Akebia, Salah Satu Buah Liar Yang Eksotis

Akebia, Salah Satu Buah Liar Yang Eksotis chocolate vine
Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/akebia-tanaman-quinata-ungu-bunga-2763288/
Healty99 - Melihat gambarnya apakah kamu sudah tahu dengan buah satu ini? Jika belum yuk cari tahu informasinya. Namanya adalah Akebia, salah satu buah eksotis yang cukup terkenal.

Akebia memiliki nama latin Akebia quinata, merupakan termasuk tumbuhan liar yang diketahui berasal dari kawasan Jepang dan Asia Timur lainya, seperti Cina dan Korea. Akan tetapi tumbuhan satu ini juga bisa dijumpai di Amerika Serikat bagian timur dari Georgia hingga Michigan dan Massachusetts, namun dengan penyebutan chocolate vine atau five-leaf chocolate vine.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Buah Akebia

Orang pertama melihatnya akan terasa heran dan berkata "buah apa ini?" Pasalnya buah akebia memiliki bentuk lonjong, dengan kulit luar berwarna unggu hingga biru pekat dan isi dalam buah yang mirip dengan buah markisah.

Ditempat asalnya sana Jepang, buah satu ini sangat mudah dijumpai, karena memang akebia biasa tumbuh liar dihutan, kebun dan semak-semak, namun tak kala ada juga yang membudidayakanya untuk keperluan komersi alias konsumsi.

Manfaat buah akebia
Sumber foto : istimewa
Jika kamu bertanya apakah buah akebia bisa dikonsumsi? Yap, tentu saja, buah satu ini memang bisa dikonsumsi, baik itu secara langsung saat sudah matang ataupun diolah menjadi bahan baku makanan.

Akebia yang sudah matang dipohon ditandai dengan ujung buahnya yang sudah mulai terbuka. Ada beberapa bagian dari buah satu ini, jika dibuka kulit luarnya tebal, sekitar 1 cm dengan permukaan luar berwarna unggu atau biru pekat dan bagian dalam kulit berwarna putih, serta kulit buah akebia mempunyai rasa yang cukup pahit.

Bagian biji diselimuti lapisan tipis seperti selaput pada buah markisah. Bijinya berukuran kecil, sedikit lengket dan berlendir akan tetapi rasanya manis. Cara mengkonsumsinya sama seperti buah markisah, dimana bijinya ditelan secara langsung. Jika kamu ingin mengkonsumsinya cobalah untuk tidak mengunyah bagian bijinya.

Hal ini karenakan, jika bijinya pecah maka akan mengeluarkan rasa pahit. Di beberapa negara bagian Asia Timur, buah akebia biasa diambil biji dan daging kulitnya. Bijinya biasanya diolah menjadi minuman segar, miso maupun dimakan langsung, sedangkan kulitnya yang pahit biasa dimasak menjadi makanan sayur sehari-hari.

Namun berbanding terbalik dengan negara Selandia Baru dan sekitarnya, dimana buah akebia disana lebih dianggap tanaman gulma pengganggu. Pasalnya pohon akebia terbilang tinggi yaitu sekitar 10 meter, berdaun semak dan dapat mudah tumbuh menyebar.

Manfaat Buah Akebia

mengenal buah akebia chocolate vine Akebia quinata five-leaf chocolate vine
Sumber foto : Istockphoto
Walaupun begitu, disatu sisi akebia memiliki pandangan negatif bagi sebagian orang, namun buah unik satu ini memiliki beberapa manfaat baik untuk kesehatan tubuh loh.

Dikutip dari healthbenefitstimes.com bahwa buah akebia atau chocolate vine mempunyai khasiat diantaranya :

  1. Pereda nyeri
  2. Bersifat anti-inflamasi
  3. Bersifat diuretik
  4. Mengatasi sakit kepala
  5. Mencegah penyakit tumor
  6. Sumper alternatif mineral kalium
  7. Mengatasi beberapa masalah pencernaan
  8. Mengatasi sariawan
  9. Baik untuk kesehatan kulit
  10. Serta melancarkan peredaran darah

Nah itulah beberapa informasi mengenai buah akebia (chocolate vine) baik dari manfaatnya, bentuk dan tempat asalnya.

Ikuti terus healty99.com dengan membaca info unik dan menarik lainya seputar buah-buahan dan tanaman.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i