pisang, dapat menjadi sumber makan bakteri baik pada usus kamu. Ini juga secara tidak langusng dapat melindungi usus dan melawan kanker usus besar.

Manfaat lainnya ialah, bakteri dapat membantu proses sirkulasi kotoran atau feses agar dapat berjalan semestinya.

4. Membantu mengurangi berat badan

Tahukah kamu, mengkonsumsi pisang secara teratur setiap hari dapat membantu penurunan berat badan loh. Hal ini karena pisang rendah akan kandungan kalori dan tinggi nutrisi serta serat.

Walau tidak ada penelitian secara langsung menguji manfaat pisang untuk menurunkan berat badan.

Akan tetapi, buah satu ini memang mempunyai beberapa komponen yang membuatnya menjadi makanan yang bagus untuk masa menurunkan berat badan

5. Mendukung kesehatan jantung

Pisang merupakan sumber makanan yang mengandung potasium dan magnesium, nutrisi tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Dua mineral tersebut dapat mengontrol tekanan darah secara tidak langsung. Meskipun penting, namun tidak banyak orang yang mendapatkan sumber kalium dari makanan sehari-hari.

Untuk itu, kamu bisa membantu memenuhi kebutuhan potasium dan magnesium dengan perbanyak makan pisang setiap hari.

6. Memiliki antioksidan kuat

Tingginya kandungan antioksidan pada pisan, ini dapat membantu dalam mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah risiko terkena berbagai penyakit.

Antioksidan juga terkait dengan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya penurunan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif.

Walau pada dasarnya ada banyak buah-buahan yang mengandung sumber antioksidan, namun tidak ada salahnya memanfaatkan pisang sebagai alternatif lain.

7. Bagus untuk diet

Buah pisang (tergantung kematangan) mengandung tinggi pati resisten dan zat pektin. Keduanya dapat mempengaruhi nafsu makan seseorang dan membuat kamu bisa merasakan kenyang lebih lama.

Ini tentunya bisa kamu manfaatkan sebagai makanan diet, karena dapat mengurangi cobaan untuk ngemil segala jenis makanan.

8. Meningkatkan sensitivitas insulin

Pisang mentah merupakan sumber pati resisten yang baik, oleh karenanya makanan satu ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Walau beberapa pakar penelitian mengungkapkan, bahwa dengan mengkonsumsi 15 sampai 30 gram pati resisten per hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin sekitar 33-50% hanya dalam empat minggu.

Namun, alasan ini tidak menjadikanya sebagai obat, selain itu tidak semua penelitian menyetujui masalah tersebut.

9. Menjaga kesehatan ginjal

Makan buah pisang beberapa kali dalam seminggu, memungkinkan dapat mengurangi risiko terkena penyakit ginjal hingga mencapai 50%.

Hal ini karena kalium pada pisang sangat penting dalam mengontrol tekanan darah dan menjaga fungsi ginjal agar tetap sehat. Selain itu, kandungan potasium juga ikut andil dalam menjaga kesehatan ginjal.

Studi penelitian pada wanita, menentukan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi buah pisang 2 sampai 3 kali dalam seminggu, akan mengalami 33% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami penyakit ginjal.

10. Sumber energi yang baik

Alasan pisang menjadi makanan yang sering makan saat olahraga ialah karena buah satu ini mengadung banyak mineral dan kalori.

Pisang diklaim juga dapat memberikan sejumlah nutrisi yang sangat baik untuk tubuh sebelum, dan setelah latihan ketahanan atau olahraga.

Disatu sisi, buah satu ini dapat membantu mengurangi efek kram dan nyeri otot terkait cidera akibat olahraga dan beban berat.

11. Mencegah masalah sembelit

Makan buah pisang setiap hari memungkinkan kamu terhidar dari masalah sembelit atau susah buang air besar loh.

Tingginya kandungan serat, air dan nutrisi pada buah satu ini dapat mencegah pengerasan feses pada saluran pencernaan, melindungi usus dari gesekan, baik untuk orang yang mengalami wasir serta membantu peregerakan kotoran pada usus besar.

Nah, itulah beberapa manfaat makan pisang setiap hari yang bisa kamu dapatkan. 

Baca terus di healty99.com seputar buah pisang.

Ref : healthline

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i