CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Sakit Perut Setelah Makan Buah Pepaya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Sakit Perut Setelah Makan Buah Pepaya

gambar pepaya busuk
Sumver foto : pixabay/stevepb
Healty99 - Apakah pepaya bisa menyebabkan sakit perut? Kates, pepaya, papaya atau gedang, merupakan buah yang populer dan banyak di gemari. Hal ini karena rasanya yang enak bercitarasa manis, berair serta lembut.

Manfaat buah pepaya sudah tidak diragukan lagi, tak heran ada banyak orang mengkonsumsinya agar bisa mendapatkan khasiat alias nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Buah satu ini memang baik jika di konsumsi secara rutin, namun terkadang ada juga beberapa orang mengalami sakit perut setelah makan pepaya. 

Walau tergolong jarang, akan tetapi hal ini bisa saja terjadi, terutama seseorang yang mengkonsumsinya terlalu banyak. Lantas, jika sudah begitu apa penyebabnya?

Pepaya Menyebabkan Sakit Perut

Ada beberapa faktor atau pemicu seseorang bisa mengalami sakit perut, diare atau keram saat sesudah makan buah-buahan. Untuk itu, berikut beberapa penyebab utama bisa terjadi.

1. Kurang menjaga kebersihan

Kurangnya menjaga kebersihan adalah penyebab utama kamu bisa merasakan sakit perut setelah makan pepaya.

Bukan hanya harus mencuci buah terlebih dahulu sebelum di konsumsi, namun beberapa peralatan seperti pisau, telenan yang digunakan dan wadah juga harus bersih.

Disisi lain, tentunya kamu harus menjaga kebersihan tangan saat mengupas buah. Tangan bisa menjadi sarang kuman dan bakteri, virus hingga ragam sumber penyakit.

Maka dari itu pastikan kamu menggunakan peralatan yang bersih dan mencuci tangan, terlebih lagi jika hendak memberikan untuk sikecil.

2. Mencampur dengan beberapa makanan atau minuman

Buah memang kerap diolah menjadi aneka kudapan, sehingga dengan mencampurnya dengan beberapa bahan lain tentu diharapkan rasanya menjadi lebih enak.

Namun tentunya tidak semua makanan atau minuman bisa dicampur dengan pepaya, terlebih lagi beberapa kudapan yang tidak lazim.

Contohnya mencampur pepaya dengan minuman alkohol, kopi dan minuman berkafein lainnya, atau dimakan bersamaan dengan makanan pedas maupun asam.

Pengolahan yang tidak benar dan tidak terbiasanya seseorang mengkonsumsi makanan yang aneh tentu bisa memicu rasa sakit perut, kram dan sebagainya.

Walau ini kecil kemungkinan terjadi, namun bukan berarti tidak bisa. Terlebih lagi jika kamu mempunyai sistem pencernaan yang lemah.

3. Buah mulai membusuk

Mengkonsumsi pepaya atau kates memang paling enak saat sudah matang sempurna, sehingga rasa dagingnya akan lebih manis dan lembut.

Namun, cepatnya buah mengalami kematangan terkadang kita lupa atau tidak ingat. Yang mana hal tersebut membuat pepaya terlalu matang dan sedikit membusuk.

Nah, karena sayang dibuang beberapa orang justru masih mengkonsumsinya walau dengan memilah bagian yang sudah membusuk.

Sebaiknya ini dihindari ya, pepaya yang sudah berwarna lebih gelap, berbintik hitam dan berlubang, bertekstur lembek serta mempunyai rasa yang aneh, sebaiknya tidak di makan.

Mengkonsumsinya hanya akan membuat kamu sakit perut karena memang sudah tidak layak. Di satu sisi ini juga bisa menjadi sumber penyakit dan sarang kuman, microba atau bakteri pengurai.

4. Perut dalam kondisi kosong

Perut yang kosong dan belum menyetuh makanan selama seharian, lalu kemudian dihajar mengkonsumsi buah-buahan seperti pepaya. Bisa saja membuat seseorang mengalami kram atau bahkan sakit perut.

Ini bisa disebabkan oleh kotraksi perut secara medadak dikarenakan terlalu lama kosong, sehingga makan buah bisa menjadi hal yang tidak cocok.

Maka dari itu, sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan sehari-hari atau nasi terlebih dahulu jika hendak makan buah pepaya.

Nah, itulah beberapa penyebab atau pemicu seseorang bisa mengalami sakit perut setelah makan pepaya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar pepaya.

Artikel terkait : 


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i