CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Pemanfaatan Pohon Pisang mulai dari Akar, Bonggol, Batang, Bunga hingga Buah - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Pemanfaatan Pohon Pisang mulai dari Akar, Bonggol, Batang, Bunga hingga Buah

gambar tanaman pisang
Sumber foto : pixabay/ceguito
Healty99 - Pisang adalah salah satu tanaman yang keberadaanya melimpah. Setidaknya ada banyak jenis-jenis pisang yang tersebar di Indonesia, mulai dari pisang kepok, lilin, lemak manis, sembatu, cavendish, ambon dan masih banyak lagi.

Pisang juga merupakan jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan hampir seluruh bagian pohonya, mulai dari akar, bonggol, buah, batang, daun hingga bunganya.

Bahkan bisa dikatakan, seluruh bagian komponen pada tanaman pisang tidak akan terbuang sia-sia jika digunakan secara baik.

Lantas apa bentuk dari pemanfaatan tanaman pisang secara menyeluruh? Penasaran yuk simak lebih lanjut.

Manfaat Pohon Pisang dari Akar Sampai Buah

tanaman pisang berbuah
Sumber foto : pixabay/SatyaPrem

1. Akar pohon

Yang pertama ada bagian akar. Akar pohon pisang pada dasarnya jarang sekali diolah, dan kebanyakan hanya dibiarkan saja begitu sesudah memanen buahnya.

Namun tahu kah kamu sebenarnya bagian satu ini mempunyai khasiat yang luar biasa. Akar pohon pisang mempunyai kandungan anthelmintic, sorepinefrin, aucubin dan beberapa senyawa lainnya yang bersifat antiinflamasi.

Akar pisang juga kerap dijadikan campuran dalam pembuatan minyak urut tradisional, karena diklaim bisa mengatasi pegal-pegal, bengkak dan memar.

2. Bonggol 

Bonggol merupakan bagian pangkal tanaman sekaligus penompang batang pada tanah. Pada tanaman pisang, boggolnya padat dan tidak berlapis-lapis seperti bagian batang, pada bagian ini juga merupakan tempat akar serabut pisang tumbuh.

Bonggol bisa diolah menjadi aneka makanan yang enak loh, salah satunya ialah keripik bonggol pisang dan sayur bonggol kuah santan.

Namun tentu saja harus diolah terlebih dahulu, karena bagian satu ini terdapat banyak getah.

2. Batang 

Pisang merupakan tanaman yang tumbuh dengan tunas, batangnya tidak berkambium dan memiliki banyak lapisan seperti bawang merah.

Ada banyak pemanfaatan dari batang pisang yang bisa kamu lakukan, mulai dari untuk makanan ternak, maninan, sayur konsumsi, cemilan dan obat tradisional.

Untuk pakan ternak biasanya batang pisang dicincang (rajang) kemudian diberi cairan probiotik untuk fermentasi, setelah itu baru diberi ke ternak bebek, ikan, ayam, sapi hingga untuk pupuk tanaman.

Untuk mainan biasanya batang pisang dibuat kuda-kudaan, mobil-mobilan, perahu (rakit) hingga keperluan wayang kulit, pernikahan, hingga tatakan hiasan.

Untuk sayur konsumsi, batang pisang hanya digunakan pada bagian dalamnya saja. Dengan cara mengupas kulit batang yang berlapis-lapis hingga ke bagian inti, setelah itu baru bisa diolah, karena bagian ini tidak keras saat dimasak.

Sedangkan untuk obat tradisional biasanya batang pisang direbus, yang kemudian dikonsumsi dan diklaim bisa menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

3. Daun 

Daunnya yang lebar dan besar tentu saja sering dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan hingga jajanan tradisional.

Banyaknya penggunaan daun pisang sebagai pembungkus dikarenakan bisa membuat aroma lebih wangi, memberikan warna pada makanan, tidak ribet, ramah lingkungan dan tentu saja murah meriah.

4. Tangkai (pelepah daun)

Pisang mempunyai tangkai daun yang panjang, bahkan bisa mencapai tiga meter tergantung dari jenisnya.

Untuk tangkai pisang memiliki serat yang cukup kuat, sehingga ini kerap kali dimanfaatkan menjadi tali darurat ataupun sudah dalam bentuk industri. 

Bagian satu ini juga kerap dijadikan mainan anak-anak, mulai dari boneka, pedang, tembak-tembakan dan sebagainya.

5. Buah

Kalo buah pastinya kamu sudah tahu kan. Yap, buah pisang diambil memang untuk dikonsumsi. Itulah sebabnya ada banyak budidaya tanaman pisang untuk tujuan komersil.

Selain mempunyai rasa yang manis, lembut dan bergizi tinggi. Buah pisang juga sangat mudah untuk diolah menjadi aneka makanan yang enak sekaligus lezat.

6. Bunga

Bunga atau biasa disebut dengan jantung pisang, merupakan bunga yang dihasilkan oleh pokok tanaman. Ini adalah awal atau cikal bakal terbentuknya buah yang kita kenal.

Bunga atau jantung pisang biasanya akan dibuang, terutama pada tanaman budidaya. Tujuan dibuang ialah agar buah bisa mendapatkan nutrisi secara sempurna dan tampak lebih berisi.

Nah, bagian satu ini bisa dikonsumsi loh. Bahkan jika sudah diolah menjadi sayur rasanya sangat enak. Tentu tidak semua jenis pohon pisang bagian bunganya bisa diolah, hanya bunga dari pisang kepok yang bisa dikonsumsi.

Hal ini dikarenakan rasanya tidak terlalu pahit dan ukuranya yang besar.

Itulah pemanfaatan tanaman pisang mulai dari akar hingga buah yang dapat kamu ketahui. Luar biasa bukan? Tidak ada bagian yang tidak berguna dari tanaman satu ini.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i