CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tips dan Cara Memakai Autosol untuk Knalpot yang Berkarat - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Tips dan Cara Memakai Autosol untuk Knalpot yang Berkarat

gambar autosol

Healty99 - Knalpot berkarat memang hal yang biasa terjadi, terlebih lagi knlapot pada dasarnya sering terkena air dan panas berulang kali sehingga bukan tidak mungkin akan mengalami korosi secara perlahan. Belum lagi jika di tambah adanya goresan, baret atau lecet yang justru bisa menyebabkan karat cepat timbul.

Akan tetapi pada dasarnya kamu tidak perlu khawatir, karat pada knalpot sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Salah satunya ialah dengan rutin di bersihkan dari kotoran tanah serta lumpur.

Namun jika kondisi karat telah terjadi, hal yang bisa kamu lakukan ialah cobalah menggunakan autosol untuk mengkilapkan kembali permukaan knalpot tersebut. 

Nah, jika kamu tertarik untuk mencoba, simak beberapa tips dan cara di bawah ini sampai selesai.

Cara Menggunakan Autosol untuk Knalpot

Autosol merupakan pasta yang umum digunakan untuk mengkilapkan permukaan logam, baik itu besi, stenlis, alumunium serta bisa juga digunakan pada kaca dan body plastik kendaraan.

Autosol bisa membersihkan permukaan logam sehingga tampak lebih bersih, kinclong dan tentu saja mengkilap. 

Berikut langkah pengerjaan yang bisa kamu lakukan.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Autosol pasta
  2. Sikat kawat
  3. Amplas 500
  4. Kain

Langkah pengerjaan :

  1. Pertama lepaskan knalpot sepeda motor kamu terlebih dahulu.
  2. Bersihkan dari kotoran pasir, debu dan lumpur menggunakan sikat kawat.
  3. Jika sudah bersih, langkah selanjutnya ialah amplas bagian yang terdapat karat kemudian lap pakai kain.
  4.  Setelah karat cukup hilang segera kamu oles pasta autosol secara merata, ambil sedikit kain jeans yang sedikit bersih lalu gosok perlahan.
  5. Lakukan berulang seperti memoles cat dengan gerakan memutar atau maju mundur.
  6. Jika menurut kamu sudah tampak lebih mengkilap dan karat juga sudah hilang, maka kamu bisa bersihkan pasta yang masih melekat di knalpot.
  7. Selesai dan knalpot kamu kembali kinclong lagi.

Tips Memakai Autosol pada Knalpot

Autosol kerap dijual dengan harga sekitar 10.000 hingga 15.000. Harganya yang terjangku tentu bisa mejadi pilihan terbaik untuk mengkilapkan permukaan logam selain menggunakan compound atau sanpoly.

Namun jika proses pengerjaan yang kamu lakukan tidak berjalan dengan baik atau hasil yang di dapat kurang maksimal, adapun beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Salah satunya ialah menggunakan alat poles mesin yang sering digunakan untuk memoles cat kendaraan. Jika kamu mau kamu bisa menambahkan batu ijo gosok agar mendapatkan kilat seperti chrome.

Selain itu, agar knalpot tetap terhindar dari karat dan awet maka kamu bisa sesering mungkin untuk membersihkan dari lumpur serta tanah, di sisi lain saat mencuci motor kamu juga bisa panasi motor agar air tidak membuat kuning permukaan knalpot.

Nah, cukup sampai di sini tentang tips dan cara menggunakan autosol untuk knalpot yang berkarat.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips otomotif.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel