CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mimosa Pigra, Tanaman Berduri Dikenal Banyak Manfaat - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Mimosa Pigra, Tanaman Berduri Dikenal Banyak Manfaat


gambar tanaman mimosa pigra putri malu batang besar

Healty99 - Mimosa pigra L merupakan nama ilmiah dari spesies tanaman liar yang di kenal juga sebagai pohon ki kerbau, akar kopo, daun sikejut, putri malu besar, seikejut besar (Melayu), bujang kagit (Sunda), sihirput (Batak) dan kucingan, randelik (Jawa).

Penyebutanya ada banyak, oleh karena itu mungkin saja didaerah kamu memiliki pangilan lain untuk tumbuhan berduri ini.

Mengenal Mimosa Pigra

Melihat gambarnya saja mungkin kamu sudah tahu. Yap, ini merupakan tumbuhan liar yang biasa kita temukan di hutan, semak-semak, kebun dan hutan dan diketahui masih satu keluarga dengan putri malu namun dengan ukuran dan bentuk yang cukup berbeda.

Untuk karakteristik secara umum memiliki sifat yang sama dengan jenis putri malu lainnya yaitu sensitif saat ada rangsangan sentuhan, terutama pada bagian daun dan tangkai.

Saat diberi sentuhan maka secara otomatis tangkai daun akan melipat, hal ini karena sifat alaminya dengan tujuan untuk melindungi diri dari bahaya.

Hal yang sama juga terjadi pada malam hari di mana daun akan otomatis melipat dan mengatup karena tidak adanya paparan sinar matahari.

Ciri yang membedakan Mimosa pigra (putri malu besar) dengan Mimosa pudica (putri malu kecil) yaitu terletak pada fisiknya. Jenis satu ini (M. pigra) mempunyai batang pohon yang keras serta dapat tumbuh mencapai 6 meter.

Ciri khas lainnya ialah pada satu tangkai terdapat daun yang jumlahnya sekitar 16 pasang, memiliki kepala bunga yang putih dan berbentuk bulat, serta buah yang di selimuti bulu-bulu halus. Buah alias bijinya memilikin bentuk pipih dan berjejer rapi.

Sedangkan Mimosa pudica (putri malu kecil) berukuran pendek dan kerap di temukan di semak-semak serta tidak lebih tinggi dari 50 cm.

Habitat

Pada dasarnya putri malu merupakan termasuk tumbuhan liar yang dapat kamu jumpai di sembarang tempat mulai dari hutan, blukar, semak-semak, kebun, perkarangan rumah dan bahkan ditepi jalan.

Mimosa Pigra diketahui bukanlah tumbuhan asli endemik Indonesia, melainkan berasal dari benua Amerika bagian tropis yang kemudian menyebar luas kebenua lainya terutama Asia.

Di Indonesia sendiri Mimosa pigra dianggap sebagai gulma penggangu, karena kehadiranya memang tidak di inginkan. Terlebih lagi jika tumbuh di kawasan pertanian dan tanaman budidaya.

Banyak orang yang tidak menyukai tumbuhan satu ini dan dianggap pengganggu, mengapa tidak, terdapat duri tajam pada seluruh batangnya mulai dari pangkal akar hingga ke ujung daunya. Jika tanpa sengaja tertusuk bagian duri bisa menyebabkan perih dan luka sayatan pada kulit.

Manfaat

gambar tanaman mimosa pigra putri malu batang besar buah

Akan tetapi tahukah kamu, balik pandangan buruk itu semua ternyata tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Mimosa pigra ini menyimpan banyak khasiat yang tidak banyak orang mengetahuinya loh.

Secara kandungan tumbuhan Mimosa pigra diketaui terdapat sejumlah senyawa yang diantaranya ada saponin, tanin, flavonoid, dan steroid.

Berdasarkan hasil penelitian di bidang tanaman obat herbal, tumbuhan putri malu dapat mengatasi beberapa masalah penyakit seperti:

1. Menyembuhkan luka

Yang pertama bisa membatu mempercepat penyembuhan luka, terutama pada orang yang menderita luka yang sulit mengering akibat diabetes.

Caranya tumbuk halus bagian daun dan kulit batang, kemudian tempelkan pada area luka. Lakukan secara berulang hingga luka mengering.

2. Mencegah infeksi

Tanaman putri malu bersifat anti-infamasi, kemampuan ini juga dapat mencegah serangan infeksi akibat kuman dan bakteri.

3. Menghentikan pendarahan pada luka

Buat kamu yang mengalami luka berdarah dan ingin cepat kering, maka kamu bisa coba manfaatkan Mimosa pigra. Pasalnya tanaman satu ini kerap dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghentikan darah saat luka.

Caranya ambil bagian daun kemudian tubuk halus, setelah itu usap pada bagian yang luka terutama luka akibat gigitan lintah.

4. Obat demam

Buat kamu yang sedang mengalami demam dan sakit kepala, cobalah untuk tidak selalu meminum obat-obatan instan. Manfaat putri malu diyakini membantu mengatasi masalah demam dan mengurangi gejala yang ditimbulkan seperti sakit kepala, menggigil dan juga keringat dingin.

Kemampuan ini didapat karena kandungan senyawa pada putri malu di klaim berkhasiat dalam mengontrol suhu tubuh agar tetap selalu normal, sehingga masalah demam dan panas bisa diturunkan.

5. Mengatasi cacingan

Terdapatnya senyawa yang bersifat Anthelmitik, dimaka memiliki kemampuan terhadap melawan dan sekaligus membasmi infeksi cacing dalam tubuh, terutama pada bagian pencernaan.

Cara mengolahnya kamu cukup merebus kulit batang, kemudian airnya di minum secara rutin.

6. Meningkatkan stamina pria

Tanaman liar berduri ini juga diklaim bisa meningkatkan stamina pria. Air rebusan dari Mimosa pigra di percaya beberapa kalangan masyarakat mampu meningkatkan stamina pria, terutama pada saat aktivitas di atas ranjang.

Namun yang perlu kamu ketahui ialah manfaat masih belum pasti akan kebenaranya, sehingga masih perlu penelitian lebih terhadap manfaat yang diberikan.

Akan tetapi isu yang beredar telah dikenal oleh banyak masyarakat pada masanya.

7. Mengatasi peradangan

Selanjutnya ialah bantu atasi masalah nyeri sendi serta nyeri otot akibat kelelahan.

Hasil dari sebuah penelitian membuktikan jika tanaman Mimosa pogra dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri yang terjadi pada penderita rematik.

Cara penggunaanya ialah dengan merendam bagian batang tanaman kedalam arak putih selama 2 minggu lalu kompres ke bagian tubuh yang sakit.

Akan tetapi khasiat satu ini juga masih belum di ketahui akan kebenaranya, namun karena penggunaanya dari luar tubuh mungkin kamu bisa mencoba.

Itulah beberapa manfaat yang dapat di atasi dari tumbuhan liar Mimosa pigra.

Telepas dari itu semua tergantung dari kepercayaan masing-masing orang yang ingin mengunakanya, semua terserah kepada yang ingin mencoba atau hanya sekedar penasaran.

Yang perlu diketahui bahwah tumbuhan ini telah di gunakan sejak lama oleh sebagai obat tradisional sebelum adanya obat-obatan instan seperti sekarang.

Note : Informasi yang terkandung dalam postingan ini hanya untuk tujuan umum dan tidak untuk dianggap sebagai saran medis atau sebagainya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel