CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Adakah Manfaat Rebusan Daun Tanaman Sirih untuk Kucing Peliharaan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Adakah Manfaat Rebusan Daun Tanaman Sirih untuk Kucing Peliharaan

foto daun sirih
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Adakah manfaat rebusan daun sirih untuk kucing? Tentu saja "ada" tapi! Kita lebih mengenal penggunaan sirih untuk manusia, hal ini karena khasiatnya yang bisa menjadi obat dalam mengatasi beberapa gangguan kesehatan.

Sedangkan penggunaanya pada hewan memang jarang mengaplikasikanya, karena kebanyakan kita lebih memberi penanganan langsung ke perawat atau dokter hewan.

Namun tahukah kamu, bahwasanya sirih juga dapat mengatasi beberapa masalah pada kucing peliharaan kamu loh, terutama untuk bagian luar tubuh.

Manfaat Rebusan Daun Sirih untuk Kucing

Sirih merupakan tanaman herbal yang mengandung sejumlah senyawa berupa protein, iodin, sodium, vitamin A, B1, B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak esensial.

Selain itu, adapun aktivitas senyawa yang mempunyai sifat antibakteri, antimikroba, antijamur, styptic, antiradang dan antioksidan.

Oleh karenanya, menggunakan rebusan daun sirih untuk kucing di klaim bisa mengatasi permasalahan seperti :

1. Jamur 

Beberapa jenis kucing yang memiliki bulu lebat, memang rawan sekali ditumbuhi jamur pada permukaan kulitnya.

Terlebih lagi majikanya tidak memberikan perawatan rutin seperti menjemur saat pagi, memandikan serta sebagainya.

Maka bukan tidak mungkin jamur akan menginfeksi kucing peliharaan kamu yang lucu.

Untuk itu, alternatif alami kamu bisa memberikan rebusan daun sirih dalam mengatasi dan mengurangi pertumbuhan jamur tersebut.

Caranya cukup mandikan kucing kamu seperti biasa lalu gunakan air rebusan untuk membilas.

Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal, bila perlu di oleskan air rebusan sebanyak sehari 3 kali pada permukaan kulit.

2. Mengatasi gatal-gatal

Kucing kamu sering mengaruk-garuk bulu atau bagian tubuhnya, bisa dipastikan mereka sedang merasakan gatal yang di sebabkan kutu atau alergi.

Untuk mengatasinya, mandikan kucing kamu dengan menggunakan air rebusan daun sirih.

3. Membasmi kutu

Selain mengatasi gatal-gatal pada kulit, memandikan kucing menggunakan air rebusan sirih secara rutin juga dapat mengurangi jumlah kutu pada mereka.

4. Bau tidak sedap

Bau tidak sedap pada peliharaan berbulu kamu, bisa jadi adanya indikasi infeksi jamur atau bakteri pada permukaan kulit mereka.

Walau secara umum bisa dikarenakan karena bau kotoran mereka yang melekat, namun permasalahan bau tidak sedap tersebut bisa diatasi dengan memandikan mereka.

Cukup, mandikan kucing kamu secara rutin di setiap bulanya dan pastikan memakai shampo ataupun rebusan daun sirih sebagai alternatifnya.

5. Membersihkan luka

Rebusan daun sirih bisa digunakan untuk membersihkan luka pada kulit kucing kamu.

Hal ini dikarenakan rebusan sirih bersifat antibakteri dan antijamur, sehingga bisa menjadi antiseptik alami untuk hewan.

Nah, itulah beberapa manfaat rebusan daun sirih untuk kucing yang bisa kamu ketahui.

Note : Harap berhati-hati saat menggunakanya, beberapa kucing peliharaan bisa saja mengalami alergi pada air rebusan sirih, terlebih lagi jika sampai masuk kedalam mulut atau mata mereka.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel