CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Menjinakan Burung Ruak-Ruak (Kareo Padi) Liar - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Menjinakan Burung Ruak-Ruak (Kareo Padi) Liar

 gambar burung ruak ruak, ayam ayam kareo padi, truwok
Sumber foto : pixabay/sarangib 

Healty99 - Menjinakan hewan liar agar lebih jinak dan mau dekat dengan manusia bukanlah perkara yang mudah, hal ini sangat berkaitan erat terhadap karakteristik dan sifat alami.

Tidak terkecuali pada hewan yang akan kita bahas kali ini yaitu burung ruak-ruak alias dikenal juga dengan nama kareo padi dan burung ayam-ayaman.

Burung ruak sejatinya merupakan unggas atau hewan liar yang cukup sulit didapatkan, mengingat secara umum mereka hidup di alam bebas seperti hutan, kebun, rawa-rawa, persawahan serta yang pasti terdapat sumber air.

Cara Menjinakan Burung Ruak-Ruak

Kareo padi juga termasuk hewan yang cukup waspada, terlebih terhadap manusia. Mereka biasanya akan bersembunyi dan melarikan diri saat bertemu manusia, oleh karena itu cara mendaparkan burung kareo padi dialam liar membutuhkan sejumlah peralatan.

Bahkan jika kamu mendapatkan mereka dengan cara menjerat dan di masukan ke dalam kurungan, mereka akan tetap kurang nyaman dan bahkan berontak.

Akan tetapi, walaupun unggas satu ini merupakan hewan yang liar dan sulit dijinakan. Namun sebagai percobaan, adapun bentuk upaya agar ia jinak mungkin bisa kamu terapkan beberapa cara.

Sebagai contoh berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Tips berlaku untuk burung yang sudah ditangkap.

1. Buat kandang senyaman mungkin

Pertama, kamu bisa membuat sarang atau kandang mereka senyaman mungkin, dalam artian ialah buat semirip mungkin seperti di alam liar.

Setidaknya usahakan kandang memiliki ukuran cukup lebar, mengingat hewan satu ini suka berlarian kesana kemari. 

Memberikan kotak atau box air, ilalang, kayu dan tempat persembunyian bisa menjadi ide yang bagus supaya mereka lebih nyaman.

2. Berdiri di dekat hewan saat memberi makan

Dalam menjinakan hewan berikutnya ialah bisa dengan memberi makan mereka secara rutin setiap hari.

Bukan hanya sekedar memberi, namun setidaknya kamu juga berada di samping atau di hadapan burung ruak-ruak saat makan.

Selain itu, cobalah sekali menyentuh mereka menggunakan tangan secara perlahan, dengan begitu mereka bisa mempercayai kamu bahwa kamu tidak akan menyakiti.

3. Hindari menakut-nakuti

Hindari untuk menakut-nakuti mereka dengan mengejutkan, ini bisa berakibat buruk pada sifat mereka karena merasa cemas dan ketakutan.

Sehingga nanti pada akhirnya burung tidak nyaman, bahkan yang tadinya percaya pada manusia bisa hilang.

Tidak hanya manusia saja yang bisa menakut-nakuti, terkadang hewan seperti kucing dan anjing bisa menakutkan bagi burung ruak-ruak.

4. Hindari tempat-tempat bising

Di alam liar, burung ruak-ruak tentu merasa tenang karena hanya terdengar suara alam dan penghuninya seperti hewan lain.

Oleh karena itu, jika kamu hendak merawat burung ruak-ruak dengan tujuan supaya mereka jinak, maka ada baiknya hindari menepatkan pada lokasi yang bising.

Contohnya seperti suara kendaraan, manusia ataupun suara keras yang mengganggu.

Nah, itulah beberapa tips cara menjinakan burung kareo padi, ruak-ruak alias ayam-ayaman yang bisa kamu terapkan.

Note : Ini adalah hewan liar, untuk beberapa kasus terkadang burung ruak yang dipeliharaan saat masih telur hingga menetas dan sampai cukup besar, masih memiliki karakteristik sifat liar dimana tidak mau di sentuh manusia.

Oleh karena itu mungkin kamu memerlukan kesabaran ekstra dalam menjali ikatan antara manjikan dan peliharaan supaya mau jinak.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips menarik.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel