Cara Mudah Mengatasi Gatal Akibat Getah Pohon Aren Mengenai Kulit

Cara Mudah Mengatasi Gatal Akibat Getah Pohon Aren,  Enau, beluluk atau kolang kaling Mengenai Kulit
Sumber foto : Istockphoto/arenga pinnata
Healty99 - Kebutuhan pasar akan buah aren (buah enau) atau kolang-kaling membuat para petani harus terus memasok, terlebih lagi saat musim ramadhan tiba kolang-kaling kian diburu untuk kudapan ataupun makanan pencuci mulut lainya. 

Hal ini tentunya membuat para pemanen buah aren bekerja lebih ekstra, tak kala para pemanen harus memanjat pohon aren yang tinggi serta harus mengolah buahnya agar dapat langsung dijual.

Namun terkadang para pemanen dan pengolah dihadapkan dengan getah dari buah enau atau aren itu sendiri. Yap, saat memetik buah dari tangkainya terkadang tanpa sengaja terkena getahnya.

Getah dari buah aren berwarna transparan serta seperti lendir. Saat getah mengenai kulit, dalam beberapa menit yaitu sekitar 4 sampai 10 menit maka akan terasa gatal dan ruam merah. Hal inilah terkadang membuat para pengolah buah aren engan dan harus berusaha lebih ekstra hati-hati.

Baca juga : 

Buah Asam Yang Tak Banyak Orang Tahu

Terlebih lagi untuk orang awam yang tidak mengetahui bahwa getah buah aren bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Akan tetapi tak perlu khawatir, untuk kamu yang tanpa sengaja terkena getah dari buah aren atau enau bisa diatasi kok. Berikut beberapa cara mengatasi atau meredakan rasa gatal pada kulit akibat getah pohon aren.

1. Mencuci dengan sabun

Jika kamu tanpa sengaja terkena getahnya harap langsung segera dicuci menggunakan sabun hingga benar-benar bersih, dan ada baiknya cuci dengan air yang mengalir.

Jika sudah terlalu lama dan sudah terasa gatal, cobalah untuk mencucinya dengan menggunakan air hangat.

2. Menggunakan gula merah

Beberapa orang yang kerap mengambil buah aren, mengatakan bahwa sering memanfaatkan gula merah dalam mengatasi masalah gatal, dan kemerahan pada kulit akibat terkena getahnya.

Caranya cairkan gula merah dengan sedikit kental, lalu oleskan pada kulit yang terasa gatal. Selain itu, adapun yang menggunakan madu dalam mengatasinya.

3. Menggunakan minyak sayur

Cara selanjutnya ialah bisa menggunakan minyak sayur dalam mengatasi gatal akibat buah enau (kolang-kaling). Cukup kamu oleskan minyak pada kulit yang terkena getah.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa gatal saat terkena getah buah enau atau aren.

Selain itu adapun cara mudah untuk terhindar dari iritasi dan gatal akibat getah buah enau, yaitu dengan menggunakan pelindung tangan, seperti sarung tangan plastik dan sebagainya.

Namun jika sudah terlanjur terkena, harap untuk tidak menggaruknya. Saat terkena kulit memang akan terasa gatal, namun cobalah untuk ditahan sebentar jika tidak bisa membersihkanya.

Menggaruk kulit yang terkena getah buah aren justru hanya akan memperparah, dan bisa menyebabkan bentol-bentol, pembengkakan, ruam merah dan gatal menyebar kebagian tubuh lainya, terasa perih serta bisa menyebabkan iritasi berlebih pada kulit.

Terlebih lagi untuk kamu yang mempunyai kulit sensitif, bisa meninggalkan bekas.

Itulah beberapa cara mengatasi rasa gatal akibat terkena getah buah aren (buah enau) atau kolang-kaling. 

Ikuti terus healty99.com untuk cari tahu informasi menarik dan tips lainya.


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i