CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Menanam dan Merawat Bunga Dandelion - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Cara Menanam dan Merawat Bunga Dandelion

gambar bunga dandelion putih
Sumber foto : pixabay/Pexels
Healty99 - Dandelion atau randa tapak adalah tumbuhan liar yang biasa memenuhi perkarangan dan kebun. Di beberapa wilayah tumbuhan satu ini di anggap gulma, namun sisi lainnya telah digunakan sejak lama sebagai obat dan bumbu pada makanan.

Kebanyakan orang sudah tahu bahwa bunga dandelion tumbuh dengan mudah secara liar, meskipun sangat sedikit yang mencoba menanam dan merawatnya dengan sengaja.

Namun sebenarnya merawat bunga ini cukup mudah. Mereka dapat tumbuh dalam berbagai kondisi, sehingga bagi pemula tentu tidak akan merasa kesusahan.

Tips Menanam dan Merawat Dandelion 

Bunga dandelion umumnya bebas masalah. Mereka bisa tumbuh tanpa adanya masalah yang sulit, baik itu dari hama dan penyakit.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Menentukan pencahayaan

Tanaman dandelion sangat menyukai tempat seperti di bawah sinar matahari penuh, namun bukan berarti tidak tumbuh jika di tempatkan yang teduh.

Ia dapat tumbuh di kondisi pencahayaan dalam rumah, namun setidaknya pastikan dandelion mendapatkan 8 sampai 10 jam sinar matahari setiap hari.

2. Media tanam

Jika bunga dandelion kamu tidak subur maka bisa dipastikan itu karena campuran tanahnya.

Secara alami, tanaman dapat tumbuh dimana saja, mereka akan menemukan cara untuk berkembang dan hidup.

Namun, jika kamu berharap agar tanaman mendapatkan nutrisi yang baik dan sehat, maka pastikan menemukan media tanam yang bagus dan kaya unsur hara.

Setidaknya media tanam mengandung pupuk kandang dan terdiri dari tiga campuran bahan.

3. Penyiraman

Bunga dandelion menyukai kelembaban yang konsisten dan harus disiram secara teratur untuk menjaga tanah tetap lembab tetapi tidak basah kuyup.

Jika kamu ingin mengetahui apakah tanaman membutuhkan air, cukup tempelkan jari kamu sedalam 2 hingga 3 inci ke dalam tanah, jika kering maka saatnya menyiram kembali.

4. Suhu dan kelembaban

Dandelion dapat mentolerir suhu tanah hingga 50 derajat Fahrenheit, namun mereka dapat berkembang paling baik di iklim sekitar 70 derajat Fahrenheit atau lebih.

Selain itu, bunga satu ini juga tidak memerlukan kelembapan khusus dan dapat tumbuh subur di lingkungan yang lembab bahkan cukup kering.

5. Pupuk

Bunga dandelion dapat memperoleh nutrisi dari bahan organik yang dicampur ke dalam tanah, ia juga tidak memerlukan pupuk khusus, meskipun itu tidak akan merusak pertumbuhannya.

Cukup berikan kompos dari dedaunan atau pupuk kandang itu sudah cukup memenuhi nutrisi mereka sebagai htanaman hias.

Namun, jika kamu berencana untuk memanfaatkan bunga dandelion sebagai makanan, maka kamu perlu memastikan untuk hanya menggunakan pupuk organik saja.

Cara Menanam Dandelion Dari Biji

gambar bunga dandelion putih
Sumber foto : pixabay/Regloh01
Biji randa tapak biasanya tumbuh di luar ruangan sekitar empat hingga enam minggu sejak benih rontok atau jatuh ke tanah maupun di tabur.

Setelah ditaburkan dan tunas tumbuh, pilihlah tanaman yang akan di peliharan dan tanam pada tempat terpisah. Baik itu di masukan ke dalam pot atau di sebar ke perkarangan rumah.

Namun secara alami, jika itu dandelion liar yang sudah mekar, mereka akan menyemai kembali diri mereka sendiri dan dapat tumbuh dimana saja sesuai suhu dan kelembaban.

Cara Memanen Dandelion

gambar bunga dandelion kuning
Sumber foto : pixabay/pixel2013
Beberapa minggu saat sebelum memanen daun dandelion, pastikan kamu menutupi tanaman dengan kain gelap atau jaring paranet untuk menghalangi sebagian besar cahaya.

Tujuanya ialah untuk membuat daun menjadi pucat dan berefek pada kurangnya rasa pahit pada tanaman.

Daun termuda adalah yang tidak pahit dan paling beraroma, dan daun yang lembut dapat dipetik sepanjang musim selagi dandelion hidup.

Jika kamu hendak memanen bunganya, pastikan untuk memetik saat masih berwarna kuning cerah dan muda.

Gunakan selagi segar dan pastikan untuk membuang semua batang sebelum dimakan.

Sedangkan untuk mencegah kuncup bunga menutup setelah dipotong, tempatkan dalam mangkuk berisi air dingin dan keluarkan sebelum dimakan atau disajikan.

Tidak hanya daun dan bunganya saja, bagian akar tanaman dandelion juga dapat dipanen.

Akar dikumpulkan dan dikeringkan, baru setelah itu di konsumsi dalam bentuk rebusan seperti meminum teh herbal.

Nah, itulah cara menanam, memanen sekaligus merawat bunga dandelion.

Selamat mencoba.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i