CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penting Ketahui Jenis Jenis Asuransi dan Manfaatnya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penting Ketahui Jenis Jenis Asuransi dan Manfaatnya

gambar tentang asuransi
Sumber foto : pixabay/geralt
Healty99 - Penting memang mengetahui jenis-jenis asuransi dan manfaatnya, terutama buat kamu yang baru ingin mendaftarkan sebagai nasabah di salah satu perusahaan asuransi.

Seperti kita ketahui, jenis asuransi memang ada banyak. Namun secara umum, tujuan atau fungsinya ialah untuk membantu masyarakat, perusahaan atau para pemegang polis.

Contoh yang pasti ialah untuk meminimalisir kerugian dari suatu kejadian tidak terduga, seperti pengeluaran biaya kerugian bencana, kecelakaan, dan biaya santunan rumah sakit.

Jenis Jenis Asuransi dan Manfaatnya

1. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa merupakan program yang ditujukan untuk menanggung pemegang polis terhadap kerugian finansial tak terduga karena meninggal dunia atau kematian.

Baik itu meninggal akibat kecelakaan, penyakit atau karena meninggalnya terlalu cepat maupun hidupnya terlalu lama.

2. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu layanan yang populer untuk menjamin kehidupan banyak orang dalam hal kesehatan.

Fungsi dari asuransi kesehatan ialah menangani atau menanggung biaya yang dikeluarkan mulai dari proses perawatan sakit yang diderita hingga sembuh. 

Contohnya biaya rawat inap, operasi dan sakit, bahkan asuransi ini juga meliputi cacat, sakit, hingga kematian tergantung dari perjanjian awal.

3. Asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan ialah ditujukan untuk menjamin dana pendidikan anak, jadi kamu tidak perlu khawatir akan biaya pendidikan bagi anak kamu di masa mendatang.

Hal tersebut dikarenakan pihak asuransi akan membantu membiayai pendidikan anak kamu jika sewaktu-waktu kamu mengalami suatu kejadian atau musihan tidak terduga yang menyangkut biaya pendidikan.

4. Asuransi investasi

Asuransi Investasi merupakan jenis layanan produk yang menggabungkan dua keuntungan terhadap asuransi dan investasi.

Produk ini sangat disarankan buat kamu yang tentunya ingin mempunyai perlindungan terhadap keuangan sekaligus mendapat keuntungan dari asuransi yang kamu ambil.

Tentunya hanya dengan satu layanan produk yang kamu ambil, kamu sudah bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus.

5. Asuransi kendaraan

Kendaraan juga perlu diproteksi loh, tujuanya ialah agar memberi rasa tenang sekaligus perlindungan terhadap pemiliki kendaraan.

Pihak asuransi kendaraan yang kamu ambil akan memberi jaminan perlindungan pemilik mobil atas kerugian yang dialami.

Baik itu kerugian berupa kerusakan mobil akibat kecelakaan, pencurian dan akibat bencana.

6. Asuransi kecelakaan

Tidak banyak personal yang miliki jenis asuransi satu ini secara pribadi, hal tersebut dikarekanan tempat mereka bekerja biasanya sudah memberikan perlindungan atas kecelakaan kerja.

Namun, jika secara pribadi pekerjaan yang kamu jalani memiliki tinggi resiko kecelakaan, maka sebaiknya kamu mengambil asuransi kecelakaan.

Terutama buat kamu yang tidak terkait perusahaan tertentu atau tidak memberikan perlindungan kecelakaan kerja.

Fungsi dari asuransi kerja ialah memberikan santunan terhadap risiko kematian, cacat tetap, biaya rumah sakit dan berobat yang disebabkan oleh kecelakaan.

7. Asuransi korporasi

Asuransi korporasi apa itu? Ini adalah asuransi yang ditujukan untuk memberikan perlindungan kepada karyawan suatu badan usaha.

Sebagian besar perusahaan umumnya akan memberikan setiap karyawan mereka asuransi sebagai aset berharga untuk keberlangsungan bisnis yang dijalani.

Ada berbagai keuntungan yang diberikan dari layanan asuransi korporasi, contohnya asuransi jiwa dan kesehatan.

Namun asuransi jenis satu ini tentunya hanya berlaku apabila karyawan masih bekerja di perusahaan tersebut.

8. Asuransi hari tua

Asuransi hari tua atau dengan kata lain jaminan hari tua (JHT) merupakan bentuk layanan sosial yang gelar secara nasional berdasarkan dasar asuransi sosial atau tabungan wajib.

Hal tersebut di tujukan agar menjamin peserta menerima uang tunai apabila telah memasuki masa pensiun, maupun insiden berupa mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

9. Asuransi properti

Asuransi properti ditujukan buat kamu yang ingin memberikan perlindungan atau proteksi terhadap aset properti yang kamu miliki.

Bentuk properti dapat beruba seperti rumah dan apartemen tempat tinggal, serta perkantoran.

Tentunya yang pasti ialah mengantisipasi kerugian finansial yang diakibatkan oleh insiden tidak di inginkan terjadi pada properti kamu.

10. Asuransi pertanian

Manfaat utama dari asuransi pertanian adalah memberikan rasa tenang terhadap para petani yang berkebun dalam skala besar.

Dengan menjadi bagian layanan asuransi pertanian maka kamu mendapatkan perlindungan dari segala bentuk risiko yang terkait lahan pertanian, termasuk gagal panen.

Yang pasti para petani tidak akan merasa terlalu rugi jika gagal panen, karena seluruh modal akan diganti oleh pihak dari perusahaan.

11. Asuransi bisnis

Asuransi bisnis tentunya sangat berguna buat kamu yang sedang menjalani bisnis atau usahan tanpa harus takut bangkrut.

Jenis asuransi satu ini sangat berguna sebagai strategi dalam antisipasi agar bisnis yang kamu jalani masih tetap bisa bertahan di tengah masalah yang sedang terjadi.

Termasuk itu dari risiko kebangkrutan, kebakaran, hilang aset dan sebagainya terkait usaha kamu.

Nah, itulah beberapa jenis-jenis asuransi yang bisa kamu ketahui.

Baca terus di healty99.com seputar informasi lainnya.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel