Manfaat lalapan daun kenikir bagi kesehatan.


Hayo siapa yang hobi lalapan pasti tau dengan tanaman satu ini.

Yap kenikir merupakan tumbuhan yang ditanam untuk di manfaatkan bagian daunya, daunya dianggap sebagai bahan makanan super dan banyak diolah untuk menjadi campuran salad, obat tradisional, aneka olahan, hiasan masakan atau hanya sekedar untuk lalapan saat makan.

Kenikir atau dengan nama latin Cosmos caudatus diketahui tanaman yang berasal dari kawasan Amerika latin lalu kemudian menyebar ke kawasan Asia Tenggara, di Indonesia sendiri pohon kenikir dapat tumbuh dengan subur dan mudah didapat.

Sebagian orang yang pertama kali mengkonsumsi daun kenikir memang akan terasa aneh dan kasar di lidah, tak heran ada juga yang tidak menyukainya. Namun tenang hal itu sebanding dengan manfaat yang didapat jika kamu mengkonsumsinya. 

Diketahui daun kenikir mengandung protein, serat, vitamin C, vitamin B dan beta karoten. Sedangkan untuk mineralnya terdapat kalsium, kalium, fosfor, natrium, seng, zat besi dan tembaga.

Selain itu daun kenikir juga mempunyai zat aktif yang bersifat antiradang, antibakteri, antioksidan dan mampu menjaga tulang agar lebih kuat. 

Berikut beberapa dampak baik yang ditimbulkan jika rutin mengkonsumsi daun kenikir :

1. Mengatur tekanan darah.

Manfaat yang pertama dan pasti yaitu daun kenikir mengandung zat besi yang mana mampu meningkatkan tekanan darah menjadi normal dengan syarat takaran yang sesuai dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Jika berlebihan malah dapat membuat tekanan darah akan menigkat dan menimbulkan efek lain.

2. Mencegah sel kanker tumbuh dan berkembang.

Perlu kamu ketahui pada daun kenikir mengandung senyawa Antioksidan, Vitamin C cukup banyak serta terdapatnya beberapa zat asam yang tentunya baik untuk tubuh sekaligus meningkatkan daya tahan terhadap serangan yang mampu merusak sel-sel didalam tubuh.

3. Mengobati secara bertahap penyakit diabetes dan memperbaiki kinerja insulin. 

Yang perlu kita ketahui insulin dalam tubuh kita berfungsi untuk memproses penyerapan glukosa menjadi energi, jika insulin tidak diproduksi maka akan terjadi penumpukan glukosa dalam darah dan mengakibatkan penyakit diabetes.

4. Memperbaiki masalah tulang.

Masalah tulang seperti osteoporosis, pengapuran dan nyeri sendi dapat di cegah dan di perbaiki dengan mengkonsumsi daun kenikir secara teratur. Selain itu kandungan mineral kalsium, kalium dan natrium dalam daun kenikir dapat memperlambat seseorang untuk terkena penyakit pengeroposan tulang dan sendi.
Daun kenikir dapat menjadi alternatif untuk menutup luka sementara sekaligus untuk pencegahan terhadap infeksi akibat kuman, karena sifatnya yang antibakteri dan radang.

Itulah beberapa manfaat yang didapat jika kamu rutin mengkonsumsi daun kenikir, tapi ingat jangan konsumsi secara berlebihan, cukup beberapa lembar namun dilakukan secara rutin itu lebih baik.

Baca juga :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i