CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Berapa Perbaikan Biaya untuk Menghilangkan Motor Berasap - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Berapa Perbaikan Biaya untuk Menghilangkan Motor Berasap

gambar motor berasap pada bagian knalpot
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Siapa sih yang ingin sepeda motornya berasap putih ngebul keluar dari knalpot? Terkecuali 2 tak karena memang kodratnya demikian. Bagi sebagaian orang mungkin akan merasa sedikit malu, kurang percaya diri atau merasa bersalah saat berkendara karena sepeda motornya mengeluarkan asap.

Terlebih lagi asap tersebut tampak tebal dan tambah ngebul saat digas. Jika kamu memiliki biaya yang cukup, maka cobalah sesegera mungkin di perbaiki karena selain untuk menghilangkan asap putih tersebut, tujuan lainnya ialah untuk memaksimalkan performa dari mesin agar kembali normal, menguragi emisi buang serta sudah pasti demi kenyamanan pengguna dan orang sekitar.

Biaya Memperbaiki Motor Ngebul

Banyak dari pengguna motor matic, bebek maupun sport engan cepat memperbaiki sepeda motornya yang berasap sesegera mungkin karena keterbatasan waktu maupun biaya.

Mengingat waktu untuk memperbaiki mesin yang tidak bisa cepat dan biaya turun mesin juga tidak murah, hal tersebut tentu yang menjadi pertimbangan besar bagi sebagian orang.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas dan berbagi informasi mengenai berapa biaya untuk pembongkaran (turun mesin) dengan tujuan menghilangkan asap putih.

Penyebab motor berasap ngebul

Penyebab motor kamu bisa mengeluarkan asap putih pada bagian knalpot di sebabkan oleh oli mesin yang ikut terbakar di ruang bakar silinder.

Oli mesin tersebut seharusnya tidak boleh masuk, namun akibat terjadinya kerusakan seperti liner dan piston lecet, gores atau baret serta ring piston yang aus maka hal tersebut tentu bisa menjadi cela oli mesin masuk ke ruang bakar.

Oleh karena itu, untuk menghilangkan asap ngebul tersebut bagian yang bermasalah seperti blok (liner), piston, ring dan beberapa komponen terkait lainnya harus di ganti dengan yang baru.

Mengingat ada banyak komponen di dalam mesin yang harus di ganti, lantas berapakan biaya modal dan jasa yang harus dikeluarkan?

Biaya turun mesin yang harus dikeluarkan

Sebelumnya perlu kamu ketahui, biaya dari setiap pembongkaran turun mesin dengan tujuan untuk menghilangkan asap ngebul dari sebuah kendaraan cukup bervariasi dan berbeda-beda.

Perbedaan harga tersebut bisa di sebabkan oleh patokan dari jasa mekanik, harga dan kualitas barang yang digunakan serta banyaknya komponen mesin yang rusak. 

Selain itu part mesin setiap jenis sepeda motor juga berbeda-beda, itulah sebabnya tidak bisa menjadi patokan secara akurat.

Sebagai contoh, ada dua alternatif yang ditawarkan para bengkel umum dan resmi dalam menghilangkan motor berasap, salah satunya ialah dengan dilakukanya lemer pada silinder dan pergantian piston dengan ukuran naik over size.

Cara satunya lagi ialah dengan digantinya komponen blok mesin dan piston secara keseluruhan. 

Kedua cara tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dari segi harga, kualitas, dan tentunya waktu dari pengerjaan.

Lemer / kolter

Misalnya kamu mencoba untuk melemer blok silinder dengan mesin kolter maka akan memakan biaya sedikit lebih murah, berikut contoh harga yang harus kamu keluarkan :

  1. Jasa tukang lemer / kolter silinder : 30.000 - 40.000 (tergantung kualitas dan tempat)
  2. Paking top set : 25.000 - 40.000 (merk biasa)
  3. Piston, ring, pen original : 115.000 - 150.000 (jenis bebek dan matic, bahkan harga bisa lebih)
  4. Lem gasket : 15.000
  5. Seal klep  : 15.000 
  6. Oli mesin : 45.000
  7. Jasa bongkar pasang : 240.000 - 350.000
  8. Waktu pengerjaan : 1 - 3 hari pada bengkel umum

Nah, tafsiran biaya yang harus kamu siapkan untuk melemer motor ialah sekitar 450.000 hingga 600.000. Harga tersebut di luar kerusakan lain seperti klep, botol klep, siting, busi dan lain sebagainya.

Umumnya harga jasa sudah termasuk skir klep dan bongkar pasang. Tafsiran harga tidak bisa di patok secara tepat, oleh karena itu kamu bisa lakukan konsultasi pada bengkel yang menjadi pilihan.

Ganti blok dan piston

Untuk ganti blok dan piston biasanya waktu yang dibutuhkan jauh lebih cepat, karena hanya perlu tindakan pemasangan dan pembersihan saja. 

Namun dari segi biaya tentu jauh lebih mahal, terlebih lagi kualitas barang yang di tawarkan menggunakan original.

Biaya pergantian blok setiap motor juga berbeda-beda, oleh karena itu kamu mungkin harus menyiapkan dana sekitar 900.000 hingga 1.500.000. Berikut sejumlah barang yang harus diganti :

  1. Blok silinder original : 400.000 - 700.000
  2. Piston, ring, pen original : 115.000 - 150.000
  3. Seal klep : 15.000
  4. Lem gasket : 15.000
  5. Paking top set : 25.000 - 40.000 (merk biasa)
  6. Oli mesin : 45.000
  7. Jasa bongkar pasang : 240.000 - 350.000
  8. Waktu pengerjaan : 1 hari (terkadang bisa ditunggu)

Nah, biaya tafsiran yang harus kamu siapkan untuk ganti blok dan piston sekitar 900.000 hingga 1.500.000. Harga tersebut di luar kerusakan lain seperti klep, botol klep, siting, busi dan lain sebagainya.

Biaya jasa sudah termasuk skir klep dan bongkar pasang, untuk itu terkadang harga tidak bisa di patok secara tepat. Maka ada baikny  kamu bisa lakukan konsultasi pada owner bengkel.

Itulah biaya perbaikan untuk menghilangkan motor berasap yang kamu keluarkan. Jika beruntung kamu bisa mendapat diskon lebih murah dan garansi loh.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel