CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tips dan Cara Membuat Tulisan Artikel Agar Menarik Dibaca Banyak Orang - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Tips dan Cara Membuat Tulisan Artikel Agar Menarik Dibaca Banyak Orang

gambar orang lagin menulis artikel
Sumber foto : pixabay/StockSnap
Healty99 - Bagi yang hobi menulis dan mengetik, tentu membuat artikel bukanlah hal yang sulit. Namun yang jadi permasalahan ialah terkadang tidak semua artikel tersebut dapat dibuat secara menarik mungkin untuk para pembaca.

Sebagai pemula, membuat artikel yang menarik di baca tentu terkadang menjadi perkara yang sulit. Tulisan yang ejaanya tidak benar serta kalimat dan kata yang diulang-ulang pasti akan membuat para pembaca menjadi bosan.

Terlebih lagi buat kamu yang memiliki website atau halaman blog sendiri, pastinya tidak inginkan orang yang melihat langsung keluar karena tutur kalimat tidak jelas. 

Tips dan Cara Agar Artikel Menarik serta Enak Dibaca

Buat kamu yang ingin menghasilkan tulisan ataupun ketikan artikel yang menarik serta enak dibaca banyak orang, maka pengalaman adalah yang paling penting. 

Hal ini dikarenakan secara tidak langsung dan lambat laun kamu akan mengetahui komposisi, penempatan, tutur kalimat, penggunakan kata serta tanda baca di setiap barisnya.

Namun sebagai masukan, adapun beberapa tips dan cara agar tulisan artikel kamu lebih menarik dibaca banyak orang. 

1. Tentukan topik

Pertama kamu harus menentukan topik artikel yang akan dibuat. Jika ada banyak pilihan topik yang ingin dibuat, ada baiknya kamu memilih salah satu sebagai permulaan dan percobaan.

Pilihlah topik yang setidaknya kamu kuasai walaupun itu sedikit, karena nantinya akan mempermudah dalam merangkai kalimat.

Sebagai contoh beberapa topik tersebut ialah gawai, memasak, memancing, flora, fauna, adat, seni, musik, film dan sebagainya. 

Bila perlu topik tersebut ada sangkut pautnya dengan hobi atau kesukaan kamu.

2. Gali lebih jauh tentang topik

Untuk membuat tulisan artikel yang menarik dibaca, tentu tidak dengan beberapa paragraf saja. Pasalnya para penikmat atau pembaca pasti ingin mengetahui lebih terhadap informasi yang kamu berikan.

Jika topik yang kamu buat merupakan hal yang baru bagi kamu, maka sudah selayaknya kamu berperan sebagai pembaca dengan mencari tahu lebih terhadap informasi yang ingin kamu buat.

Sebagai contoh, misalnya kamu ingin membuat artikel seputar memancing ikan akan tetapi kamu tidak tahu bagaimana itu cara memancing dan apa saja peralatanya.

Nah, karena ketidaktahuan kamu tentang seputar memancing, pastinya kamu membutuhkan informasi lebih mengenai hal tersebut. 

Untuk itulah kamu harus menggali lebih jauh seputar topik tersebut, sebagai contoh mengetahui beberapa keperluan memancing seperti senar, kail, umpan, joran, pelampung dan sebagainya,

Dengan menggali lebih jauh topik tentu akan banyak hal dan ide yang kamu dapatkan, sehingga menulis menjadi lebih mudah tanpa adanya tersendat.

3. Buat jawaban dari atas pertanyaan

Buat jawaban dari atas pertanyaan yang dimaksud ialah, kamu harus membuat artikel sedetail dan sejelas mungkin.

Pastikan pertanyaan tersebut berdasarkan keingintahuan dan rasa penasaran dari sebagian orang yang juga sedang kamu rasakan.

Sehingga artikel yang kamu buat dapat ditujukan untuk membatu banyak orang diluar sana.

Orang (pembaca) yang datang ke halaman kamu tentu memiliki beberapa pertanyaan dalam benaknya, nah inilah kesempatan kamu bagaimana caranya menjawab dari beberapa pertanyaan tersebut dengan mengulas topik semaksimal mungkin.

Sehingga para pembaca akan terus tertarik dan larut dengan tulisan kamu, lalu pada akhirnya menemukan jawaban yang di inginkan.

Tentu jawaban atas pertanyaan yang kamu buat jelas dan berdasarkan logika akal sehat.

 4. Membuat struktur tulisan

Struktur tulisan atau susunal artikel memang harus diperhitungkan, karena hal tersebut dapat menjadi penentu bagi seseorang dalam membaca isi tulisan yang kamu buat. 

Perhatikan juga beberapa poin penting yang memang harus ditonjolkan atau digaris bawahi.

Struktur tulisan yang mudah dan enak dibaca harus memiliki judul utama atau title, gambar dari setiap poin penting, sub judul, paragraf dan ringkasan.

Selain itu ketahui juga letak tanda baca, paragraf dan kalimat yang memang harus digunakan.

Penggunaan sinonim dan pengulangan kata juga bisa kamu terapkan, akan tetapi jangan terlalu berlebihan karena bisa melenceng dari arti dan membuat bosan.

5. Buat judul utama semenarik mungkin

Membuat judul utama harus semenarik mungkin sehingga para pembaca penasaran terhadap tulisan kamu.

Pastikan judul tersebut mempresentasikan dari keseluruhan artikel, relevan dan tidak mengandung klik bait (pancingan) yang malah tidak ada kaitanya dengan isi tulisan.

Buatlah judul maksimal 12 kata, tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang. Sebagai contoh misalnya kamu membuat artikel seputar memancing, maka judulnya bisa menggunakan :

  • Cara Memancing Dilaut Dan Beberapa Peralatan Yang Harus Dipersiapkan

Atau :

  • Cara Mendapatkan Ikan Nila Dengan Menggunakan Umpan Racikan

6. Fokus paragraf utama (awal)

Setiap orang yang membaca artikel pasti sekurang-kurangnya akan membaca beberapa kata pada bagian paragraf utama alias paragraf sesudah judul (title).

Nah, oleh karena itu kamu harus memfokuskan pada bagian paragraf utama dengan dibuat semenarik mungkin.

Setidaknya posisi tersebut dilengkapi beberapa kata kunci dari judul, serta mengandung kalimat yang jelas tanpa banyak pengulangan.

7. Isi artikel relevan dengan judul

Cara membuat tulisan artikel agar menarik dibaca banyak orang pasti harus relevan, karena jika tidak relevan atau tidak sesuai para pembaca justru akan bosan dan malah kabur.

Pastikan isi artikel yang kamu buat harus lengkap, sedetail mungkin dan tentunya memiliki poin-poin penting.

Sebagai contoh, jika kamu menggunakan judul Cara Memancing Dilaut Dan Beberapa Peralatan Yang Harus Dipersiapkan maka isi artikel harus ada ulasan seputar :

  1. Tips dan cara memancing di laut
  2. Umpan mancing di laut
  3. Peralatan untuk memancing dilaut

Itu adalah isi artikel yang relevan, yang tidak relevan ialah jika judul tulisan memancing dilaut tetapi yang kamu buat malah mengenai seputar memancing di sungai. Pastinya hal tersebut sama sekali tidak cocok.

Di sisi lain, isi dari tulisan yang kamu buat bisa saja berdasarkan pengalaman, ide, gagasan atau pendapat dari setiap individu.

8. Penutup dari artikel

Untuk penutup pada dasarnya tergantung dari si pembuat alias si penulis, tidak dibuat juga tidak menjadi masalah, namun di buat juga tidak menjadi masalah.

Jika kamu ingin membuat bagian penutup artikel, maka cukup ringkasan saja dari keseluruhan artikel.

Atau juga bisa kamu ambil kesimpulan dari beberapa pertanyaan kecil yang akan mungkin dilontarkan.

9. Edit dan baca ulang

Setelah selesai membuat artikel, agar lebih menarik dan bagus ada baiknya kamu melakukan edit serta membaca tulisan sendiri kembali sebelum di publikasikan.

Bacalah secara perlahan di setiap paragraf dan kalimat, sehingga menghasilkan kosa kata yang baik dan ejaan tidak terbelit-belit.

Dengan membaca ulang kamu juga bisa mengetahui kemungkinan ada kalimat yang kurang jelas, terbolak baliknya kata, kesalahan ketik alias typo maupun penggunaan tanda baca yang salah.

Dengan begitu kamu bisa memperbaiki tulisan yang dibuat dan mengurangi resiko pembaca menjadi bosan.

Nah, itulah tips dan cara membuat tulisan artikel agar lebih menarik dibaca banyak orang.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar blogging. 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel