CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mengenal pohon merkubung atau damar serta pengunaanya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Mengenal pohon merkubung atau damar serta pengunaanya


Merkubung dalam bahasa latin kenal dengan Maracanga Gigantea, nama merkubung mungkin agak sedikit asing ditelinga kalian. Di Indonesia sendiri memang penyebutanya beragam contohnya pohon simbar kumbang (Lampung), tutup gede, mahang damar atau kayu damar, mahawenang, sangkubang (Belitung), same dan tula - tula.

Di ketahui tinggi dari pohon dapat mencapai 35 - 45 meter dengan di ameter besar batang sekitar 70 - cm, habitat utama tumbuhan ini hanya dapat ditemui di dalam hutan sekuder dan primer, namun terkadang dapat tumbuh dibebagai tempat akibat penyebaran biji yang dibawa hewan.

Awal mulanya di perkenalkan tumbuhan kurang tahu pasti, namun jika dilihat dari penyebaranya merkubung dapat ditemui mulai dari kawasan Malaysia, Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi.

Ciri identik dari tumbuhan ini ialah batang kayunya yang besar, bebas cabang hingga 20 meter, bedaun lebat dengan bagian cabang ranting atas yang mekar.

Baca juga :

Akibat batangnya yang polos alias tidak terdapatnya cabang membuat tumbuhan ini banyak dicari untuk diambil kayunya, di ketahui jenis dari kayu merkubung memiliki tingkat kekuatan no V serta dalam keawetan no III - IV.

Sehingga pemanfaatan bagian batang banyak di gunakan dalam industri seperti prabotan, papan, balok kayu, bahan bangunan, gagang cangkul, pelampung, arang dan triplek.

Selain itu tahu kah kamu? Pada bagian akar pohon mudanya di percayai oleh beberapa masyarakan pedalaman untuk mengatasi masalah diare dan mules, terlepas benar atau tidaknya hal itu telah digunakan sejak lama. Jika dilihat dari cara pengolahanya untuk pengobatan, terbilang sangat sederhana yaitu cukup potong akar mudanya sedikit kemudian rebus hingga mendidih lalu air rebusanya di minumkan ke orang yang sedang sakit.

Bukan hanya pengunaan bagian akar dan batangnya saja, bagian getahnya dan daunya juga dapat di manfaatkan. Getah yang di keluarkan dari pohon merkubung memiliki warna kecoklatan dan dapat di gunakan sebagai perekat alami, sedangkan bagian daunnya di gunakan untuk pembungkus makanan karena mempunyai ukuran yang lebar.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel