CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Penyebab Motor Matic Beat Karbu Ngegas dan Mati Sendiri - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Penyebab Motor Matic Beat Karbu Ngegas dan Mati Sendiri

gambar beat karburator
Sumber foto : istimewa
Healty99 - Buat kamu yang memiliki sepeda motor matic jenis beat lama alias beat karburator, mungkin pernah mengalami yang namanya ngegas sendiri atau gasnya tinggi sendiri. Baik itu saat dikendarai atau sedang dipanaskan dalam keadaan standar dua.

Jika ia demikian, maka mungkin kamu harus memeriksa bagian karburator dan sekitarnya, karena permasalahan biasa terjadi tidak jauh dari sana.

Namun buat kamu yang masih bingung, mungkin bisa membaca artikel kali ini sampai selesai. Siapa tahu bisa membantu kamu dalam mengatasi permasalahan yang sedang dialami. 

Beat Karbu Sering Ngegas dan Mati Sendiri

Perlu kamu ketahui, ada beberapa penyebab mengapa sepeda motor beat karbu kamu mengamai kondisi sering ngegas sendiri dan bahkan mati. Padahal sebelum itu setelan gas pada karbu sudah kamu setting.

Lantas apasih penybabnya? Berikut beberapa kemungkinan yang bisa terjadi.

1. Selang hisap bensin bocor

Pada motor karbu, umum menggunakan selang hisap bensin untuk menyuplai bahan bakar dari tangki ke karburator. 

Kerja selang satu ini ialah hanya untuk meneruskan sedikit hisapan (vacum) dari piston pada intake untuk membuka katup kran (membran) bensin yang hanya ada pada beberapa jenis sepeda motor lama (khusus karburator).

Nah, selang ini sering kali mengalami kerusakan seperti bocor, pecah atau putus. Penyebabnya ialah karena usia dari pemakaian, suhu panas mesin dan beberapa kondisi tertentu yang memungkinkan terjadi.

Akan tetapi ciri-ciri selang hisap bocor, putus dan pecah bisa ditandai dengan kendaraan yang kadang gasnya stabil namun tiba-tiba mati sendiri saat berboncengan, saat standar dua digas normal namun saat diturukan motor mati, dan begitupun juga saat dikendarai di jalan.

Jika selang hisap bensin bocor, tentunya akan menyebabkan suplay bahan bakar ke karburator terhenti sehingga bisa mengalami mati mesin, bahkan tidak mau hidup.

2. Selang emisi bocor

Selang emisi atau ice pada motor beat bersampingan dengan selang hisap bensin, dan sama-sama terletak pada bagian intake manifold. Jika selang tersebut bocor maka akan menyebabkan gas naik turun, alias sering ngegas sendiri saat stationer atau dikendarai.

Namun jika selang emisi bocor, retak atau pecah tidak akan menghentikan suplay bahan bakar ke karborator, Hanya saja kejadianya rpm motor menjadi lebih tidak stabil dan sering naik turun.

Kamu bisa atasi permasalahan satu ini dengan cara memotong selang yang bocor kemudian menyambungnya kembali, atau bisa juga dengan mengganti dengan selang yang baru.

Begitupun juga pada selang hisap bensin jika mengalami kendala yang sama.

3. Intake manifold bocor

Intake manifold yang bocor bisa jadi karena sudah longgar atau bautnya kurang kencang. Perlu kamu ketahui pada motor matic beat, intake manifoldnya terbuat dari material cor-coran alumunium yang dilapisi karet.

Karena usia pemakaian dan sering terkena panas mesin, intake tersebut bisa mengalami yang namanya aus alias daya cengkram dari karet sudah kurang, bahkan bisa terjadi retak, pecah dan sebagainya.

Oleh karena itu periksalah bagian intake manifold tersebut secara teliti apakah ada tanda-tanda kerusakan. Karena jika intake rusak bisa menyebabkan motor sulit hidup, rpm tidak setabil atau sering ngegas sendiri.

4. Karburator kotor / rusak

Karburator merupakan bagian dari komponen sepeda motor yang sangat penting, fungsinya ialah untuk mencapur bahan bakar dan udara (pengkabutan) agar bisa dibakar secara sempurna pada ruang bakar.

Karburator dapat mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh penumpukan kotoran, debu, kerak karat sehingga menyebabkan macet atau penyumbatan. 

Terlebih lagi karburator terdiri dari sejumlah komponen kecil didalamnya, jika salah satu bagian tersebut ada yang tidak bekerja dengan baik maka karburator tidak bisa normal alias tidak stabil.

Oleh karena itu, pada matic beat karburator bisa menjadi penyebab mengapa motor sering mengalami ngegas sendiri.

Tipsnya, kamu bisa coba bersihkan terlebih dahulu menggunakan carbu cleaner, dan apabila masih juga bisa diganti dengan yang baru baik itu karet vacum maupum karbu komplit.

Nah, itulah beberapa penyebap motor beat karbu ngegas sendiri. Semoga artikel kali ini bisa membantu kamu dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel