CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Langkah Pembuatan Bonsai Kelapa Sampai Jadi - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Langkah Pembuatan Bonsai Kelapa Sampai Jadi

gambar tanaman bonsai kelapa
Sumber gambar : bonsaiempire
Healty99 - Ada banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai atau tanaman hias mini, tidak menutup kemungkinan juga pohon kelapa. Seperti yang akan kita bahas, kali ini saya ingin berbagi sedikit bagaimana langkah-langkah membauat bonsai kelapa dari awal.

Bonsai pohon kelapa pada dasarnya bukanlah hal yang baru. Sudah banyak yang mencoba membuat sebagai hobi atau di budidayakan untuk diperjual belikan.

Karena keunikan lekuk batang, daun dan bongkot akar, membuat bonsai jenis satu ini sangat digandrungi oleh banyak masyarakat.

Langkah-Langkah Pembuatan Bonsai Kelapa

Jika dibandingkan dengan beberapa tanaman seperti beringin, maple, anting putri dan lainnya, bonsai kelapa jauh lebih simpel dan sangat mudah dirawat. 

Bahkah bagi kamu yang pemula bisa mencoba membuatnya hanya dengan mengikuti langkah-langkah pembuatan bonsai kelapa yang beredar di internet. Sebagai contoh, berikut diantaranya.

1. Pilih jenis kelapa

gambar buah kelapa batok
Sumber foto : pixabay/Hans
Walau semua buah kelapa dapat dibuat bonsai, namun kelapa memiliki banyak jenisnya loh.

Untuk itu kamu harus memilih jenis kelapa apa yang ingin dijadikan bonsai, sehingga nantinya bentuk, ukuran dan karakteristik tanaman sesuai yang kamu inginkan.

2. Pilih bibit yang bagus

gambar bibit kelapa tunas
Sumber foto : pixabay/spiagol56
Setelah memilih jenis kelapa yang ingin dijadikan bonsai, kamu juga harus mencari bibit buah yang bagus, cukup tua, tidak cacat, sesuai ukuran dan tentu saja sehat.

Bibit yang bagus tentu akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman nantinya. Contohnya, pilihlah kepala yang serabutnya sudah kering dan menua dengan warna kecoklatan.

Selain itu perhatikan bagian dekat tunasnya, apakah ada pembusukan atau tidak dan pastikan kelapa jika digoncang ada bunyi air.

3. Bersihkan dari kulit luar

Selanjutnya bersihkan bagian serabut atau kulit kelapa secara menyeluruh. Setelah itu di amplas atau dikerik hingga permukaan batok kelapa cukup halus.

4. Tentukan posisi penanaman

Menentukan posisi tanaman itu penting dalam bonsai. Menata posisi dan bentuk tanaman sangat mempengaruhi nilai dari tanaman itu sendiri, dan bahkan terlihat mewah, elegan serta mahal.

Kamu ingin membuat bentuk bonsai kelapa seperti apa? Sebagai contoh perhatikan di bawah ini.

  • Posisi batok didalam tanah

Sumber foto : bonsaiempire

Bonsai kelapa dengan posisi batok didalam tanah, sehingga yang terlihat hanya bagian batang dan daun.

  • Akar menyelimuti batok

gambar bonsai kelapa
Sumber foto : bonsaiempire

Ini adalah bentuk bonsai kelapa yang umum dan sering di buat. Dalam langkah pembuatanya biasa diberi gundukan tinggi atau ganjalan pada bawah batok.

Sehingga nantinya akar bisa tumbuh menyamping atau menyelimuti batok kelapa itu sendiri.

  • Batok mencuat keatas

gambar bonsai seperti laba-laba dengan batok mencuat
Sumber foto : caramurahmeriah

Pada gambar bisa dilihat bahwa bonsai kelapa kali ini cukup unik. Batok kelapa dibuat seperti melayang dengan mencuat keatas, sedangkan akarnya menjadi penompang tanaman itu sendiri.

  • Bonsai kelapa dengan media air

gambar bonsai kelapa media air tumpang sari dengan ikan
Sumber foto : picuki

Kali ini ada bonsai kelapa yang menggunakan media air. Mungkin satu ini bisa kamu coba buat, karena dapat tumpang sari dengan ikan hias sehingga terlihat lebih menarik.

Nah, itulah beberapa contoh dan bentuk yang paling banyak di buat orang. Namun tidak menutup kemungkinan gaya sesuai selera individu, untuk itu kamu bisa berkreasi sebisa mungkin sehingga tampil lebih menarik.

5. Persiapkan media tanam

gambar kompos media tanam di pegang
Sumber foto : pixabay/jokevanderleij8
Langkah-langkah pembuatan bonsai kelapa selanjutnya ialah mempersiapkan media tanam.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Pot 
  2. Media tanam
  3. Air

Untuk media tanam kamu bisa menggunakan tiga campuran bahan, salah satunya ialah tanah bakar, sekam bakar dan pupuk kandang fermentasi.

Sedangkan perbandinganya 2:1:1 (tanah bakar, sekam bakar dan pupuk kandang).

Langkah pengerjaan :

Untuk langkah pengerjaan itu tergantung bentuk tanaman bonsai yang kamu inginkan. Namun secara garis besar buah kepala biasanya di tanam di dalam pot lalu kemudian di timbun dengan media tanam tadi.

Lalu beberapa bulan kemudian saat tunas cukup tinggi dan akar sudah muncul, bonsai di bongkar ulang dan di rakit kembali sesuai bentuk maupun keinginan.

6. Bentuk tanaman

Nah, jika akar bonsai kelapa dan tunas sudah muncul. Kamu bisa membongkar ulang dan membentuk tanaman sesuai keinginan, atau bisa juga mengikuti contoh bentuk pada gambar no 4 di atas.

Berapa lama akar bonsai kelapa tumbuh?

Akar bonsai kelapa dan tunas biasanya akan mulai tumbuh saat usia 2 sampai 3 minggu dari awal penanaman.

Pada usia tersebut tanaman sudah cukup kuat untuk di bentuk.

7. Perawatan

Tanaman bonsai haruslah di rawat dan di perhatikan, pasalnya jika tidak mereka akan tumbuh sesuai naluri hidup dan bentuk asli mereka.

Jika kamu ingin membentuk tanaman sesuai kenginan, misalnya berbatang pendek, berdaun mungil, meliuk-liuk atau sebagainya maka harus di perhatikan lebih seksama.

Salah satu bentuk perawatan bonsai kelapa ialah penyayatan dan penggurangan daun serta bagian pelepah, penarikan daun, penyiraman secara rutin, penjemuran dibawah sinar matahari, pemupukan dan memperhatikan indikasi terjangkit hama.

Nah, itulah beberapa langkah membuat bonsai kelapa sampai jadi secara garis besar.

Selamat mencoba.

Baca terus artikel lainnya di healty99.com seputar bonsai.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i