CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tarap, Buah Hutan yang Bisa Dimakan dan Mempunyai Manfaat - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Tarap, Buah Hutan yang Bisa Dimakan dan Mempunyai Manfaat

gambar buah tarap, terap
Sumber foto : radarpekalongan
Healty99 - Tarap atau Terap merupakan penyebutan untuk buah dari tanaman Artocarpus odoratissimus yang termasuk kedalam keluarga nangka-nangkaan. Dibeberapa daerah di Indonesia ia juga dikenal dengan nama buah marang, lumuk, timadang, atau Johey oak.

Penasaran? Yuk simak lebih lajut tentang manfaat dan ciri khasnya.

Mengenal Buah Tarap atau Terap

Buah Terap memiliki ciri khas yaitu berbau harum menyegat seperti kebanyakan buah nangka yang telah dalam kondisi matang, berbentuk bundar namun tidak beraturan, serta ukuranya yang kira-kira sebesar bola.

Pada bagian kulit luarnya berwarna hijau kecoklatan saat telah masak, terdapat duri tumpul seperti rambut dan tidak berbahaya jika disentuh.

Sedangkan untuk bagian dalam buah mirip seperti nangka, hanya saja berwarna putih bersih.

Baca juga : 

Mengenal Buah Tempunik Yang Bikin Mabuk

Jika dilihat secara sekilas, buah Terap atau Tarap mirip dengan Tempunik, terlebih lagi jika dilihat dari bentuk kulit luarnya, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan yang mencolok loh.

Walau masih dalam satu keluarga nangka-nangkaan, namun Tarap dan Tempunik dapat dibedakan dengan melihat warna buah. Daging buah tarap umumnya memiliki warna putih bersih, sedangkan Tempunik sendiri memiliki warna daging buah orange atau kuning kecoklatan. 

Untuk pohon, Terap dapat tumbuh tinggi sekitar 25 m, dengan batang lebar bisa mencapai 40 cm, berwarna keabu-abuan. Ranting pohon satu ini diketahui memiliki bulu-bulu halus dengan warna kuning sampai kemerahan.

Dihabitat asli, pohon Tarap dapat ditemukan didalam hutan lindung, hutan liar dan perkebunan, jarang sekali ditemukan berdapingan dengan kita. Itulah sebabnya banyak orang mengenalnya dengan buah nangka hutan.

Apakah buah Tarap atau Terap bisa dimakan? 

Tentu saja bisa, terlebih lagi buah satu ini memiliki rasa yang manis dan berbau harum. Kamu bisa makan secara langsung saat telah matang, atau diolah terlebih dahulu menjadi aneka makanan juga bisa.

Kandungan Buah Tarap 

Buah Tarap sendiri diketahui mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh, diantaranya dapat berupa protein, karbohidrat, kalsium, lemak, gula, fosfor, zat besi, beta-karoten, kalium, retinol, niacin, thiamin, serat pangan, riboflavin, vitamin A dan C.

Mengkonsumsi dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan tentu akan memberi manfaat baik untuk kesehatan. 

Untuk itu berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengkonsumsi buah satu ini.

Manfaat Buah Tarap atau Terap

gambar buah terap, tarap
Sumber foto : lcgfruits.wordpress.com

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat yang pertama ialah bisa melancarkan saluran pencernaan dan mencegah masalah seperti sembelit atau susah buang air besar.

Hal ini karena kandungan serat pada buah yang dikatakan tinggi sehingga mudah untuk dicerna oleh usus, disisi lain manfaat serat juga dapat membantu melancarkan pergerakan feses dalam saluran pencernaan sekaligus mencegah penumpukan kotoran yang mengakibatkan masalah sembelit atau sebagainya.

 2. Sumber Energi

Terap mengandung sejumlah energi yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya ialah karbohidrat, gula alami dan protein.

Nah, jika kamu menemukan buah satu ini dihutan, tentu bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu sumber makanan yang penuh energi.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah Tarap lainnya ialah bisa menjaga kesehatan tulang dan mencegah kerusakan sendi.

Hal ini bukan tanpa sebab, pasalnya ia mengandung mineral kalium dan zat besi yang tinggi dan bisa berguna untuk memperkuat tulang sekaligus mencegah pengapuran.

Disisi lain, kalium juga berguna untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan aliran darah pada tubuh.

4. Sumber Nutrisi Penting

Tahukah kamu bahwa buah satu ini bisa memenuhi beberapa kebutuhan nutrisi harian kamu loh.

Terlebih lagi beberapa kandungan mineral dan vitamin seperti protein, karbohidrat, kalsium, lemak, gula, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, serat, kalium dan sejumlah senyawa pendukung lainnya yang memang sangat berguna.

Tentu saja, hanya dengan mengkonsumsi buah Terap bisa melengkapi beberapa persen kebutuhan nutrisi harian kamu.  

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Terap sama halnya dengan buah nangka yang mempunyai manfaat lebih, salah satunya ialah mampu meningkatkan daya tahan tubuh bagi yang mengkonsumsinya.

Untuk itu dengan meningkatnya daya tahan tubuh kamu, maka beberapa serangan penyakit harian seperti flu, demam, bantuk dan beberapa penyakit ringan lainnya bisa dicegah dikarenakan imunitas tubuh yang kuat. 

6. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kandungan mineral kalium dalam buah Terap memiliki khasiat untuk mengurangi risiko kamu terkena penyakit kardiovaskular.

Menurut American Heart Association (AHA) mengemukanan bahwa beberapa makanan yang tinggi akan kandungan kalium bisa membantu menurunkan tekanan darah, yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Lantas apakah ada efek samping jika terlalu banyak makan buah satu ini?

Efek Samping 

Belum diketahui secara pasti akan efek samping dari makan buah Tarap atau Terap, hanya saja kandungan kalium yang cukup tinggi memungkinkan seseorang bisa mengalami hiperkalemia.

Namun tenang, efek samping tidak akan terjadi jika kamu hanya mengkonsumsi sesekali dan tidak secara terus menerus.

Selain itu, beberapa orang mengatakan juga bahwa jika terlalu banyak makan bisa menyebabkan kembung, perut begah, panas dan pusing, walau efek yang dirasakan masih terbilang ringan.

Itulah beberapa manfaat buah Tarap atau Terap, efek samping dan kandungan yang ada didalamnya.

Baca terus di healty99.com untuk mengetahui seputar buah dan makanan lainnya. 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i