CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mengempiskan Baterai Hp (Ponsel) yang Mengelembung - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Mengempiskan Baterai Hp (Ponsel) yang Mengelembung

gambar baterai hp ponsel yang mengelembung
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Baterai kembung merupakan hal yang paling sering terjadi pada pengguna ponsel, baik terjadi pada ponsel lawas maupun terbaru seperti halnya smartphone. Salah satu penyebab utama terjadi kerusakan pada bagian baterai ialah karena usia pakai atau cara penggunaan yang buruk.

Namun yang paling umum terjadi ialah karena penggunaan yang buruk, contohnya seperti menggunakan charger yang bukan bawaan ponsel dan dicas terlalu lama. Selain itu dampak dari keseringan bermain game, menelpon dan beraktivitas menggunakan ponsel saat dicas juga sangat berpengaruh.

Dari perlakukan seperti itu pada akhirnya akan membuat batre bekerja lebih keras. Sehingga menyebabkan komponen cell dalam batre mengalami proses oksidasi elektrokimia dengan elektrolit baterai secara berlebihan, dan menghasilkan gas yang membuat tekanan pada pembungkus luar batrai.

Jika sudah begitu maka usia pakai daripada baterai Hp kamu tentu akan menjadi lebih pendek. Bahkan untuk beberapa kasus batrai menjadi lebih mudah habis alias boros, tiba-tiba mati padahal masih beberapa persen serta adapula ditandai dengan mengelembung atau membesarnya badan batrai.

Cara Mengempiskan Baterai Hp yang Kembung

Mungkin kamu pernah kepikiran terhadap baterai ponsel yang mengelembung atau bengkak untuk di kempiskan, sehingga ukuran yang tadinya besar menjadi susut lebih kecil dan bisa masuk kedalam casing kembali.

Lantas apakah bisa mengempiskan baterai Hp? Jawabnya 'Bisa' namun untuk beberapa kondisi karena tidak semua batre bisa diperlakukan secara sama.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan ialah mendinginkan baterai tersebut pada suhu rendah dengan menggunakan freezer atau kulkas. Suhu dingin yang berlebih dapat membuat udara alias gas di dalam batre menyusut dan pada akhrinya mengempis.

Berikut langkah pengerjaan yang harus di lakukan :

  1. Pertama kamu harus melepas komponen baterai dari dalam ponsel, jika ponsel biasa maka kamu hanya perlu melepas cover atau tutup body belakang. Namun jika ponsel kamu berjenis terbaru dan menggunakan baterai tanam, mungkin akan mungkin akan sedikit menyulitkan serta harus memakai alat khusus untuk membuka.
  2. Lepaskan baterai lalu bungkus dengan kertas beberapa lembar, bungkus serapi mungkin.
  3. Selanjutnya kemas kembali dengan plastik. Pastikan kamu mengemas secara rapat dan sebisa mungkin sedikit tebal. Tujuanya ialah supaya nanti jikalau gas atau cairan dalam batre keluar dan mengkontaminasi kulkas (freezer) kamu.
  4. Masukan kedalam kulkas (freezer) dan tunggu sampai besok, setidaknya 1x24 jam.
  5. Esoknya buka dan lihat perubahan pada baterai kamu.

Jika tidak ada perubahan secara siknifikan, maka kamu bisa bekukan lebih lama. Namun apabila sudah cukup lama di dinginkan namun kembung tidak kunjung mengecil, besar kemungkinan baterai kamu tidak bisa dengan cara seperti ini.

Baiknya kamu ganti dengan yang baru, karena sudah pasti lebih aman sekaligus tidak membuat masalah saat digunakan.

Nah, itulah cara sederhana untuk mengempiskan baterai ponsel (Hp) yang kembung atau membesar.

Note : Harap untuk tidak melukai batre dengan benda tajam seperti pisau atau jarum dengan tujuan membuang tekanan gas yang ada di dalam. Pasalnya, walaupun batre kamu sudah posisi habis karena drop, ia akan tetap masih ada arus yang tersimpan.

Jadi jika terdapat tusukan benda tajam bisa menyebabkan kerusakan pada komponen sell, percikan api serta kebocoran cairan elektrolit yang justru berbahaya bagi kesehatan.

Baca terus informasi lainya di healty99.com seputar elektronik.

Artikel terkait : 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel