CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Jenis Bunga yang Sering Bawa dan Ditabur Pada Makam - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Jenis Bunga yang Sering Bawa dan Ditabur Pada Makam

gambar orang megang bunga
Sumber foto : pixabay/Pexels
Healt99 - Beberapa tokoh ulama fikih kemudian mengatakan bahwa meletakan jenis beberapa bunga segar sebagai taburan pada makam disunahkan. Tak heran kebiasaan ini sering di lakukan dan menjadi ciri khas saat berkunjung mendatangi ke kuburan.

Selain menabur beberapa jenis bunga di atas makam, banyak orang juga yang menanam tanaman hias di sekitarnya. Buat kamu yang ingin menanam kembang di atas makam seseorang, dapat membaca di sini Tanaman Hias Makam.

Sangking banyaknya dan aneka ragam warna bunga yang sering ditabur di atas makam, lantas sebenarnya bunga apa saja yang boleh digunakan? 

Jenis Bunga Taburan Makam

Pada dasarnya hampir semua jenis bunga bisa kamu gunakan, namun dalam artian tidak menyusahkan kamu, membuat repot atau hingga mengganggu kenyamanan. 

Beberapa jenis kembag tanaman di sekitar kamu juga bisa di manfaatkan sebagai bunga taburan pada makam. Berikut sebagai contohnya :

1. Mawar

Yang pertama ada mawar. Ada banyak jenis bunga mawar yang bisa kamu temukan, baik itu ditaman secara genetik atau tumbuh liar, kamu bisa menggunakan bunganya sebagai taburan makam.

2. Pacar air

Ini adalah tanaman asli Asia Tenggara. Selain mempunyai manfaat baik bagi kesehatan, pacar air sering di ambil bunganya dan ditanam pada area kuburan.

3. Bunga kertas

Bunga kertas atau kerap di kenal dengan nama Bougainvillea. Dinamakan kertas karena memang bunganya bertekstur seperti kertas dan mudah di robek.

Jenis satu ini paling populer serta selalu ada sebagai bunga taburan pada makam.

4. Kenanga

Kenangan adalah tanaman peredu berdaun lebat yang sering dijadikan tanaman hias di halaman rumah.

Banyak orang menanamnya karena bunga kenanga mempunyai semerbak aroma harum, terlebih lagi saat malam hari. Saat muda bunga kenanga berwarna hijau, lalu akan berubah menjadi kuning saat sudah tua.

Jika kamu mencium aroma harum yang paling kuat saat berada di pasar yang menjual bunga, maka bisa di pastikan salah satunya adalah kenanga.

5. Kembang saka

kembang saka ialah jenis tanaman hias yang sering kita temukan di trotoar, sekolah atau taman.

Semua jenis kembang saka bisa kamu manfaat kan sebagai bunga taburan makam, baik itu yang berwarna putih, merah, pink dan kuning.

6. Kantil

Kantil atau cempaka putih. Ini adalah tanaman dari suku Magnoliaceae yang bagian kuncup atau bunganya sering digunakan dalam beberapa acara hingga adat tradisional tertentu.

Begitupun sebagai bunga taburan kantil kerap dicari sebagai salah satunya.

7. Kembang sepatu

Selanjutnya ada kembang sepatu. Jika kamu sulit untuk menemukan beberapa jenis kembang di atas, mungkin bisa memanfaatkan kebang sepatu yang ada di perkarangan rumah.

Cukup petik beberapa tangkai kemudian di suir atau di belah menjadi beberapa bagian.

Selain bunga yang telah disebutkan di atas. adapun beberapa bunga lainnya seperti sedap malam, kembang terompet, tulip, daun pandan sebagai pewangi dan sebagainya.

Nah itulah beberapa kembang atau bunga yang bisa kamu gunakan sebagai taburan makam.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman hias.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i