CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Umpan Ikan Kapar Sungai serta Tips Memancing Agar Banyak Dapat - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Umpan Ikan Kapar Sungai serta Tips Memancing Agar Banyak Dapat

umpan ikan kapar atau selincah sungai dan rawa
Sumber foto : id.wikipedia.org

Healty99 - Umpan Ikan Kapar -  Kapar merupakan jenis ikan dari suku gurami-guramian (Osphronemidae). Di beberapa daerah ia kerap di sebut dengan kakapar, kopar, selincah (daerah Melayu, Kalimantan dan Sumatera) atau tambakan (Betawi).

Beberapa orang juga kerap memanggil dengan nama ikan ketoprak, walaupun begitu ketoprak dengan kapar memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Walau sama-sama hidup di air tawar namun ikan kapar (Belontia hasselti) cendrung sedikit lebih gelap dan moncong yang lebih lancip. 

Sedangkan ketoprak (Pristolepis fasciata) memiliki warna sedikit lebih cerah, moncong agak tumpul dan tubuh sedikit lebih lebar. Tetapi keduanya memang masih kerabat dekat, sehingga banyak orang menyebut salah namanya karena kemiripan. 

Selain itu ikan satu jenis omnivora atau pemakan segalanya, di alamnya mereka kerap mengkonsumsi alga, dan beberapa serangga kecil yang tercebur ke air. 

Jenis Umpan Ikan Kapar Paling Bagus

Daging ikan kapar memiliki rasa yang gurih dan manis, terlebih lagi telah di masak menjadi makanan semur kecap. 

Namun bagaimana cara mendapatkan ikan kapar dengan mudah, ikaan satu ini sebenarnya bisa dipancing, untuk itu kamu bisa menggunakan beberapa jenis umpan di bawah ini :

1. Ulat bumbung

Ulat bumbung adalah jenis ulat penggulung sama seperti ulat pisang, namun ia berasal dari jenis kupu-kupu familia Hesperiidae. 

Ulat bumbung sangat di sukai beberapa jenis air tawar. Kamu bisa mencari Ulat bumbung di toko pakan burung dengan harga yang beragam.

2. Jangkrik

Tak ada ulat bumbung jangkrik pun jadi. Namun jika kamu ingin menggunakan jangkrik sebagai umpan mancing kapar, baiknya gunakan jangkrik yang anakan dan tidak terlalu besar. 

Karena jika terlalu besar tidak akan buat pada mulut mereka dan tentu saja akan membuatnya kabur.

3. Cacing

Cacing adalah salah satu umpan yang familiar dan bisa di dapat dengan mudah. Cacing bisa menjadi umpan yang bagus untuk mancing ikan kapar di rawa dan sungai.

Cacing juga tak perlu beli, karena tinggal menggali tanah maka kamu sudah bisa dapat cacing.

4. Magot

Magot atau belatung lalat, lebih tepatnya ialah larva dari lalat black soldier fly, yaitu jenis lalat hitam yang tidak membawa penyakit. Nah larvanya ini kerap di gunakan untuk pakan ikan, burung hingga untuk umpan mancing.

Walaupun begitu tidak banyak orang membudidayakan larva ini, hanya di beberapa daerah tertentu yang terdapat magot.

5. Larva tawon atau lebah

Selanjutnya kamu bisa menggunakan larva tawon atau lebah yang masih kecil berwarna putih. Larva ini sangat di sukai jenis ikan air tawar termasuk kapar, selincah dan sejenisnya. 

Kamu bisa mencari larva tawon atau lebah di hutan, pepohonan atau semak-semak, namun harap berhati-hati karena tawon hewan yang cukup berbahaya.

6. Kroto

Kroto atau telur semut rang-rang bisa menjadi umpan yang baik untuk mendapatkan ikan kapar sungai. Walaupun ukuranya kecil namun aroma dari telur semut bisa menarik perhatian banyak ikan.

Kamu bisa mencari kroto di toko burung atau pakan ikan dengan harga yang beragam, atau bisa mencari sarang semut rang-rang di hutan dan semak-semak. Namun hati-hati nanti di keroyok.

7. Laron

Laron merupakan serangga kecil yang berterbangan di dekat cahaya lampu, ia akan keluar malam hari saat cuaca dingin atau sesudah hujan reda. 

Laron merupakan umpan yang bagus untuk ikan air tawar yang berukuran kecil seperti kapar dan lainnya.

Jika banyak laron di tempat kamu, maka segera kumpulkan untuk umpan mancing esok

8. Lumut 

Kapar atau selincah adalah jenis ikan yang mau makan lumut dan alga, walaupun begitu ia lebih tertarik jenis umpan seperti serangga dan hewan kecil lainnya. 

Akan tetapi kamu tidak ada salahnya untuk memanfaatkan lumut sebagai alternatif jika di tempat kamu ada banyak.

Cukup lilitkan pada mata kail pancing dan ceburkan ke spot-spot yang di klaim sarang ikaan.

9. Pelet

Pelet atau pakan ikan jenis PF 100 atau 1000 bisa kamu pakai untuk umpan ikan satu ini. Pelet terbilang cukup efektif karena mempunyai aroma yang kuat dan dapat menarik perhatian ikan air tawar.

Kamu bisa menggukan pelet sebagai umpan seperti membuat umpan roti racikan, atau cukup dapat juga campur dengan air saja.

Tips Mancing Ikan Kapar atau Selincah

Setelah mengetahui jenis umpan apa yang di sukai, setidaknya kamu juga harus mengetahui tips memancingnya. Dengan begitu peluang keberhasilan kamu dalam mendapatkan ikan air tawar satu ini menjadi lebih besar.

Kamu bisa menggunakan beberapa tips dan saran dari saya sebagai panduan maupun contoh, berikut di antaranya :

1. Peralatan yang digunakan

Pastikan kamu menggunakan peralatan yang benar dan pas, dalam arti nyaman saat kamu gunakan dan tidak bikin ribet. 

Selain itu menggunakan peralatan pancing yang sesuai dengan medan atau tempat tentunya nanti menjadi lebih efisien.

  • Joran

Untuk joran atau pancingan saya biasa menggunakan tergantung tempat atau medan ikan tinggal. Namun saya biasa menggunakan joran tegek jenis bambu untuk di sungai dan rawa-rawa yang semak, karena dapat menyesuaikan tempat jika sempit.

Namun jika di rawa-rawa yang luas dan muara biasa menggunakan jenis rell atau katrol, karena bisa menjangkau tempat jauh hingga ketepian seberang.

  • Mata kail

Mata kail untuk mancing ikan kapar atau selincah saya bisa menggunakan no 1, 2 dan 3. 

Akan tetapi ini bisa berubah-ubah jadi saya juga kerap mengantinya saat sedang mancing dengan ukuran yang lebih pas pada mulut ikan.

  • Pelampung

Untuk mancing kali ini saya selalu menggunakan pelampung, karena jenis ikannya mirip dengan betok, sehingga akan lebih efisien jika menggunakan pelampung.

Ukurang pelampung juga tidak besar, kira-kira sebesar jempol tangan. Penggunaan pelampung yang terlalu besar justru bisa membuat ikan tidak leluasa makan umpan.

  • Tali pancing

Untuk tali sih tidak terlalu spesial, gunakan saja tali ukuran halus, karena ini jenis ikan kecil.

2. Tempat habitat ikan kapar atau selincah

Ikan air tawar satu ini menyukai tempat yang tenang hingga mengalir pelan. Jika di sungai ia kerap berada di sekitar tempat dangkal sekitar 1 meter dan bermain di dasar hingga tengah. 

Oleh karena itu kamu harus menyeting batu dan pelampung agar tidak mencapai kedasar. 

Untuk di rawa dan muara sama saja dan tidak jauh beda dengan memancing di sungai, yang terpenting kamu harus tenang dan tidak sering menarik ulur tali joran.

3. Waktu yang pas untuk mancing kapar atau selincah

Tak ada waktu yang pasti untuk memancing ikan tawar satu ini, jadi kamu dapat bebas melakukan kapan saja.

Namun untuk peluang keberhasilan dalam mendapatkan hasil kamu bisa memulai saat menjelang siang hari sekitar jam 10:00 hingga sore jam 17:00 atau sebelum matahari hilang. 

Nah itulah beberapa tips yang bisa saya sarankan, gunakan sebagai salah satu referensi buat kamu saat mancing, tips bisa saja berubah-ubah terngantung kebutuhan dan situasi.

Sekian pembahasan tentang umpan mancing ikan kapar atau selincah, peralatan mancing serta beberapa tipsnya.

Behati-hati saat berada di alam, usahakan membawa teman jika kamu memancing ketempat-tempat yang tidak di kenali.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar memancing.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel