CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Memberikan Sepotong Lobak untuk Hamster? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Memberikan Sepotong Lobak untuk Hamster?

gambar lobak untuk hamster
Sumber foto : pixabay/jackmac34
Healty99 - Memiliki hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan pasti akan selalu terpikirkan setiap hari. Tidak terlepas untuk memikirkan bagaimana cara agar bisa bermain, memberinya makanan serta perawatan.

Berpikir tentang makanan untuk hasmter, ada banyak jenis makanan yang baik untuk mereka, dan hal tersebut pasti sudah terpikirkan bagi kamu untuk memberikan pakan sebaik mungkin dan bernutrisi supaya mereka tetap sehat.

Terlepas dari banyak pakan yang bisa dipilih, namun pada kesempatan kali ini kita akan mengulas mengenai lobak terhadap hamster.

Seperti yang kita ketahui, lobak merupakan sayuran yang enak disajikan mentah, masak atau diasamkan pada salad dan sandwich.

Hamster Makan Lobak

Mungkin kamu akan bertanya-tanya, bisakah hamster makan lobak? Jawaban singkat untuk pertanyaan ini adalah "YA", hewan berbulu satu ini bisa makan lobak dengan lahap. Namun, apakah ini baik untuk mereka?

Seperti kebanyakan makanan segar lainnya lobak kaya akan kandungan vitamin B, seng, dan kalsium.

Sayur satu ini juga mengandung serat, gula, sedikit garam, dan sedikit lemak. Gula dan garam memang di perlukan dalam jumlah kecil, tetapi jika dimakan secara berlebihan justru bisa menyebabkan masalah.

Apakah lobak aman untuk hamster?

Jenis hamster syria dan roborovski bisa dengan mudah dan aman makan sedikit potongan lobak. Namun, haamster yang memiliki tubuh mungil mungkin perlu menghilangkanya lobak sebagai daftar makanan terbaik mereka.

Hammster yang kerdil rentan mengalami masalah diabetes jika terlalu banyak mendapatkan asupan gula dari makan, hewan satu ini bisa saja terus makan terlalu banyak mineral pada lobak yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi.

Mengingat bagian daun dan biji lobak mengandung bahan kimia yang disebut glukosinolat, yaitu salah satu jenis senyawa yang dapat menyebabkan keracunan pada sejumlah hewan.

Walau tingkat toksisitas baru bisa terjadi jika dimakan dalam jumlah yang sangat tinggi, namun yang terbaik adalah untuk tidak memberikan daun dan biji pada peliharaan kamu, tetapi kamu bisa berikan bagian akar atau lobak itu sendiri.

Berapa banyak hamster boleh makan lobak?

Untuk jenis syria dan roborovski, mereka boleh makan dengan takaran dosis 1-3 irisan kecil lobak di setiap pekan atau satu minggu sekali.

Sedangkan untuk hamster yang kerdil alias mungil, kamu bisa saja memberikan irisan kecil dan mencampur pada makanan utama mereka. Tetap dalam batas kecil serta tidak di berikan secara rutin.

Haamster memiliki kebiasaan lucu yaitu menyembunyikan makanan di bagian kantong pipi mereka dan mungkin akan menyembunyikan camilan lobak di susu kandang untuk nanti di kunyah lagi.

Kondisi seperti ini terkadang dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur di dalam kandang, terlebih lagi lobak bisa menarik serangga seperti semut dan lalat untuk hinggap.

Ket : Lobak pada dasarnya bisa menjadi makanan sesekali untuk peliharaan kamu karena memiliki kandungan nutrisi baik untuk mereka. Namun di sisi lain kandungan gula dan garam dari sayuran satu ini mungkin terlalu tinggi untuk hamster kamu.

Terlalu banyak memberikan lobak setiap hari juga tidak baik, mengingat bahaya lobak untuk hamster bisa menyebabkan kembung, malas, diabetes, gemuk dan keracunan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel